Kostum Pencarian by Google


Bisnis Usaha Konter Hp dan Pembukuan Hasil Untung Rugi


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Seperti telah diterangkan (berdasarkan pengalaman kami sendiri) pada artikel terdahulu pada halaman "Gambaran Singkat Bisnis/Usaha Konter Pulsa dan Jasa Perbaikan Handphone", bisnis ini sebenarnya hingga sekarang masih mempunyai prospek yang cukup bagus, karena pulsa hingga saat ini masih tetap menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna gadget selular ini.
Konter Hp atau Bisnis Jualan Pulsa memang boleh dikatakan merupakan bisnis yang sering dianggap sebelah mata bagi sebagian orang, Memang sepintas kita agak meremehkan bisnis/usaha jualan pulsa ini, namun jika kita benar benar serius untuk mengelolanya, dengan penjualan yang bagus, bukan tidak mungkin akan menuai kesuksesan juga disini.

Modal Kecil


Seperti kita ketahui bersama untuk memulai Bisnis Kecil dengan Modal kecil dan sangat Minim Resiko adalah Jualan Pulsa, ya anda punya budget (modal) umpamanya Rp 300rb (anda bisa menggunakan Chip Multi Operator) + sebuah handphone sudah dapat menjalankan bisnis ini. Sekarang dituntut kepiawaian kita untuk berpromosi ke teman teman terdekat untuk menjadi pelanggan tetap. Kata Kunci nya kembali kepada kita sendiri, bagaimana agar pelanggan merasa nyaman, sehingga kedepannya mungkin saja pelanggan kita tersebut dapat merujuk pelanggan baru lagi, untuk menjadi pelanggan tetap kita. Kunci sekali lagi tergantung bagaimana agar kita bisa menarik pelanggan sebanyak banyaknya sehingga roda usaha Bisnis Kecil kita ini bisa berputar cepat, sehingga akan mempercepat perputaran dan pertambahan modal dari hasil keuntungan tersebut.

Dengan Modal Rp 300rb, mungkin saja bisa bisa dipakai buat usaha lain, jika anda mempunyai kapasitas untuk itu, bahkan yang cukup membuat saya terinspirasi adalah sebuah buku "Monyet Aja Bisa Cari Duit" Karya: Zainal Abidin (Bang Jay), PHD (Permanen Head Damage)  ; ), (saya bertemu dengan beliau ketika menjadi salah satu"Motivator" pada sebuah "Pelatihan Life Skill" - Teknisi Handphone) sekitar awal tahun 2011, yang disusun dalam bentuk dialog, ini menarik.. bagaimana dengan uang Rp 1500 perak untuk beli 1 Botol Air Mineral untuk dijual lagi, dengan target menjadi 50 Botol air mineral, kemudian dari hasil keuntungan yang dikumpulkan berkembang menjadi 2, menjadi 3 dan seterusnya berkembang menjadi banyak, yang tentu saja membutuhkan perjuangan dan kerja keras untuk bisa mencapai hasil yang demikian, begitu pula dengan Bisnis Pulsa ini, terlebih ketika kita mempunyai Modal yang terbatas.

Gambar Bang Jay ketika sedang memberikan Motivasi peserta Life Skill Teknisi Handphone di Banjarbaru
Bang Jay selaku Motivator pada "Pelatihan Life Skill" Teknisi Handphone di Banjarbaru, Kal-Sel (Februari 2011)
Sebagai gambaran (menurut pendapat kami), Pulsa merupakan salah satu kebutuhan pokok selain sembako termasuk: Minyak/Premium/Bensin, meskipun sebagai pengecer keduanya mempunyai nilai keuntungan yang kurang lebih sama.

Contoh Hasil Penjualan perharinya


Sangat penting untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam satu hari satu malam, agar diperoleh data hasil untung/rugi dalam satu hari, yang nantinya akan kita evaluasi pada setiap bulannya, dari evaluasi inilah kita dapat mengetahui keuntungan (laba) bersih dalam setiap bulannya, dan bagaimana prospek bulan kedepannya, data ini pulalah nantinya, kita dapat memprediksi apakah usaha ini dapat dilanjutkan atau tidaknya.

