Kostum Pencarian by Google


Fitur dan Spesifikasi Desktop Portable HP T5740 Thin Client


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Hp mini ini merupakan sebuah PC Dekstop yang portable, dengan spek yang tidak berbeda jauh dengan Netbook. HP T5740 dengan Model: Thin Client ini, masih suka saya gunakan untuk pekerjaan ataupun sekedar browsing di internet, karena sangat rendah daya konsumsi power (listrik), HP mini (HP T5740) ini bisa menggunakan adaptor dengan tegangan DC 12V (1 Amper) dengan perkiraan konsumsi daya listrik sekitar 15W atau adaptor Standar HP ini yaitu DC 19V dengan sekitar 65W penggunaan daya listriknya.


HP mini HP T5740 Portabel
HP T5740 Thin Client
Pada penggunaannya HP t5740 mini desktop ini, cukup nyaman digunakan dengan fitur cukup komplit juga. HP t5740 ini sebenarnya memang didesain untuk penggunaan di internet, oleh karena itu pada HP t5740 ini hanya mempunyai 2GB Flash Drive (eMMC) (tidak menggunakan Hardisk seperti Komputer pada umumnya), sehingga (saya akui) booting komputer ini jauh lebih cepat dibanding Komputer (Desktop / Laptop) pada umumnya, meski dengan prosesor setara dengan netbook yang ada dipasaran (saat ini).


Kelebihan Flash Drive

  1. Booting beberapa kali lebih Cepat dibanding Hardisk standar (rotational), hal ini juga dapat dilihat pada tahap Formating ketika proses Instalasi berjalan.
  2. Kapasitas Cukup Besar, Sekarang banyak digunakan dengan kapasitas lebih besar (32GB / 128GB / 256GB dst).
  3. Lebih tahan terhadap benturan (dibandingkan Hardisk cepat rusak apabila terjatuh, terjadi benturan dll).
  4. Pada Konfigurasinya, Flash Drive lebih Irit konsumsi sumber daya.
HP mini HP T5740 - Flash Drive
2GB ATA Flash Drive

Kekurangan Flash Drive

  1. Harga Flash Drive jauh lebih mahal
  2. Harga Flash Drive / SSD (Solid State Drive) / eMMC - (non-rotational) adalah jauh lebih Mahal di bandingkan Hard Disk Drive (HDD) -  (rotational)
  3. Saat ini juga masih sulit didapatkan (tidak umum)
  4. Kapasitas umumnya lebih kecil.
Secara umum saja, karena kapasitas Flash Drive (eMMC) sebagaimana terlihat pada gambar di atas adalah relatif masih kecil (cuma 2GB), dan tidak mempunyai Sistem Operasi (OS) yang mendukung yang saya punya, maka Flash Drive tersebut saya hanya tempatkan sebagai System (Local Disk (C); dengan Sistem Operasi Microsoft Windows XP (Service Pack 2) saja. Tentu saja harus instal clean (llihat halaman sebelumnya: "Petunjuk lengkap Instalasi Window XP 2", sehingga data data yang ada di Drive C tersebut harus benar benar bersih. Ketika Instalasi (Win XP 2) sudah selesai, maka akan didapat masih ada ruang sekitar 950MB, dengan kapasitas tersisa itu, kita dapat meng-instal beberapa driver (VGA / Sound / Chipset dll) yang diperlukan.

Berikut sebuah Contoh Flash Drive atau jenis sering disebut dengan Solid State Drive (SSD) yang hampir mirip dengan Hard Disk Drive (HDD) yang berukuran 2.5-Inch, lihat spesifikasi di bawah:
Persamaan SSD dengan HDD
Solid State Drive (SSD)
  • Kapasitas: 120GB / 250GB / 500GB / 1TB 
  • Interface: SATA III 6.0Gb/s (backwards compatible with SATA II 3Gbits/s and SATA I 1.5Gbits/s) 
  • Read Speds: 540 MB/s 
  • Write Speeds: 410 MB/s - 520 MB/s 
  • Form Factor: 2.5-inch internal SSD (Solid State Drive) 
  • Untuk Penggunaan: Desktop and Laptop (termasuk Ultraportables and Netbook).


PC Desktop Portable - HP T5740 Thin Client menggunakan Sistem Operasi (OS) Microsoft Windows XP 2


Untuk pengguna umum ini tentu sangat menyulitkan. Saya sendiri pun pernah ingin meng-upgrade eMMC ini, ke kapasitas lebih besar (4GB / 16GB), namun terkendala oleh langkanya part tersebut. Melanjutkan keterangan diatas, setelah terinstal semua driver (total file semua driver sekitar 350MB), berarti masih ada sisa sekitar 600MB lagi, Jika anda ingin menggunakan Mini Desktop ini hanya sebagai Perangkat aktivitas di Internet, hal ini cukup memadai.

