Kostum Pencarian by Google


Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply pada Mesin TV China


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Kerusakan blok Power Regulator (Power Supply) pada Mesin TV brand China, biasanya tidak terlalu rumit, jika dibandingkan kerusakan pada blok yang lain, apalagi sekarang sudah banyak juga perangkat pengganti untuk blok (bagian) Power Regulator ini yang tersedia dipasaran.

Beberapa Penyebab Kerusakan Power Regulator/Power Supply pada Mesin Televisi


Jenis ini banyak beredar dipasaran, digunakan untuk mengganti Power Regulator bawaan pada mesin tv tersebut. Penggantian ini biasanya dilakukan apabila kondisi perbaikan sudah tidak memungkinkan lagi, semisal: komponen sudah banyak yang hangus atau pula kondisi jalur yang tercetak pada papan PCB tersebut sudah banyak yang putus dll. Tegangan yang dihasilkan pada Power Regulator (Switching) ini, biasanya mempunyai Tegangan yang cukup lengkap, yaitu:

Gambar Power Switching Regulator Pasaran
Power Regulator
  1. 0V ~ 185V - untuk Tegangan Video / Katoda / RGB.
  2. 0V ~ 90V/115V - untuk Tegangan Horizontal.
  3. 0V ~ 24V - untuk Tegangan Vertikal + Driver Horizontal.
  4. 0V ~ 16V - untuk Tegangan Power Audio.
  5. 0V ~ 12V - untuk Tegangan IC Program (+ komponen pendukung) + IC Chroma (+komponen pendukung), yang terbagi menjadi DC 5Volt dan DC 8Volt.
Power Regulator (Switching) ini mempunyai besar ukuran berdasarkan penggunaannya, yaitu: Power Regulator untuk 14-Inch hingga 21-Inch dan Power Regulator untuk 25-Inch hingga 29-Inch. Pada umumnya Power Regulator untuk 14-Inch bisa dipergunakan untuk jenis yang 21-inch, begitu pula sebaliknya. Untuk proses pengerjaannya, dengan cara melepaskan Trafo Switching bawaan tersebut, kemudian menggantinya dengan Tegangan Power Regulator Luar (External), yang sesuai dengan mesin televisi tersebut.

Power Switching Gacun


Penggunaan Power Switching dengan merek Gacun ini,  sering dipergunakan para teknisi tv, untuk mengganti kerusakan pada blok (bagian) Power Regulator tersebut. Power Switching jenis ini adalah jenis Pengganti Power Regulator, yang bersifat Universal, sehingga dapat dipergunakan sebagai pengganti Power Supply pada jenis perangkat elektronik lainnya, semisal TV LCD, Monitor, dan Power (Speaker) Aktif dan lain sebagainya.

Penggunaan Power Switching merek Gacun ini sangat Praktis, seperti kita ketahui bersama Gacun ini memiliki 3 buah Kabel dengan warna Merah (B+), Hitam (Ground) dan Biru (pulse input). Pada praktek pemasangannya dengan cara: melepaskan Transistor Power regulator bawaan, kemudian mengganti Posisi Collector tersebut dengan Kabel berwarna Merah (B+) kemudian menghubungkan Kabel yang berwarna Hitam yang terdapat pada Power Switching Gacun ini, ke Ground Power Supply pada mesin televisi tersebut. Dengan pemasangan 2 Kabel yang ada pada Gacun tersebut, biasanya perangkat/televisi sudah dapat menyala lagi. Selanjutnya setel VR (Trimpot) untuk menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan.

Jalur Tegangan untuk Memasang Gacun pada Power Switching LED/LCD TV
Jalur Tegangan Gacun Power Switching untuk LCD/LED TV
Lihat keterangan lengkap Cara Memasang Power Switching merek Gacun ini, pada halaman: "Cara Memasang "Gacun" Power Switching TV".

