Kostum Pencarian by Google


Mengenal 2 Model (Flatform) umum Motherboard, Fitur dan Spesifikasinya


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Motherboard / Mainbord atau disingkat mobo di kalangan teknisi komputer, adalah sebuah Papan Induk (Utama), dimana setiap perangkat hardware komputer ini terpasang. Motherboard Umum yang beredar di pasaran adalah jenis ATX dan Micro/Mini ATX Motherboard. Flatform Motherboard yang digunakan dan sangat Populer digunakan pada saat ini adalah Motherboard dengan Flatform "Intel" dan Flatform "AMD".


Model Motherboard dengan Flatform AMD dan Intel Prosesor 


Motherboard mempunyai Spesifikasi dan Fitur pada model yang berbeda. Umum kita mengenal beberapa brand besar seperti INTEL, ASUS, MSI, GIGABYTE dll. Pada dasarnya Motherboard mempunyai 2 Flatform yang paling Umum digunakan, yaitu Motherboard untuk Intel Prosesor dan Motherboard untuk AMD.

Contoh Motherboar dengan AMD Sempron serta Memori DDR1
Salah satu contoh Motherboard untuk Prosesor AMD (Sempron), dengan Slot DDR1 Memory (RAM).
Motherboard untuk Flatform Intel dapat dikenali pada soket prosesor dengan seri LGA (LGA 1150, LGA 1155 dll), sedangkan Motherboard untuk Flatform AMD dapat dikenali pada soket prosesor dengan seri AM dan FM (AM2, AM3+, FM2 dll).

Berikut beberapa Fungsi Utama pada sebuah Motherboard:

  1. Soket CPU - Soket ini untuk menancapkan / memasang sebuah Prosesor yang merupakan salah satu Komponen Utama pada sebuah Komputer.
  2. DIMM Slot - Slot untuk pemasangan Memory (RAM), seiring dengan perkembangannya, pada saat ini, telah banyak digunakan jenis DDR3 RAM, sebagai penerus dari generasi sebelumnya (DDR1, DDR2), seiring fitur teknologi yang di dukung pada Prosesor.
  3. PCI-Express Slot - Slot untuk memasang Video Graphic Adapter (VGA), pada saat ini banyak digunakan PCI-E 3.0 revision sebagai generasi penerus dari PCI-E 2.0 terdahulu.
  4. PCI Slot - Slot untuk pemasangan device tambahan (TV Tunner, Sound Card dll).
  5. Floppy Drive Connector - Terminal ini digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan sebuah Floppy Drive melalui kabel Floppy, namun seiring perkembangannya, sekarang sudah sangat jarang Floppy Drive connector ini terdapat pada Motherboard jenis terbaru, dikarenakan fungsinya sudah dapat digantikan oleh USB port dengan kapasitas yang lebih besar pula.
  6. IDE Connector - Integrated Drive Elektronik atau IDE adalah terminal penghubung antara Motherboard ke Optical Drive (CD/DVD-RW drive) ataupun Hard Drive (Hard Disk Drive, Flash Drive, eMMC Drive) melalui Kabel PATA (Paralel Attachement).
  7. SATA Connector -  Serial Attachement atau disingkat S-ATA port ini sekarang umum digunakan untuk menghubungkan perangkat motherboard ke Optical Drive (CD/DVD-RW drive) ataupun Hard Drive (Hard Disk Drive, Flash Drive, eMMC Drive) melalui Kabel SATA.
  8. 24-pin ATX Power Connector + ATX 12V Connector- Slot untuk pemasangan kabel utama Power Supply (PSU).
Keterangan dan Informasi Bagian Utama pada Motherboard
Beberapa bagian penting pada Motherboard. Lihat Informasi detil , Petunjuk pengguna dan Driver Utilities disertakan pada Bundling (didalam kotak / kemasan) Motherboard tersebut

