Kostum Pencarian by Google


Perawatan Perangkat Keamanan - Digital Video Recorder


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

DVR (Digital Video Recorder) merupakan sebuah perangkat decoder video untuk kamera pengintai / kamera keamanan (CCTV). Sekarang cukup banyak digunakan pada Tempat Usaha, Perkantoran, Perhotelan, Rumah Tangga dan lain sebagainya. Penggunaan DVR ini dimaksudkan untuk memonitor kejadian setiap saat, pada lokasi dimana ketika kamera CCTV tersebut tempatkan.

Digital Video Recorder (DVR) - Informasi dan Perawatan


Bentuk Digital Video Recorder (DVR) - Kamera CCTV
DVR (Digital Video Recorder)
DVR mempunyai beberapa channel Video dan Suara, dimana ketika proses perekaman Gambar dan Suara bisa tertangkap secara bersama sama. Untuk menyimpan hasil rekaman (Audio / Video) setiap DVR umumnya dilengkapi dengan Penyimpan Data (Data Storage) yang disebut Hard Disk drive. Hard Disk Drive (HDD) ini, merupakan perangkat yang dipergunakan pada sebuah PC Desktop (komputer) pada umumnya.

Bagian dalam Mesin pada DVR (Digital Video Recorder)
DVR (Digital Video Recorder) - tampak dalam
Posisi dari Belakang sebuah DVR (Digital Video Recorder)
DVR (Digital Video Recorder)- Panel Belakang
Pada kedua gambar diatas menunjukan bagian dalam mesin sebuah perangkat DVR ini, pada gambar selanjutnya, tampak belakang panel dari DVR tersebut, dapat terlihat dengan jelas, Input dan Output (pada DVR model ini menggunakan 8 x Channel Video dan 8 x Channel Audio sedangkan pada Model: "PRO-E" H264 menggunakan 16 x Channel Video)  serta beberapa poin akan di jelaskan secara ringkas seperti dibawah ini:

Spesifikasi Umum Perangkat DVR (Digital Video Recorder)


  1. Tegangan (Sumber Daya Listrik) Power Adapter (Input: 110V ~ 220V AC) -> Output: DC 12V / 2000mA = 2 Ampere.
  2. Remote Control - Untuk memudahkan akses menu pada DVR.
  3. USB Port (depan) - Untuk memudahkan akses menu pada DVR menggunakan Mouse, untuk penggunaan Konfigurasi, Back-up data, Video replay dll.
  4. Video Input - Pada jenis dan model seperti terlihat gambar diatas menggunakan 8-Channel Video Input, artinya DVR tersebut mendukung hingga 8 buah kamera CCTV yang dapat ditampilkan sekaligus pada 8 lokasi yang berbeda
  5. Audio Input - Pada jenis dan model seperti terlihat gambar diatas menggunakan 8-Channel Audio Input, artinya DVR tersebut mendukung hingga 8 buah kamera CCTV yang dapat ditampilkan sekaligus pada 8 lokasi yang berbeda.
  6. LAN Port - DVR tersebut dilengkapi juga dengan LAN (Local Area Network). Port ini digunakan untuk menghubungkan Perangkat DVR tersebut ke jaringan luas (Internet), dengan cara melakukan konfigurasi tertentu (hal ini biasanya dilakukan oleh teknisi yang cukup berpengalaman dibidangnya), sehingga memungkinkan pengguna, memonitor lokasi yang telah ditetapkan secara Online, melalui perangkat mobile, kapanpun dan dimanapun selama kedua perangkat tersebut, dalam keadaan terkoneksi ke Internet.
  7. USB Port (belakang) - Usb ini digunakan untuk transfer data ataupun back up data.
  8. VGA Port - VGA port ini untuk menghubungkan DVR ke sebuah Monitor / Display secara offline dan real time (biasanya ditempatkan tidak begitu jauh dari perangkat DVR tersebut).
  9. Hard Disk - Seluruh kejadian yang terekam oleh kamera melalui DVR tersebut, tersimpan pada Hardisk ini. Kejadian tersebut dapat disimpan pada beberapa lama pada Hardisk tersebut, tergantung Kapasitas Hardisk dan Banyaknya Channel yang digunakan. Data pada Hardisk ini akan di perbaharui lagi secara otomatis pada ketika data pada hardisk sudah penuh, dan Proses perekaman diteruskan kembali.
Sebagai kata penutup, lakukan perawatan pada perangkat DVR tersebut serta tempatkan ditempat yang aman (tidak mudah terjatuh), karena seperti halnya komputer, DVR ini seperti telah disebutkan diatas, menggunakan Hardisk yang berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga apabila terjatuh, maka rawan akan terjadinya Kerusakan pada Hardisk yang ada pada perangkat DVR tersebut.


Share this article :

0 Komentar untuk "Perawatan Perangkat Keamanan - Digital Video Recorder"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top