Selanjutnya anda tinggal meng-instal browser anda (Google Chrome atau Modzilla Firefox) untuk sekitar 100MB dan Modem internet sekitar 50MB, Sekarang.. HP t5740 Thin Client ini sudah siap menjelajah Internet..(sebagai gambaran sebuah Acer Chromebook C720 menggunakan 16GB SSD, 2GB DDR3L RAM dan Intel Celeron 2955U 1.4 GHz dengan System Operasi (OS) Chrome)

Keterangan Tambahan

HP mini (HP T5740) - RAM Onboard
Slot 1 (ddr3 ram)
HP mini HP T5740 Memory Bawah
Slot 2 (ddr3 ram)
  • Di sarankan untuk meng-instal aplikasi perawatan windows seperti CCleaner dan sejenisnya (kami menyarankan CCleaner karena file cukup kecil).
  • Lakukan pembersihan system secara berkala menggunakan CCleaner, untuk menghapus recents documents, Cache dan Cookies pada browser anda, karena file ini kalau tidak dibersihkan akan terus menumpuk, dan membuat kapasitas drive C semakin sempit, sehingga memperberat kinerja system komputer.
  • Penggunaan Hardisk Eksternal, adalah Alteranatif, agar kita bisa menginstal applikasi lainnya pada HP T5740 Thin Client ini, dengan membuat Direktori tambahan pada hardisk eksternal tersebut, dan mengarahkan setiap Instalasi software tambahan ke direktori yang telah dibuat pada hardisk eksternal, untuk menjaga kapasitas yang ada pada: Local Disc (C) tersebut
HP t5740 ini menggunakan 2-Slot memori, 1 berada di bagian dalam motherboard dan 1 lagi berada pada bagian bawah motherboard (mesin) mini dekstop tersebut (lihat gambar disamping ini). HP t5740 yang saya sebut disini, menggunakan Memory atau RAM (2X) 1GB DDR3 1333MHz

Seperti telah dijelaskan diatas HP t5740 mempunyai spek yang tidak terlalu jauh berbeda dengan sebuah Netbook, karena menggunakan Prosesor Intel Atom N280 1.6GHz (Haswell microarchitecture) sehingga rendah konsumsi daya, namun pada HP Mini desktop ini, dilengkapi slot (Expansion Bay) PCI-express 2.0 (untuk VGA), serta dilengkapi dengan 8 x USB 2.0. Berikut Spesifikasi Mini Desktop HP t5470 seperti dibawah ini:


Spesifikasi Desktop Portable HP T5740 Thin Client


Nama Brand
  • HP
Model / Seri
  • T5470 - Thin Client
Prosesor
  • Intel Atom CPU N280 (Haswell) 1.66GHz
Memori
  • 2 x Slot Memori (Maksimum 4GB)
Kartu Graphis
  • DAC Internal
  • Intel Mobile HD Graphic GMA 4500M dengan 256MB Video-RAM
  • DirectX 9.0
  • 1 x VGA port
  • 1 x PCI-Express 2.0 (Expansion Bay)
Optical Drive
  • Tidak Ada
Hard Drive
  • 2GB Flash (eMMC) drive
Fitur Audio
  • Realtek HD Audio
USB Port
  • 8 x USB 2.0 - 2 x panel depan, 2 x Samping, 4 x Panel belakang
  • 1 x eSATA port (panel belakang)
LAN
  • 1 x RJ-45 port
Wireless
  • Slot wireless (802.11 a/b/g/n)
System Operasi (OS)
  • Microsoft Windows Embedded Standard 2009 OS
Sumber Daya
  • DC 12V / 19V Adaptor


Updated!

Setelah menggunakan HP T5740 Thin Client ini untuk beberapa waktu lamanya, dengan penggunaan secara terus menerus (hampir siang dan malam) dengan jeda beberapa jam saja sehari, akhirnya HP T5740 Thin Client inipun akhirnya mengalami kerusakan, namun bukan kerusakan pada Mesin / Motherboard-nya, melainkan pada komponen eMMC atau Flash drive nya, sehingga memaksa kami, untuk melakukan penggantian dengan Hard Disk biasa dengan ukuran 2.5" dan dengan kapasitas 80GB SATA 5400rpm, bekas laptop yang sudah tidak terpakai lagi dan menginstalnya dengan System Operasi Windows 7, sebagaimana Informasi yang kami muat, pada halaman: "Menambahkan Hardisk Drive Internal pada HP T5740 Thin Client, sebagai Pengganti eMMC (Flash) Drive".


Share this article :

0 Komentar untuk "Fitur dan Spesifikasi Desktop Portable HP T5740 Thin Client"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top