Kostum Pencarian by Google


Menambahkan Widget pada Sidebar Blog (Blogger)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Sebuah blog pada umumnya mempunyai kolom yang di sebut dengan: Sidebar. Sidebar ini merupakan salah satu dari struktur pada blog, kolom Sidebar sesuai dengan namanya adalah berada sisi area Konten dengan posisi, berada disebelah Kanan atau disebelah Kiri Area Konten, tergantung Struktur yang ada pada blog tersebut.

Cara Menambahkan Widget pada Sidebar (Sisi Kanan) blog


Petunjuk Memasang Kode HTML / Widget Sidebar pada Blog
Stuktur Blog dan Sidebar
Pada halaman terdahulu: "Tutorial Blog ala DeepMechines (Bag. 2)", telah dijelaskan: bagaimana Cara membuat sebuah banner Header sendiri, sekarang anda perlu menambahkan beberapa widget pada sidebar, agar memudahkan pembaca, menelusuri secara keseluruhan isi/konten yang ada pada blog anda tersebut.

Pada Blogger blog, dikenal sangat kaya sekali akan widget bawaan yang tersedia. Jadi.. anda bisa menambahkan beberapa widget yang dapat anda pilih sendiri. Adapun menurut kami, adalah lebih baik jika, anda memilih dan menempatkan widget yang sesuai dengan dengan kategori blog anda, bagaimanapun.. beberapa widget penting, adalah diperlukan untuk memudahkan navigasi (kontrol) pada pengguna blog, baik anda sendiri maupun pembacanya.

Beberapa Widget Penting, yang disebutkan diatas, salah satunya adalah: Kotak Penelusuran, yang dapat membantu pengguna menemukan beberapa informasi yang diinginkan, jika blog tersebut memuat konten/artikel yang dimaksud.

Menambah beberapa Widget penting pada Sidebar Blog (Blogger)


Untuk menambahkan Sidebar Widget tersebut, silakan masuk ke Dashboard blogger anda, kemudian pilih blog yang ingin ditambahkan (widget) tersebut, selanjutnya pilih: Layout/Tata Letak, seperti keterangan pada gambar dibawah ini:

Masuk Dashboard Blogger untuk Memilih Tata Letak untuk Widget
Dashboad Blogger


Struktur Blog


Berikut dibawah ini, Struktur pada blog yang menggunakan Template Sederhana bawaan dari Blogger tersebut, serta posisi sebelah kanan Sidebar tersebut.

Struktur Template Sederhana Bawaan Blogger Blog dan Posisi Widget
Stuktrur Blog

Keterangan Gambar

  1. Blok / Bar berwarna merah adalah dimana ketika widget diletakan dan akan ditampilkan

Video: Menambahkan Widget pada Sidebar Blog (Blogger)


Setelah selesai, anda dapat mencoba sendiri, menambahkan beberapa widget lainnya sesuai dengan yang anda kehendaki. Halaman selanjutnya: "Menambahkan Laman Mandiri Pada Blogger Blog".


Share this article :

5 Komentar untuk "Menambahkan Widget pada Sidebar Blog (Blogger)"

KNTOL begitu doang mah gw ge bsa Tai

KNTOL begitu doang mah gw ge bsa Tai

sengaja ane bikin buat yang sangat pemula sekali gan, cuma sebagai rujukan aj, kebetulan ada beberapa ada beberapa teman ane yang masih "awam sekali" minta dibuatin semacam tutorial begitu, ya udh saya bikin aj spt itu, biar gampang..

seperti yang udh sy jelasin di atas, itu hanya permintaan dari beberapa teman saya, toh ini juga cuman blog biasa aja.. bukan website.. jadi pangkat saya masih "Blogger" bukan seorang "WebMaster", so pasti Ilmu blogging mungkin masih kurang.. jika di banding agan.. ;), sorry gan, bercanda..just kidding.. ;)

Artikel tentang Blogger ini memang sudah tidak saya lanjutkan lagi, disamping pekerjaan "Real" saya, sebagai seorang "Teknisi" itupun sudah hampir saya tinggalkan, karena sekarang saya lebih tertarik untuk menjadi seorang "Trader" karena menurut saya lebih menantang, meskipun dengan resiko yang sepadan juga.. Tks gan atas, Kunjungan dan sentilan komentarnya.. salam ;)

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top