Kerusakan Power Supply pada Jenis TV LCD/LED juga sering terjadi pada komponen seperti: Kapasitor (Elco) - Bocor / Berkurang Kapasitasnya dan Dioda (Short / Korslet) untuk tegangan DC 5V nya, begitu juga pada Elco Tegangan tinggi 100mF220mF / 400V - 450V (Bocor / Berkurang Kapasitanya), serta kerusakan Short / Korslet pada TR / FET pada Power Supply tersebut, sebagaimana sudah termuat pada halaman: "Kerusakan Short Regulator (Power Supply) pada Monitor LCD Compaq CQ1569". Jika di dapati "Tegangan Turun sangat Rendah", kemungkinan ada Dioda yang Short, periksa  juga pada semua Kapasitor (elco) yaang mungkin saja sudah MENURUN kapasitansinya.

Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply pada Mesin TV China", Kerusakan pada power regulator jenis TV brand China (Mesin Pasaran)


Gambar Blok Power Regulator TV China
Blok "Power Regulator" Mesin TV brand China

Blok  Rangkaian "Regulator Power Supply" Mesin TV China merek (WCOM, Hua Jia dll)

Gambar dan Skema Blok Regulator Power Supply TV China
Skema blok Power Supply Regulator 14" - 21"
  1. Kerusakan (Short) Transistor Regulator (Penguat) - Penyebab yang paling sering ditemukan adalah: Akibat Panas yang berlebihan pada Transistor tersebut, sebagian adapula disebabkan oleh rusaknya komponen Filter (Peredam) yang terdiri dari sebuah Kapasitor tegangan tinggi yang terhubung langsung pada kaki Collector pada Transistor ini + Resistor 68 Ohm menuju DC + 400V, hal ini menyebabkan masuknya frekwensi tinggi yang melebihi kapasitas dan kekuatan pada Transistor regulator tersebut, sehingga menyebabkan Transistor menjadi rusak (short).
  2. Kerusakan (Short) Transistor Driver (Pendorong) - Transistor ini biasanya mempergunakan nomor seri C3807, jika diukur ternyata rusak, biasanya ada kerusakan juga pada bagian sebelum atau sesudah rangkaian tersebut.
  3. Kerusakan pada Osilator (Pembangkit) Regulator - Transistor pembangkit tenaga pada rangkaian power supply ini biasanya mempergunakan transistor dengan nomor seri A1015. Kerusakan ini sering ditemukan selain transistor itu sendiri adalah Resistor 120K ohm yang terpasang seri menggunakan ukuran sama, yang terhubung langsung dengan DC + 400V ke kaki Emittor pada transistor tersebut, umum ditemukan salah satu diantaranya adalah Putus, sehingga tidak ada tegangan untuk untuk mengaktifkan transistor pembangkit daya pada rangkaian power regulator ini. Lakukan penggantian pada komponen, jika setelah penggantian tegangan masih berada dibawah tegangan yang seharusnya, biasanya kerusakan pada komponen jenis Dioda (1N4148) yang berhubungan dengan Transistor Pembangkit daya ini, beberapa kasus yang pernah ditemukan, Dioda tersebut kondisinya sudah setengah Short, sehingga mengakibatkan Tegangan yang keluar pada Power Regulator menjadi Drop (Turun), hal yang demikian dapat diamati dengan berkedipnya lampu Indikator pada mesin TV tersebut.
  4. Kerusakan pada Bridge Rectifier - Komponen ini biasanya tersusun seperti Jembatan, yang terdiri dari 4 buah Dioda Silikon yang dirangkai sedemikian rupa, untuk Arus Bolak balik (AC) menjadi Arus Searah (DC), dengan Tegangan berkisar DC 300V hingga 400V, sebagai Catu Daya utama pada Power Regulator TV tersebut. Pada sebagian lain.. Dioda Bridge Rectifier ini adapula yang menggunakan semacam Dioda Keprok, komponen jenis ini biasanya dapat dikenali pada jumlah kaki pada komponen tersebut yaitu: 4 Kaki (lihat keterangan tentang Dioda ini pada halaman: Elektronika Dasar - Komponen Dioda). Kerusakan pada Dioda Bridge Rectifier ini, salah satunya adalah akan Menyebabkan terjadinya Korslet (Short) Tegangan Listrik.


Share this article :

1 Komentar untuk "Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply pada Mesin TV China"

komisifb.com/?id=ariefsaiful53@gmail.com...kunjungi website tersebut

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top