Kostum Pencarian by Google


Perbedaan Istilah antara Laptop, Notebook dan Netbook


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Pada umumnya, kita sebagai orang awam, terkadang agak sulit membedakan "Pengertian antara Laptop, Notebook dan Netbook", bahkan terkadang menyamaratakan antara ketiga jenis komputer portabel tersebut. Kita juga telah mengenal sebutan jenis lain dari ketiga perangkat tersebut di atas, yaitu: Ultrabook, Macbook, Chromebook dan ke depannya mungkin lebih banyak lagi istilah istilah itu, untuk lebih mudahnya, mungkin dapat kita ambil dari nama belakang perangkat tersebut, yaitu:
  1. Laptop mempunyai spesifikasi Multimedia (Video Editing) dan Gaming (umumnya mempunyai spek Menengah/Tinggi) atau dikenal dengan Mid-end ataupun High-end.
  2. Notebook sangat sesuai untuk Bisnis, Kantor dll (pada umumnya mempunyai spek Sedang atau Mid-end).
  3. Netbook menitik beratkan kepada Komunikasi/Jaringan, sehingga sebuah Netbook tidak memerlukan spek tinggi untuk Menghemat Sumber Daya listik (baterai), sehingga pada umumnya jenis Netbook ini mempunyai daya hidup baterai lebih panjang, dalam arti Penggunaan perangkat dalam waktu lebih lama, jika dibandingkan dengan keduanya.
Berikut Kriteria dari Ketiga jenis komputer portabel tersebut, sebagaimana informasi di bawah ini:

Jenis "Laptop" Komputer


Sebuah jenis Laptop umumnya mempunyai Spesifikasi cukup tinggi (Mid to High-End) dan memiliki teknologi pendukung video grafis yang sangat kompleks. Jenis komputer laptop ini, sangat cocok bagi penggunaan: Gaming, Desain Grafis (Corel Draw/Photoshop dll) dan Video Editing, dimana keduanya software tersebut membutuhkan spek komputer lebih tinggi dari sebuah PC pada umumnya, begitu juga dengan Video Grafisnya, Asus dan MSI adalah contoh brand yang memproduksi laptop komputer sesuai dengan kebutuhan untuk gaming dan video editing tersebut.



Perbedaan antara Gaming Laptop dengan Notebook / Netbook
Gaming Laptop
Pada jenis laptop buatan Apple. Inc, kita mengenal dengan Apple Macbook dengan banyak fitur canggih pula terdapat didalamnya. Jenis "Laptop' Komputer ini mempunyai ciri antara:
  1. Harga Lebih Mahal
  2. Mempunyai Spek Tinggi
  3. Fitur Lebih kompleks
  4. Banyak digunakan untuk: Desain Grafis, Gaming dan Video Editing (Aplikasi berat).

Jenis "Notebook" Komputer


Notebook mempunyai Spesifikasi menengah (Mid-End) dengan fitur rendah sumber daya namun performa yang stabil. Notebook lebih di Prioritaskan untuk Keperluan Bisnis dan Kantor, sehingga jenis Notebook ini mempunyai Fitur Lengkap baik untuk Penggunaan Online maupun Offline, meskipun Fitur pada Notebook ini, tidaklah semenonjol jenis Laptop (yang memiliki fitur khusus), namun.. sebuah Notebook di rancang untuk komputer kelas Menengah, dengan Performa yang Stabil juga Irit penggunaan Sumber Daya baterai. Sebuah Notebook umumnya mempunyai Daya Tahan baterai lebih lama, jika di bandingkan dengan Laptop.

Sebagai gambaran: Semakin Tinggi tingkat Kecepatan Prosesor, maka akan semakin Boros juga penggunaan Daya Baterai, oleh karena itulah sebuah Notebook di rancang untuk kelas Menengah, yang mempertimbangkan antara Kecepatan dan Daya Tahan Baterai. Berikut beberapa Karakteristik Netbook tersebut:

