Kostum Pencarian by Google


Produk dan Perawatan Laptop


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Laptop seperti kita ketahui merupakan sebuah perangkat PC portabel, sehingga mudah dibawa kemana saja. Tak terkecuali Pekerja Kantoran, Pelajar/Mahasiswa, Guru dan masyarakat umum pada saat ini, sudah tidak terlalu asing dengan yang namanya Laptop ini. Penggunaan laptop ini sesuai dengan kebutuhan pengguna tersebut, untuk pekerjaan kantor, sekolah, rumah dan lain sebagainya. Seperti telah disebutkan diatas, pada penggunaannya, tentulah kita juga perlu merawatnya. Berdasarkan beberapa pengamatan, yang kami ketahui.. seringkali kerusakan laptop itu, karena kurang mengerti dari pengguna laptop itu sendiri, sehingga seringkali komputer itu hank akibat kesalahan software, atau bisa juga karena over heating (hardware) meskipun hal ini jarang terjadi pada jenis laptop ini, karena memang sudah terproteksi pada system yang ada pada mainboard tersebut, meskipun begitu sangat disarankan juga agar anda terus merawat laptop anda, sehingga anda selalu nyaman menggunakan laptop kesayangan anda itu sendiri.

Beberapa Saran untuk Perawatan dan Keamanan Laptop


  1. Debu - Tempatkan Laptop pada tempat yang tidak banyak mengandung debu, apalagi ketika sedang di pergunakan, karena Kipas untuk Pendingin Prosesor dan Chipset yang  didalam laptop tersebut, menyedot debu tersebut melalui lubang ventilasi kecil pada bagian bawah laptop tersebut, sehingga sebagian akan menempel pada mainboard dan kipas tersebut, yang pada selajutnya mungkin saja menutupi ventilasi angin (saluran pembuang hawa panas) pada kipas tersebut, sehingga menyebabkan mesin menjadi cepat panas, sehingga mungkin saja akan menyebabkan kerusakan pada mesin laptop tersebut.
  2. Air - Laptop seperti kita ketahui adalah perangkat elektronik yang rentan akan korosi akibat lembab, karena komponen yang tertanam pada mainboad adalah komponen micro (sangat kecil), sehingga apabila terkena lembab apalagi kena air akan menyebabkan komponen komponen kecil tersebut sangat mudah berkarat, pada kondisi yang lebih parah akan menyebabkan mainboard pada laptop tersebut menjadi rusak (berkarat/korosi) juga, sehingga sangat disarankan agar bagi kita berhati hati menggunakan laptop pada kondisi ataupun posisi ketika minuman atau makanan berada dekat dengan perangkat laptop tersebut.

Asesoris Tambahan

  1. Tatakan dan Kipas tambahan: Pada dasarnya sebuah Laptop adalah perangkat Mobile dan didesain dengan sebegitu rupa, karena menggunakan System Rendah Daya (pada Prosesor Intel kita  mengenal dengan istilah "Microarchitecture"), namun mempunyai Performa yang tidak berbeda jauh dengan Perangkat Dektop Komputer yang memerlukan Sumber Daya Tinggi dengan tingkat Panas lebih tinggi pula (pada Prosesornya), sehingga tidak terlalu dibutuhkan perangkat semisal kipas tambahan dan sebagainya, sebagian ada yang menyarankan, namun menurut saya hal itu tidaklah menjadi soal, jika anda ingin menambahkan kipas tambahan sebenarnya tidak masalah, pada kebanyakan laptop yang merek terkenal, bahkan disediakan juga dengan USB khusus yang bisa untuk charger Handphone sekalipun, yang terpenting adalah ketika menggunakan kipas ini, di usahakan agar menghindari tempat yang terlalu banyak (sebisa mungkin meminimalkan) debu yang dapat masuk kedalam mesin laptop (mainboard) tersebut.
  2. Penggantian Adaptor/Adapter/Charger: Ketika Charger anda mengalami kerusakan, Usahakan untuk mengganti dengan Charger Orisinil sesuai dengan merek laptop tersebut. Namun jika dalam keadaan terpaksa dengan alasan apapun, anda bisa saja menggunakan Charger Universal yang banyak beredar dipasaran, namun..perlu diperhatikan ! Charger Laptop Universal ini anda perlu berhati hati dalam penggunaannya, pastikan tegangan sesuai dengan tegangan yang tertera pada bagian bawah laptop tersebut, Jangan menggunakan/mengoperasikan laptop dalam jangka waktu terlalu lama ketika anda menggunakan charger yang bukan orisinil. Kelemahan dari Charger yang bukan Orisinil (asli) adalah cepat panas serta Kualitas kabel yang digunakan juga rendah sehingga sering putus. 

