Beberapa Kemungkinan Penyebab Gambar Tidak Tampil pada Layar Monitor sebuah Desktop Komputer


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Kerusakan tidak Tampilnya Gambar di Layar Monitor pada sebuah CPU/Desktop Komputer (PC) secara umum sering disebabkan oleh beberapa sebab, antara lain:
  • Prosesor - Kerusakan Prosesor biasanya terjadi akibat tidak sempurnanya plat penyalur hawa panas (heatsink) pada CPU tersebut, sehingga lambat laun akan mempengaruhi daya kerja prosesor tersebut, bahkan mungkin menyebabkan Prosesor dapat menjadi rusak karenanya, meskipun hal ini jarang terjadi, karena pada motherboard tersebut sudah terdapat sensor panas, yang dapat mendeteksi tingkat ambang panas, sehingga apabila terjadi panas yang berlebihan (pada Prosesor) dari yang seharusnya, maka system akan mati secara otomatis (protek). Jadi.. saran kami, perhatikan kebersihan pada Kipas dan Heatsink (Plat) Pendingin pada Prosesor tersebut, sering kali tertutup debu, sehingga saluran Pembuang hawa panas akan terganggu, sehingga menjadikan Prosesor cepat panas dan hal ini berpengaruh pada Performa dan Kinerja dari CPU tersebut, selain itu juga mengurangi resiko kerusakan Fatal yaitu rusaknya Prosesor tersebut, yang di sebabkan panas yang berlebih dalam jangka waktu cukup lama.
Cara Perbaikan Kerusakan Gambar Tidak Muncul pada Layar Monitor PC Desktop
PC Desktop (Komputer)
  • Memori (RAM - Random Acces Memory) - Kerusakan Memori ini pada umumnya adalah PC dapat menyala apabila di On kan, dengan cara menekan tombol Power pada panel depan, namun pada Layar tidak dapat memunculkan gambar apapun, jika hal itu terjadi.. coba lepaskan Memori (RAM), bersihkan seluruh kaki (pin) yang terdapat pada Memori (RAM) , kemudian pasang kembali Memory pada slot yang terdapat pada Motherboard tersebut, kemudian.. coba nyalakan komputer (PC) dengan cara menekan tombol Power.
  • Chipset - Kerusakan Chipset ini adalah termasuk Kerusakan Besar, di karenakan perbaikan/penggantian chipset ini memerlukan peralatan khusus dengan teknisi yang profesional pula, sehingga sangat sulit di lakukan oleh seorang yang bukan teknisi berpengalaman. Kerusakan pada Chipset VGA (Onboard/Integrated) akan menyebkan Layar / Monitor tidak dapat memunculkan gambar apapun, ketika sebuah PC di On-kan, meskipun kondisi komputer tersebut dalam kondisi Hidup (menyala).
  • VGA (Video Graphic Adapter) - Kerusakan VGA ini tidak serumit kerusakan VGA onboard (integrated) pada sebuah Motherboard, VGA jenis ini umumnya berdiri sendiri (dedicated), tertancap pada Slot PCI-Express, sehingga jika terjadi kerusakan.. dapat dengan mudah untuk mengganti, dengan cara melepas komponen terdahulu yang rusak tersebut, dan kemudian menggantinya dengan Kartu Grafis (VGA) yang baru, dan menancapkan VGA nya kembali pada Slot PCI-Express seperti yang sebelumnya.
  • Power Supply Unit (PSU) - Kerusakan Layar Tidak Tampil pada PC Desktop, bisa juga di sebabkan oleh Power Supply Unit (PSU). Penyebab kerusakan Power Supply inipun bermacam macam, yaitu: Power Supply sudah cukup lama digunakan, sehingga antara komponen pada Power Supply sudah melemah, selain itu: Tegangan Listrik yang tidak Stabil juga merupakan salah satu faktor/penyebab Power Supply ini menjadi cepat Rusak atau Melemah dan lain lain.



 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service