Kerusakan Gambar Bergoyang/Begetar - TV Fujitec 21-Inch


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Beberapa waktu yang lalu kami, menemukan kasus Kerusakan TV Fujitec 21-Inch dengan keluhan: Gambar Bergoyang/Bergetar, hal ini nampak jelas ketika terjadi perubahan/perpindahan Cahaya Terang dan Gelap, sehingga gambar nampak agak bergoyang/bergetar, (lihat juga halaman terkait: Kerusakan Mesin TV brand China, Gambar Bergelombang), namun pada ketika Cahaya (kecerahan gambar) normal, gambar siaran pada layar TV juga terlihat normal sebagaimana biasanya, bagi sobat teknisi TV mungkin bisa menerka, apa yang jadi penyebab kerusakan seperti yang demikian itu, ya.. penyebabnya adalah Kapasitor ataupun Kondensator Elektrolit (elco) filter Tegangan DC 12V untuk Tegangan IC Micom (+5V) dan IC Chroma (+8V), lihat keterangannya berikut di bawah ini:

Gambar Bergoyang pada TV Fujitec 21-Inch


Solusi Kerusakan TV Fujitec Gambar Bergoyang / Berdenyut
TV FUJITEC

Langkah Perbaikan
  1. Pertama tentu saja, seperti biasanya re-solder ulang titik kontak timah pada mesin (board) TV tersebut (jika ada bersihkan lagi pakai Kuas dan sedikit Thinner kelas A, karena lebih cepat kering dan tidak menyisakan air), setelah itu, kami coba lakukan penggantian elko tegangan tinggi pada power regulator, yaitu; 150mF/400V, kemudian TV di On-kan, ternyata tidak ada perubahan, selanjutnya..
  2. Sekarang kebagian Outputnya.. disini terukur tegangan Normal 115V~120V, penasaran kami coba ganti Elko untuk tegangan Horizontal tersebut, kapasitasnya sekitar 100~200mF/160V, kemudian TV di On-kan, ternyata tidak ada perubahan juga..
Setelah melakukan 2 x penggantian komponen diatas, tentulah membuat kami penasaran, tidak ada jalan lain adalah mengukur tegangan Output Power tersebut, selangkah demi selangkah:
  • Tegangan ke Trafo Flyback Horizontal - Normal (terukur sekitar 115 Volt)
  • Tegangan Katoda (RGB) - Normal (terukur sekitar +185V) - Tegangan  ini umumnya berasal dari trafo Flyback.
  • Tengangan IC Vertikal dan Drive Horizontal - Normal (terukur sekitar 24V)
  • Tegangan Utama untuk IC Program dan IC Chroma - Tidak Normal..! (terukur sekitar 6V), hingga disini ditemukanlah penyebab ketidak normalan tegangan tersebut, yaitu Elco dengan kapasitas: 470mF/16V 
  • Tegangan terakhir adalah tegangan untuk Penguat Audio - Normal (terukur sekitar 16V).
Setelah penggantian Elko dengan kapasitas 470mF/16V dengan yang sejenis, maka tegangan kembali Normal sekitar 12 volt dan TV sudah dapat Normal pula dan kembali seperti adanya.
Demikian secara ringkas tentang pengalaman kami, ketika mendapati kasus "Kerusakan TV Fujitec 21-Inch - Gambar Bergoyang/Bergetar". Semoga dapat bermanfaat bagi teknisi tv yang kebetulan menemukan kasus kerusakan serupa dengan yang diatas.


0 Komentar untuk "Kerusakan Gambar Bergoyang/Begetar - TV Fujitec 21-Inch"


Back To Top