Kostum Pencarian by Google


Elektronika Dasar Mengenal Komponen IC (Integrated Circuit)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Integrated Circuit atau yang lebih sering disebut dengan IC ini adalah terdiri dari beberapa / banyak Transistor yang dibuat secara terpadu (menjadi satu), sehingga desain sebuah perangkat elektronik dapat menjadi lebih simple dan praktis. Sebuah IC (Sirkuit Terintegrasi) mungkin saja terdiri dari puluhan, ratusan bahkan ribuan transistor, tergantung desain dan kebutuhan serta penggunaan komponen IC tersebut pada sebuah Perangkat Elektronik. Sebagai gambaran pada desain IC yang lebih kompleks yaitu: Prosessor/ (CPU - Central Processing Unit) masa kini terdiri dari lebih dari 1 Juta transistor.

IC (Integrated Circuit) merupakan komponen Aktif Utama dan merupakan Sentral dari Perangkat Elektronik, baik Perangkat Elektronik Digital, Semi Digital maupun Manual. Kerusakan pada komponen IC ini, akan menyebabkan kelumpuhan pada system, yang berakibat tidak berfungsinya seluruh system pada perangkat tersebut.

Prosesor merupakan contoh kompleks sebuah Integrated Circuit (IC) yang terdiri dari Jutaan Transistor


Bentuk Fisik Prosesor
Prosesor
DeepMechines - Elektronika Dasar. IC merupakan sebuah komponen aktif elektronika, artinya komponen ini dapat bekerja apabila mendapat supply tenaga (tegangan) serta membutuhkan dukungan komponen pasif pada penggunaannya. Kerusakan ysng menyebabkan tidak adanya tegangan dan kerusakan pada komponen pendukungnya (komponen pasif), menyebabkan komponen ini tidak dapat berfungsi dengan sebenarnya.

Integrated Circuit atau yang lebih dikenal dengan sebutan IC tersebut terdiri dari ratusan, bahkan ribuan Transistor + Dioda dan Resistor, tergantung dari penggunaan dan fungsi rangkaian elektronik tersebut, pada rangkaian yang lebih kompleks lagi yaitu: komputer, pada Prosesornya bahkan terdiri dari jutaan transistor tersusun didalamnya.

IC yang lebih kecil dan sering ditemui pada Perangkat Digital umumnya disebut dengan Chip, Chipset (pada Motherboard) atau Microchip.


Beragam Bentuk dan Jenis Integrated Circuit (IC)
Bentuk fisik komponen IC, Chip dan Microchip, Chipset dan Prosesor

Keterangan Gambar
  1. Integrated Circuit (IC)
  2. Chip (IC SMD)/Microchip
  3. Chipset
  4. Prosesor
Seperti gambar di atas pada motherboard komputer, dikenal pula dengan komponen yang disebut Chipset, yang berfungsi antara lain sebagai komponen penghubung antara blok satu dengan blok lainnya, juga sebagai pengangkut data (Bus data) dan Interface/User Interface yang memghubungkan perangkat dengan pengguna.

IC pada Penguat Suara (Power Amplifier)


Gambar Perbandingan antar Transistor dan IC
Transistor dan IC (Integrated Circuit)
IC jenis ini digunakan sebagai Penguat Amplitudo untuk Suara/Audio (Power Amplifier), baik untuk kekuatan kecil ataupun menengah, sedangkan untuk kekuatan besar biasanya masih menggunakan transistor. Besaran Kekuatan yang dihasilkan pada Penguat Suara di sebut dengan Watt. Gambar disamping ini menunjukan sebuah "Transistor" Tunggal dan "IC" yang terdiri dari beberapa Transistor+ Dioda di dalamnya.

IC SMPS Control


IC jenis ini sering dipergunakan pada. Pada awal awalnya rangkaian ini masih mempergunakan Transistor, namun pada perkembangan selanjutnya, komponen IC ini sekarang banyak digunakan sebagai pengganti transistor tersebut, seiring telah ditemukannya rangkaian terpadu (IC) ini. IC untuk jenis ini sering digunakan sebagai Pembangkit dan Pengatur Tegangan pada Power Supply. Besaran Tegangan yang dihasilkan pada Power Regulator/Supply disebut dengan Volt.


Gambar Power Supply merek Gacun
Contoh IC Osilator pada Power Switcing (merek Gacun) yang berfungsi sebagai Power Regulator (Pengatur Tegangan)


IC Osilator pada Rangkaian Pemancar (TX) dan Penerima (RX)

Pada perangkat Pemancar (Transmitter/TX) dan Penerima (Receiver/RX) umumnya berguna sebagai Pembangkit Frekwensi tertentu (umumnya pada rangkaian tersebut terdapat komponen Kristal yang berfungsi membangkitkan signal/frekwensi tertentu). Besaran Frekwensi yang dihasilkan disebut dengan Hertz.

Gambar Perangkat dan IC Osilator RX
IC Osilator yang berfungsi menghasilkan Frekwensi tertentu pada Penerima (RX)

Gambar diatas menunjukan sebuah IC Osilator pada perangkat Penerima (TX), yang berfungsi menangkap/menerima frekwensi tertentu dari sebuah pemancar. Frekwensi Penerima  harus benar benar sama dengan Frekwensi Pemancar (TX) pada remote tersebut, sehingga perangkat dapat menangkap frekwensi/sinyal pada pemancar tersebut.

Tentu saja masih banyak lagi fungsi, jenis dan macam macam IC (Rangkaian terpadu/terintegrasi) ini, sesuai dengan penggunaannya, gambaran di atas merupakan Gambaran IC untuk rangkaian sederhana / system Manual hingga Chipset dan Prosesor yang digunakan untuk system Digital.


Share this article :

0 Komentar untuk "Elektronika Dasar Mengenal Komponen IC (Integrated Circuit)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top