Seperti dijelaskan diatas dengan modal kecil Rp 300rb dalam bentuk saldo pada Chip Multi operator, kita sudah dapat melayani isi ulang pulsa semua operator, sebagai contoh: anggap saja kita sudah mempunyai langganan tetap sekitar 30 orang dengan perhitungan setiap hari ada 10 orang dari mereka, yang membeli pulsa yang Rp 10rb dengan rincian sebagai berikut:
* Sim**TI: Rp 10.350 (modal) + Rp 150 (biaya sms) dijual dengan Rp 12.000 (4 orang)
* In**SAT: Rp 10.350 (modal) + Rp 150 (biaya sms) dijual dengan Rp 12.000 (4 orang)
* E*:          Rp 10.350  (modal) + Rp 150 (biaya sms) dijual dengan Rp 12.000 (2 orang)

Rumus yang digunakan adalah "Harga Jual" dikurangi (-) "Harga Modal" sama dengan (=) "Laba Bersih", jadi:

* Sim**TI:  12.000 - 10.500 = 1.500 berarti laba bersih adalah Rp 1.500 x 4 orang = Rp 6.000
* Im / ****SAT: 12.000 - 10.500 = 1.500 berarti laba bersih adalah Rp 1.500 x 4 orang = Rp 6.000
* E*:           12.000 - 10.500 = 1.500 berarti laba bersih adalah Rp 1.500 x 2 orang = Rp 3.000

Jika dijumlahkan 6.000 + 6.000 + 3.000 = 15.000 berarti kita mendapatkan laba bersih Rp 15.000/hari, jumlah yang relatif kecil ya.. namun sekali lagi, jika kita memang serius dan terus mengembangkannya, bukan tidak mungkin usaha bisnis kecil kecilan akan berubah menjadi berskala besar nantinya.

Contoh Catatan "Pengeluaran" dan "Pemasukan"


Dalam prakteknya, setiap hari diperlukan pula sebuah catatan harian yaitu: Buku Catatan Pengeluaran dan Masukan", sebagaimana contoh pada tabel dibawah ini:


Pengeluaran Pemasukan
* Jajanan = Rp 5.000
* Beli sesuatu = Rp 2.000
(Jika kita mempunyai sesuatu keahlian (Skill), terkait dengan usaha ini, maka dapat dicatat pada kolom ini sebagai suatu Pemasukan (Income) untuk menutupi biaya Pengeluaran harian.
Total Pengeluaran = Rp 7.000 Tidak Ada Pemasukan
Sekarang telah diketahui Pengeluaran kita adalah: Rp 7.000 pada hari tersebut, berarti Laba Rp 15.000 diatas dikurangi dengan Total Pengeluaran sebesar Rp 7.000, sama dengan Rp 8.000, itulah laba bersih kita perharinya.

Untuk selanjutnya kita juga dapat membuat tabel bulanan dari tanggal 1 hingga 30, untuk mencatat laba harian, dari awal bulan hingga akhir bulan (tutup buku), sehingga kita dapat mengetahui hasil laba kita selama sebulan, dan menentukan langkah apa yang mungkin dilakukan pada bulan berikutnya, untuk meningkatkan dan mengembangkannya.

Keuntungan Bisnis Pulsa ini, antara lain:


  • Modal Awal Relatif Kecil
  • Mudah dalam PengelolaannyaSangat Minim Resiko
  • Berjangka Panjang
  • Dapat dikembangkan kedepannya dengan Usaha Lain seperti: Token Listrik, Loket Pembayaran PDAM dll.
Sebagaimana kita ketahui bersama "Pelanggan (Pembeli)  adalah Raja", tentu kita melayani mereka sebaik baiknya, begitu pula hal yang Paling Utama adalah Selalu Tersedianya Barang atau Layanan apa yang mereka inginkan (Pulsa, Voucher Asesories dan kelengkapan lainnya), dengan kata lain: Kita selalu berusaha Melengkapi apa apa sajakah yang masih Kurang, sesuai Permintaan/Keinginan para Pelanggan kita tersebut.

Demikian sebuah gambaran atau konsep yang sangat sederhana dan mendasar sekali tentang: Bisnis Pulsa atau Konter/Perbaikan Hp ini.


Share this article :

0 Komentar untuk "Bisnis Usaha Konter Hp dan Pembukuan Hasil Untung Rugi"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top