Kostum Pencarian by Google


Petunjuk Lengkap Instalasi Windows XP (Bag.1)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

System Operasi merupakan prasyarat penting bagi berfungsinya sebuah Perangkat Digital, khususnya Komputer. System Operasi termasuk dalam kategori Perangkat Lunak (Software). Beberapa contoh System Operasi diantaranya adalah:

Petunjuk Lengkap beserta Gambar, Cara Instalasi Windows XP (Bag.1)


  1. Symbian OS - Umum dipergunakan pada jenis Handphone Nokia model lama.
  2. Java - System Operasi ini banyak dipergunakan pada jenis Handphone brand China, dll.
  3. Android OS - Merupakan System Operasi yang tergolong baru saat sekarang ini, banyak dipergunakan pada jenis Smartphone.
Microsoft Windows - Merupakan System Operasi paling populer hingga saat ini, buatan Microsoft. Beberapa contoh Microsoft Windows ini adalah: Windows XP, Windows Vista, Windows 8 dan yang terbaru adalah Windows 10. System Operasi ini Umum digunakan pada perangkat Komputer (Desktop PC/Laptop/Notebook), pada perkembanganya saat ini, diperkenalkan juga perangkat mobile yang mendukung dengan system operasi Microsoft Windows ini, yaitu: Windows Smartphone (Windows 8). System Operasi (OS) Windows ini merupakan System Operasi yang paling populer dan umum di gunakan di seluruh dunia, oleh karena itu sangat penting untuk Menjaga dan Merawat OS Windows ini, dari Malware (perangkat lunak jahat) maupun Virus yang dapat merusak System Operasi (OS) Windows tersebut.

Macintos - System Operasi Macintos ini sering disebut dengan Mac OS, adalah sebuah system operasi yang dibuat khusus pada perangkat komputer buatan Apple. Beberapa jenis Mac OS ini, antara lain: Snow Leopard, Mountain Lion, Mavericks dll.

Linux - Linux OS adalah salah satu System Operasi yang  digunakan pada jenis Personal Computer (PC) pada umumnya, diklaim mempunyai system keamanan yang sangat baik. Beberapa contoh Linux OS ini, antara lain: Ubuntu Linux, Red Hat, Linux Mint dll.




Petunjuk Lengkap Cara Instalasi Microsoft Windows XP


Terkait System Operasi tersebut, berikut ini sebuah informasi tentang "Petunjuk beserta Gambar Bagaimana Cara Instal sendiri Microsoft Windows XP", bagi yang kebetulan ingin belajar menginstal sendiri sebuah komputer, menggunakan system operasi Windows Xp (Service Pack 2), dijelaskan selangkah demi selangkah.

Setting BIOS
  1. Hidupkan PC dengan menekan tombol Power.
  2. Tekan cepat dan secara berulang-ulang tombol Del / F2 / F10 pada Keyboard (pada beberapa PC terkadang berbeda beda), sehingga dapat masuk pada menu BIOS seperti dibawah ini.
Langkah Awal Instalasi Windows Set BIOS
Setting BIOS
Pada halaman BIOS, pilih Advanced BIOS Features, untuk mengatur Booting, Pilih dan Tetapkan DVD/CD ROM sebagai First Boot Device agar DVD/CD yang mula mula terbaca ketika booting pertama kali, seperti gambar dibawah ini:

Langkah-langkah seting BIOS pada Komputer jenis HP
Setting Bios (HP mini (HP T5740 - Menu BIOS masing masing PC, mungkin mempunyai tampilan berbeda beda  )

Keterangan Gambar

1. Pilih Menu BIOS seperti ditunjukan gambar 1, untuk merubah -> Boot Device Priority
2. Pada sub-menu, terlihat tampilan: First Boot Device adalah [HDD: SM-2GB ATA Flash], artinya: Ketika booting, yang mula mula terbaca adalah HDD (Hard Drive), sedangkan untuk bisa melakukan Instalasi Windows, biasanya kita menggunakan DVD/CD ROM drive, oleh karena itu, lakukan perubahan seperti terlihat pada gambar no. 3.
3. Ubah First Boot Device dari [HDD: SM-2GB ATA Flash] menjadi DVD/CD ROM drive, cara merubahnya, tekan + / - pada keyboard anda seperti tanda panah no. 4 (pada gambar no.3 terlihat keterangan: [USB: hp DVDRAM GT20], hal ini menunjukan alat / perangkat / Device DVD/CD ROM yang saya gunakan. Tekan: ESC (untuk menu keluar).
4. Pada gambar no. 4 - tanda panah 7, pilih: Save & Exit Setup, untuk menyimpan Setingan yang sudah dilakukan, terakhir: SAVE dan pilih OK.

Persiapan Instalasi Windows (XP)


Setelah melakukan poin ke 4 diatas, komputer akan reboot, setelah itu, ketika akan menyala lagi, Tekan sembarang Tombol, ketika pada layar sedang muncul notifikasi booting dari DVD/CD... maka akan masuk ke mode instalasi, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Tahap Awal Instalasi pada Window Xp
Memulai Instalasi Windows

Keterangan Gambar

1. Loading File dan Memeriksa Perangkat / Komponen yang terterpadang pada PC tersebut
2. Memulai Setup - Tekan: Enter pada keyboard untuk melanjutkan Instalasi.
3. Lisensi dan Persetujuan, tekan: F8 untuk menyetujui dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku terkait penggunaan produk tersebut, dan meneruskan ke tahap berikutnya.
4. Tekan: Enter untuk melanjutkan Instalasi dan Konfigurasi.

Membuat Partisi


Selanjutnya akan masuk pada tahap berikutnya adalah, memulai melakukan tahap awal formating hard drive, untuk melakukan Instal Bersih, maka dilakukan tahap menghapus / menghancurkankan Partisi lama, kemudian membuat Partisi Baru dengan kapasitas sesuai dengan yang dikehendaki, lihat gambar berikut dibawah ini:
Cara Menghapus Partisi Lama dan Membuat Partisi Baru pada saat Instalasi Windows XP
Menghapus Partisi Lama dan Membuat Partisi Baru

Keterangan Gambar 
  1. Terlihat pada gambar no. 1 adalah: C: Partition1 (NTFS) 1951MB (294 MB free), artinya: hanya terdapat 1 Partisi hard drive pada komputer ini dengan kapasitas 1951MB total (sekitar kurang dari 2GB). Untuk melakukan instalasi Windows baru pada drive C: tersebut, terlebih dahulu adalah menghapus partisi yang ada, sehingga hard drive menjadi benar-benar besih dan kosong dari data-data yang ada terdahulu. Tekan: Enter untuk melanjutkan Instalasi.
  2. Tekan: Enter untuk melanjutkan.
  3. Tekan: Delete untuk menghapus Partisi yang ada.Tekan: Delete untuk menghapus Partisi yang ada.
  4. Tekan: L untuk konfirmasi penghapusan data dan partisi yang ada pada drive C: tersebut.


Share this article :

0 Komentar untuk "Petunjuk Lengkap Instalasi Windows XP (Bag.1)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top