Kostum Pencarian by Google


Tutorial Blog ala DeepMechines (Bag. 1)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Informasi dan Tutorial Cara Membuat blog menggunakan platform Blogger pada situs blogging dari Google, yaitu: Blogspot ini, memang sudah cukup banyak dibahas di Internet, dari blog yang berbahasa Inggris tak terkecuali Indonesia. Para Blogger Indonesia boleh berbangga, karena selain termasuk 5 negara dengan populasi/penduduk terbanyak didunia selain China, India Amerika dan Brazil, sekarang Indonesia juga termasuk negara pengguna jejaring sosial terbesar di dunia, bagaimana dengan para Bloggernya..? seperti beberapa informasi yang berhasil kami dapatkan: Indonesia termasuk 10 besar pengguna blog dengan platform Blogger ini, selain Amerika, India dan negara lainnya. Ya.. terhitung cukup banyak saya melihat dan belajar membuat blog dari rekan sesama blogger, yang ada di internet, bagi yang pemula mungkin artikel ini ada bermanfaat bagi mereka yang baru dan tertarik untuk membuat blog menggunakan platfom blogger ini.

Membuat akun Gmail, Seting Profil G+ dan Memulai membuat Posting (Blogger)


Mungkin anda masih ingat, pada halaman terdahulu, yaitu: "Cara membuat akun Google mail", Cara membuat blog menggunakan blogspot (Blogger blog), Setting google+, dan Cara posting Teks / Gambar, dengan beberapa informasi halaman diatas, mungkin sudah cukup jelas bagi kita, cara cara membuat blog ini bagi yang sangat pemula sekalipun.

Stuktur/Tata Letak (Layout) Template Sederhana (Original) Blogger

Pada tahap berikutnya perhatikan gambar dibawah, bagaimana Tata Letak sebuah blog, menggunakan Template asli/bawaan dari Blogger tersebut.


Tata Letak blog menggunakan Template asli Blogger
Layout sebuah blog menggunakan Template bawaan Blogger
  1. Header - header adalah kepala sebuah blog, Judul Utama dan Deskripsi tentang blog ditampilkan disini.
  2. Konten - konten merupakan halaman posting untuk memuat artikel, gambar dan video untuk dipublikasikan.
  3. Sidebar - sidebar merupakan sisi samping pada sebuah Template, biasanya untuk meletakan Widget atau kode kode tertentu seperti html dan java script.
  4. Footer - footer merupakan bagian terbawah / kaki pada sebuah blog, biasanya dipergunakan untuk menginformasikan segala Kebijakan terkait blog / website tersebut.
  5. Navbar - navbar merupakan navigasi berupa pintasan untuk membuat posting, membagikan halaman secara cepat, fitur ini terdapat pada template bawaan dari google.

Menghilangkan Navbar pada Template bawaan Blogger


Pada template bawaan biasanya terdapat widget yang disebut dengan Navbar, jika anda terlanjur suka menggunakan template bawaan blogger tersebut, dan ingin menghilangkan Navbar tersebut berikut caranya:
  1. Masuk ke Dashboard blogger anda, kemudian pilih Template -> Edit HTML
  2. Tekan Ctrl dan F (pada Keyboard) -> pada kolom ketikan: Navbar atau cari kode ini: 
<b:section class='navbar' id='navbar' maxwidgets='1' name='Navbar' showaddelement='no.... dan seterusnya, hingga.... </b:includable></b:widget></b:section>, kemudian hapus kode tersebut, selanjutnya: SAVE template anda.

Setelah selesai, kunjungi blog anda, maka navbar pada template bawaan dari blogger tersebut akan hilang.


Memperindah Tampilan pada Header blog


Pada area 1 disebutkan pada gambar diatas adalah area Header blog atau Kepala sebuah blog, untuk memperindah header tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Masuk ke Dashboard blogger anda, kemudian pilih Template -> Sesuaikan (Costumize) -> pilih menu: Lanjutan (Advanced), masih dalam menu tersebut, pilih: Judul Blog (Blog Tittle) kemudian sesuaikan dengan jenis Font dan Warna teks yang anda kehendaki.
  2. Jika anda sudah mempunyai sebuah Banner Header sendiri, dan ingin menjadikan banner tersebut sebagai Header pada blog anda, silakan kembali ke Dashboard blogger anda, kemudian pilih menu: Tata Letak (Layout) kemudia pada area Header pilih edit, untuk menampilkan Configurasi Header pada jendela Popup, kemudian pilih: Image.. selanjutnya Upload file (banner header) anda, dengan mengklik "Browse". Setelah proses upload selesai, atur penempatan header sesuai dengan yang kita kehendaki, dengan memilih 3 opsi yang diberikan pada bagian bawah menu Configure Header tersebut. (Catatan: Gunakan sebuah banner header yang sesuai dengan template anda).
Namanya juga belajar secara otodidak, pasti ada ada saja jalan nyeleneh yang dilakukan, seperti halnya membuat "Banner Header" ini, semoga saja anda tidak sakit perut jika menonton tutorial dibawah ini, yaitu: Cara Unik membuat Banner Header ala DeepMechines ^_^

Cara Unik membuat Banner Header ala DeepMechines


Pada Video ini, saya mengcapture area Header blog tersebut, hanya untuk mengetahui ukuran Lebar dan Tinggi pada header tersebut.

Video: Cara Mengcapture Area Header untuk Mengetahui ukuran Banner Header blog


 
Software yang saya pergunakan untuk mengcapture gambar tersebut menggunakan Photoscape, cara penggunaannya seperti video diatas, atau lebih lengkap lagi pada halaman terdahulu di: "Tutorial Mengcapture (menangkap) gambar layar desktop menggunakan Photoscape", seperti terlihat pada video diatas bagian akhir, terdapat keterangan ukuran gambar, yaitu: 938 x 149, berarti ukuran itulah yang tepat jika anda mempunyai image (gambar) yang bagus, sebagai Banner Header blog anda, jika anda menguasai program aplikasi Corel / Photoshop, hal demikian mungkin tidak jadi masalah bagi anda, sayangnya.. saya kurang menguasai penggunaan aplikasi Corel dan Photoshop ini, jadi satu satu andalan saya hanyalah Photoscape ini.. hehe..

Selanjutnya..saya bilang ini cara unik, bagaimana mengedit banner yang sudah dicapture tersebut, menjadi sebuah banner yang sesuai dengan kehendak anda, jika tidak ingin repot repot, anda bisa saja memesan banner sesuai dengan ukuran diatas, yaitu: 938 x 149 piksel (dengan karakter yang sesuai dengan selera anda, dan/atau menyesuaikan dengan konten / isi blog milik anda), pada penyedia layanan "jasa pembuatan banner header" yang bisa anda cari informasinya di Internet. Halaman selanjutnya masih tetap akan membahas tentang 4 dari 5 Poin diatas, yaitu:
  1. Area Header
  2. Area Konten
  3. Area Sidebar
  4. Area Footer 
Halaman berikutnya: "Tutorial Blog ala DeepMechines (Bag 2)", beserta video tutorial cara unik ala DeepMechines dihalaman tersebut. Lihat juga halaman terkait: "Mengganti Template Standar dengan Template Luar", yaitu: Cara mengganti Template Standar (bawaan) dari Blogger blog, dengan sumber Template dari Luar blogger.


Share this article :

0 Komentar untuk "Tutorial Blog ala DeepMechines (Bag. 1)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top