 Klasifikasi pada Motherboard


Klasifikasi sebuah Motherboard berbeda beda tergantung Teknologi pendukungnya. Untuk memilih motherboard yang sesuai adalah dengan cara mengetahui:
  1. Prosesor - Setiap Motherboard mempunyai spesifikasi khusus yang sesuai dengan prosesor didukung, artinya jika kita memilih sebuah motherboard perlu memperhatikan juga prosesor apa saja yang support untuk motherboard tersebut. Setiap prosesor mempunyai fitur dan kecepatan yang berbeda beda, oleh karena itulah penting untuk memlih motherboard yang sesuai dengan prosesor yang kita inginkan.
  2. RAM - RAM (Random Acces Memory) penting pula diperhatikan, jika kita ingin membangun (merakit) sebuah system komputer. Setiap Prosesor mempunyai beberapa RAM yang mendukung, sebagai contoh: Intel Core i7-3370 (Quad-Core) 3.5GHz / 3.9GHz (4-cores / 8-threads, 8MB cache, 22nm, DDR3 1333 / 1600 MHz up to 32GB, 77W TDP, Intel HD graphic 4000 - artinya: Prosessor tersebut support untuk DDR3 1333MHz dan 1600MHz dengan maksimal pemasangan ukuran RAM hingga 32GB.
  3. Motherboard - Motherboard yang kita pilih harus sesuai (kompatibel) dengan kedua komponen tersebut diatas. Jika kita ingin membangun sebuah system komputer menggunakan Prosesor diatas, maka kunci penting adalah harus mengetahui jenis Soket Prosesor pada motherboard. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa: Intel Core i7-3370 (Quad-Core) 3.5Ghz / 3.9GHz tersebut adalah jenis LGA 1155, maka kita harus memilih sebuah Motherboard yang sesuai dan/atau menggunakan Soket Prosessor LGA 1155.

Pada kenyataannya, ketiga perangkat hardware tersebut saling berkaitan, dalam artia: untuk dapat "Membangun (merakit) sendiri sebuah sistem PC", penting sekali terutama ketika menentukan pilihan antara Motherboard, Prosesor dan Memory (RAM) nya. Bagaimanapun.. ketiga perangkat tersebut diatas merupakan, satu kesatuan yang tak terpisahkan.


Beberapa Saran Terkait memilih Motherboard, Prosesor dan RAM (Random Acces Memory)


  1. Prosesor - Untuk menentukan Kriteria PC desktop yang akan dibangun, mau tidak mau.. pasti akan mengacu pada Prosesornya, jadi tentukan saja jenis Prosessor yang akan dipergunakan, kemudian kunjungi website resmi, tentang detail dan spesifikasi produk tersebut. Hal terpenting yang perlu diketahui adalah: tipe Socket Prosesor (untuk menentukan jenis Motherboard yang akan digunakan).
  2. Memory Support (untuk menentukan Memory yang akan digunakan), maka selanjutnya anda dapat menentukan Motherboard yang sesuai dengan Fitur yang anda inginkan.
  3. Motherboard - Setelah mengetahui Prosesor dan Memori yang tepat, maka selanjutnya adalah memilih Motherboard dengan Fitur sesuai dengan yang diinginkan, semisal untuk pekerjaan rumah, sekolah, kantor, percetakan, gaming maupun video editing, dan tentu saja harus kompatibel dengan kedua komponen (part) tersebut diatas, yakni: Prosesor dan Memorinya.
Sebuah Desktop komputer untuk penggunaan  Percetakan, Gaming ataupun Video Editing, biasanya menggunakan sebuah perangkat tambahan lagi yang disebut dengan Video Graphic Adapter (VGA) menggunakan PCI-Express yang tersedia pada Motherboard tersebut, untuk meningkatkan proses / kenerja grafis pada PC tersebut, dan lagi lagi tentu saja dengan spek lebih tinggi (baik prosesor, ukuran Memori, Fitur Motherboard serta Power Supply), jika dibandingkan dengan PC untuk Pekerjaan Rumah, Sekolah ataupun Kantor pada umumnya.

Motherboard memiliki beragam Fitur dan Spesifikasi tergantung Kebutuhannya. Sebuah PC yang digunakan untuk Pengguna Umum (Kantor / Sekolah) mempunyai Spek yang berbeda, jika di bandingkan dengan sebuah PC yang digunakan untuk Kebutuhan Multimedia (Gaming / Video Editing). Sebuah PC untuk kebutuhan Multimedia umumnya mempunyai Spek lebih Tinggi dan Harga Lebih Mahal, jika di bandingkan dengan sebuah PC untuk Penggunaan Umum.


Share this article :

0 Komentar untuk "Mengenal 2 Model (Flatform) umum Motherboard, Fitur dan Spesifikasinya"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top