Kostum Pencarian by Google


Fungsi Kapasitor


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Kapasitor adalah termasuk Komponen Pasif elektronik, selain Resistor. Komponen elektronik kapasitor ini sangat umum di temukan hampir pada setiap perangkat elektronik yang menggunakan listrik.

Fungsi Kapasitor pada Rangkaian Elektronika
Beberapa Macam dan Jenis Kapasitor yang Umum beredar di Pasaran
Fungsi dari Kapasitor ini sangat beragam, tergantung pada rangkaian yang digunakan, antara lain:
  • Kapasitor sebagai Peredam Bunga Api pada Tegangan Tinggi - Biasanya digunakan pada Filter Tegangan Transistor Output (Power Supply/Switching) berkisar 1000V hingga 2000V (1KV hingga 2KV) , Rangkaian HiV (High Voltage) Flayback, dimana fungsi kapasitor ini sebagai Peredam Tegangan Tinggi pada Transistor Output Horizontal Televisi, berkisar hingga 2000V (2KV) dan pada rangkaian tegangan tinggi lainnya. Lihat beberapa gambaran tentang Transistor, pada halaman: "Elektronika Dasar - Jenis dan Macam Transistor", kerusakan pada komponen ini, akan menyebabkan rangkaian menjadi rusak, dalam hal ini Transistor akan mendapatkan Beban Tegangan yang melebihi kapasitas, sehingga menyebabkan Transistor Output tersebut akan Terbakar (Rusak).
  • Kapasitor sebagai Peredam Frekwensi liar - Biasanya Kapasitor keramik ini digunakan pada rangkaian yang terkait dengan Frekwensi (Rendah/Sedang/Tinggi) tergantung rangkaian tersebut. Kapasitor Keramik yang berfungsi sebagai Peredam Frekwensi ini dimaksudkan untuk menepatkan/mencegah/mereduksi Frekwensi yang tidak di Inginkan pada rangkaian, yang timbul akibat terjadinya gelombang elektromagnetik antar rangkaian tersebut. Sering terdapat pada rangkaian Penala Gelombang Radio dan rangkaian terkait dengan Pembangkit Frekwensi (Osilator) lainnya. Kerusakan Kapasitor pada rangkaian ini, akan menyebabkan tidak tepatnya Sinyal/Frekwensi sesuai dengan yang di inginkan.
  • Kapasitor sebagai Filter Frekwensi pada Tone Control - Seperti halnya poin di atas, kapasitor ini terhubung pada Tegangan sangat Rendah, sehingga kerusakan pada komponen kapasitor pada rangkaian ini sangat jarang ditemukan. Fungsi komponen ini pada rangkaian adalah sebagai Filter Frekwensi Sedang/Menengah dan Tinggi, yang digunakan untuk mendapatkan Nada sesuai yang di inginkan.
  • Kapasitor sebagai Filter Signal pada Rangkaian Audio dan Video - Sama juga halnya seperti poin di atas, kapasitor ini terhubung pada Tegangan sangat Rendah, sehingga kerusakan pada komponen kapasitor pada rangkaian ini sangat jarang ditemukan, namun komponen ini berfungsi sebagai Penyaring (Filter) pada Frekwensi Audio/Video, sehingga gelombang frekwensi yang dibawa oleh sebuah Modulator/Osilator (Pembangkit Gelombang Elektromagnetik) yang biasanya masih mengandung Arus listrik akan di filter oleh komponen jenis ini, sehingga Sinyal yang keluar pada komponen Kapasitor Keramik ini, merupakan sinyal murni (tanpa ada tegangan) yang selanjutnya akan diteruskan ke Perangkat Penguat tahap berikutnya.
Tentu saja masih sangat banyak lagi Fungsi dari Kapasitor Keramik ini, namun setidaknya dapat memberikan gambaran, bahwa: Meskipun termasuk komponen elektronik pasif (tidak membutuhkan tegangan untuk daya kerjanya), namun berfungsi sangat penting pada sebuah rangkaian/perangkat elektronika. Halaman selanjutnya: "Perbandingan antara Elco (Elctrolyte Condensator) dengan Kapasitor".


Share this article :

0 Komentar untuk "Fungsi Kapasitor"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top