Contoh Laptop Notebook dan Netbook
Notebook
  1. Harga Lebih terjangkau, jika di bandingkan dengan Laptop
  2. Mempunya Spek Mid/High-end (kelas Menengah/Atas)
  3. Keseimbangan antara Kecepatan dan Daya Tahan baterai
  4. Fitur cukup lengkap termasuk (Optikal Drive)
  5. Banyak digunakan untuk: Keperluan Bisnis/Kantor/Kuliah (Aplikasi Sedang).
Notebook merupakan Komputer Portabel untuk Penggunaan kelas Menengah, sehingga sangat cocok untuk kalangan Bisnis dan Kantor, namun bisa juga di pergunakan Mahasiswa/Kuliah. Beberapa Model dan Jenis Notebook yang umum dipergunakan, antara lain: HP, Toshiba, Acer dll. Namun beberapa jenis lain dari Notebook, semisal: Apple MacBook adalah salah satu contoh Notebook untuk kalangan Bisnis dan Kantor ataupun Kuliah, dengan Kualitas dan Performa sangat baik, Spek mid to high-end serta fitur lengkap, sehingga mempunyai harga yang cukup tinggi pula.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook
Netbook

Beberapa Ciri khas dari sebuah Netbook


Netbook di desain dengan Kecepatan Sedang, karena pada umumnya menggunakan teknologi Prosesor rendah daya, pada prosesor Intel umum dikenal dengan fitur Intel "Haswell" Micro Architecture. Sebuah Netbook di prioritaskan untuk penggunaan applikasi secara online, meskipun begitu.. Netbook juga bisa dipergunakan untuk keperluan Standar sebagaimana Laptop ataupun Notebook pada umumnya. Jadi.. Jenis Netbook ini sangat cocok di pergunakan untuk keperluan Belajar/Sekolah maupun sarana Hiburan, seperti: Memutar Video kualitas HD/Musik dan bermain game standar lainnya.

Beberapa jenis terbaru pada Netbook ini sangat banyak beredar terutama di negara negara maju, seperti: Amerika dan Eropa, salah satu jenis ini dikenal dengan Chromebook, dimana perangkat Chromebook ini menggunakan System Operasi ringan yaitu: Chrome OS (google), selain itu Chromebook ini  menggunakan Flash drive (SSD - Solid State Drive), sehingga dapat mempercepat booting dan akses ke Internet serta dengan daya tahan baterai lebih lama (berkisar 6-jam hingga 11-jam - red). Berikut beberapa Karakteristik dari Netbook tersebut:
  1. Mempunyai Layar lebih kecil jika dibandingkan dengan Laptop ataupun Notebook
  2. Mempunyai Spek Sedang/Rendah
  3. Harga Terjangkau
  4. Fitur Standar (tanpa Optikal Drive - DVD/CD-RW Drive)
  5. Banyak digunakan untuk: Pemula/Pelajar/Mahasiswa (Aplikasi Standar).

Kesimpulan

  1. Laptop - Laptop komputer digunakan untuk keperluan Multimedia (Video Editing) dan Gaming Komputer. Laptop ini mempunyai Spesifikasi/Teknologi ataupun Fitur Sedang/Tinggi. Sebuah "Laptop" Komputer adalah dirancang khusus untuk dapat menjalankan "Software/Aplikasi berat" seperti, Corel Draw dan AutoCAD, Gaming dengan tingkal Full High Definition (resolusi tinggi), serta Video Editing. Harga Laptop komputer ini di pasaran, umumnya lebih Mahal jika dibandingkan dengan: Notebook ataupun Netbook.
  2. Notebook - Notebook komputer mempunyai Spesifikasi/Teknologi ataupun Fitur Sedang. Notebook digunakan untuk menjalankan Software/Applikasi umum lainnya, seperti Adobe Reader, Adobe Audition, Microsoft Office dll. Pada sebagian Notebook dengan spek sedang ini, mungkin saja bisa menjalankan Software/Applikasi berat lainnya, namun mungkin saja tidak dapat berjalan secara sempurna. Harga Notebook komputer ini di pasaran, mempunyai "harga bervariasi" tergantung Fitur dan Spesifikasinya.
  3. Netbook - Netbook ini sesuai dengan namanya, netbook ini memang memiliki rancangan lebih pada fitur online (Internet), maka jenis Netbook inilah yang mungkin paling cocok untuk Pelajar apalagi pemula yang baru belajar komputer dan internet (hanya untuk saran). Harga Netbook komputer ini di pasaran, mempunyai "harga lebih murah", jika dibandingkan dengan Laptop ataupun Notebook.
Demikian "Pengertian/Perbedaan antara Laptop, Notebook dan Netbook, ini, yaitu: sebagai gambaran umum, bahwa ketiga perangkat tersebut sebenarnya adalah sebagai Komputer Portabel, berfungsi sama, namun titik berat penggunaannya saja yang berbeda beda, sehingga menimbulkan Istilah yang berbeda pula.


Share this article :

0 Komentar untuk "Perbedaan Istilah antara Laptop, Notebook dan Netbook"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top