Kostum Pencarian by Google


Elektronika Dasar - Komponen Kondensator/Kapasitor


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Komponen Elektronik Pasif yang paling dominan (paling sering) ditemukan pada perangkat elektronik selain Resistor adalah Kondensator/Kapasitor. Besaran nilai kapasitansi pada komponen ini disebut dengan satuan FARAD. Kapasitor yang mempunyai Nilai Tetap (Fixed) di sebut dengan "Block Capasitor", sedangkan Kapasitor yang mempunyai Nilai Tidak Tetap (Variable) disebut dengan Variable Condensator/Capasitor, umum di sebut dengan "Varco. Kapasitas dari Condensator/Capasitor ini adalah pada kisaran: Pico Farad (pF), setiap 1000pF = 1nF, 1000nF = 1mF. Sama seperti halnya kode pada Resistor, setiap kelipatan 1000 = 1K, 10.000 = 10K, 100.000 = 100K dst. Pada kapasitor angka ketiga merupakan kode banyaknya angka nol, yang menunjukan nilai dari Kapasitor tersebut, maka 101 = 100, 102 = 1000, 103 = 10.000, 104 = 100.000, demikian seterusnya.

Elektronika Dasar - Komponen Kondensator/Kapasitor


Agar memudahkan ingatan antara 2 komponen ini, bisa saja kita sebut:
  • Kapasitor - Mempunyai nilai Kapasistas Kecil (berkisar dari 1pF ~ 5mF)
  • Kondensator - Mempunya nilai Kapasitas yang lebih Besar, (berkisar 1mF ~ 10.000mF)

Fungsi Kapasitor dan Kondensator

  • Kapasitor - Karena mempunyai nilai kapasitansi yang kecil, maka komponen ini lebih sering dipergunakan sebagai Filter Tegangan pada rangkaian yang berhubungan dengan Sinyal Frekwensi/Arus Bolak Balik (AC) (rendah ataupun tinggi), sedangkan..
  • Kondensator - Karena mempunyai nilai kapasitansi yang lebih besar, maka komponen ini banyak dipergunakan sebagai Filter pada rangkaian yang berhubungan dengan Arus dan Tegangan (rendah ataupun tinggi).
  • Kondensator Variable: Kondensator Variable ini, mempunyai kapasitas yang bisa disesuaikan dengan keperluan pengguna. Kondensator jenis ini, sering dipergunakan sebagai Penala Sinyal/Gelombang radio. Variable Condensator sering disebut dengan Varco ini adalah jenis yang paling umum ditemukan, terutama pada perangkat yang berhubungan dengan Sinyal/Gelombang Radio, seperti pada Pemancar (Transmitter/Tranciever - TX) maupun pada Penerima (Receiver - RX). Pada jenis Perangkat Digital, peranan Kondensator Variable ini, sudah dapat digantikan oleh komponen lain, yaitu: Crystal (Cx/XTal). 
Bentuk Komponen Kristal
Bentuk fisik komponen elektronik jenis Kristal


Jenis Kapasitor dan Kondensator

Kapasitor - Non Polar: Jenis ini Tidak mempunyai Polaritas Negatif ataupun Positif, sangat banyak sekali jenis dan macamnya, antara lain: Kapasitor Tetap (Keramik, Mika. Tantalum dll).
Beberapa Model / Tipe Capasitor Non-Polar
Bentuk Fisik Capasitor Non-Polar yang umum ditemukan pada perangkat elektronik rumah tangga beserta Simbol / Lambang pada skema elektronika (jenis Fixed)
  • Kondensator - Bi-Polar: Kondensator ini mempunyai kapasitas lebih besar dari pada Kapasitor. Jenis Kondensator ini mempunyai 2 kutub, yaitu: kutub Negatif dan kutub Positif, sangat umum dikenal dengan sebutan Elco (Electrolite Condensator), pemasangan komponen harus menyesuaikan polaritas antara tegangan negatif dan positifnya.
Jenis Condensator Bi-Polar dan Fixed
Bentuk Fisik Capasitor Bi-Polar yang umum ditemukan pada perangkat elektronik rumah tangga beserta Simbol / Lambang pada skema elektronika (jenis Fixed)
  • Kondensator Variable - Komponen ini adalah termasuk jenis Condensator tidak tetap (Non-Fixed), serta mempunyai 1 sekat statis yang disebut dengan Stator dan 1 sekat dinamis (bergerak) yang disebut dengan Rotor. Perubahah pergerakan masuk dan keluar lempengan Rotor diantara lempengan Stator tersebut, menyebabkan berubahnya nilai kapasitas yang ada pada kondensator tersebut. Pergerakan keluar dan masuk dilakukan dengan cara memutar tangkai rotor kekiri/kekanan.
Bentuk Fisik Condensator Variabel
Varco - Variable Condensator . (jenis Non-Fixed)
Condensator/Capasitor Variable, jenis seperti ini sering dipergunakan untuk penalaan gelombang/frekwensi pada radio penerima (AM/FM/SW). Gambar diatas salah satu contoh bentuk Variable Condensator dengan body plastik, terlihat bagian tengah adalah knop pemutar (tangkai) Rotor. Pada jenis yang lebih awal, masih menggunakan body dan lempengan metal pada penyekat Rotor dan Statornya.

Selain Varco tersebut, ada jenis yang lebih kecil lagi kapasitansinya dengan bentuk fisik lebih kecil juga, kami menyebutnya dengan istilah kapasitor variabel, umumnya komponen ini mempunyai 2 kaki, banyak digunakan untuk penepatan skala (fine tune) pada rangkaian gelombang radio RX maupun TX.


Share this article :

0 Komentar untuk "Elektronika Dasar - Komponen Kondensator/Kapasitor"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top