Keamanan Perangkat/Asesoris Luar (Charger) Laptop


Alas Pendingin Laptop
Cooling Mat
Sebagai gambaran tentang charger ini: dari salah seorang teman saya memberitahukan, bahwa dia pernah menggunakan charger yang bukan original sewaktu mencharger laptop dia sendiri, namun kelupaan, sehingga satu malam penuh charger tidak dilepas dari stop kontak (colokan listrik), sehingga ketika paginya ternyata charger yang bukan original tersebut terbakar, namun parahnya tidak berhenti sampai disitu, sehingga laptop nya juga ikut ikutan rusak.

Jika terpaksa harus menggunakan "Charger Laptop Universal" maka, kita juga harus memilih sebuah Charger pengganti dengan Kualitas Bagus, untuk Keamanan penggunaannya, seperti Fitur: Over Load Protection dan Short Circuit Protection, sehingga Laptop dapat terlindungi.. ketika Charger Universal tersebut rusak / terbakar.

Karena kualitas kabel kurang bagus, juga sering putus, oleh karena itu apabila ingin menyambung kabel yang putus tersebut, juga hendaknya perlu berhati hati, agar tidak terbalik pemasangannya, kesalahan penyambungan kabel (terbalik) ini, menyebabkan kerusakan pula pada laptop anda. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan Charger yang Original, dalam hal Keamanan laptop anda sendiri.

Produk Perawatan Laptop


Produk Perawatan Laptop
Rp. 35.000
Laptop Vacuum Cleaner (USB)

Produk ini disebut dengan Laptop Vacuum Cleaner. Sumber dayanya menggunakan port USB pada laptop anda, Fungsi atau kegunaan dari alat tersebut adalah membersihkan perangkat laptop anda dengan cara menyedot debu yang sering masuk kedalam mesin (board), dan keyboard laptop tersebut. Produk tersebut mungkin saja ada dijual pada toko komputer terdekat di kota anda, namun jika belum ada, anda bisa saja memesan produk ini pada TokoOne.com, dengan mengklik "Cek Harga Sekarang" pada bagian bawah gambar produk tersebut, dan silakan anda mengikuti langkah panduan selanjutnya dengan mengklik "Beli" pada halaman atas di website tersebut. Selain itu ada juga yang disebut "Colling Mat" sebuah produk berbentuk sebagai alas kain untuk laptop, yang di dalamnya berisi butiran-butiran Crystal yg mampu menyerap panas yg dikeluarkan oleh laptop, sehingga tidak lagi memerlukan kipas tambahan ada penggunaanya.

Terlepas dari produk tersebut diatas, selain itu setiap komputer (Laptop) mempunyai spesifikasi berbeda, oleh karena itu penting juga untuk tidak memasang software/aplikasi yang berlebihan pada laptop tersebut, hal ini akan memperberat kinerja mesin laptop dan membuat tidak nyaman dipergunakan. Berbeda dengan dengan sebuah laptop yang mempunyai spek tinggi semisal untuk Desain Grafis/Gaming/Video Editing, yang memang didesain untuk itu.


Share this article :

0 Komentar untuk "Produk dan Perawatan Laptop"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top