Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Mesin TV China 29" - Gambar Bergelombang


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Beberapa waktu lalu, kami mendapati kasus kerusakan "Gambar Bergelombang" pada sebuah televisi Mitsubishi 29-Inch, namun ternyata sudah ganti mesin dengan mesin TV 29", merek dan buatan China, yang menggunakan IC Micom/Program, yaitu: LC 863332A, IC Eprom/memori: 24C08 dan IC Chroma: LA76810A. Sebagai gambaran singkat tentang kerusakan ini adalah: "Ketika televisi di hidupkan, gambar pada televisi itu pada dasarnya Normal,, namun pada Gambar Siaran TV terlihat ada Gelombang gelombang yang cukup bahkan sangat menggangu, sehingga TV jadi tidak nyaman untuk ditonton.

Perbaikan Kerusakan Gambar Bergelombang pada Mesin TV brand China 29-Inch


Perbaikan Kerusakan TV China Gambar Bergelombang
Denyut Gelombang DC +185V tidak terfilter sempurna
Menurut pemahaman kami, Bergelombangnya gambar siaran pada Layar Televisi tersebut, di sebabkan oleh Gelombang/Sinyal arus AC (arus bolak balik) pada Tegangan +185V masuk ke bagian Video yaitu Katoda (RGB), sehingga terlihat ada semacam gelombang (impulse) listrik,yang sangat mengganggu pada gambar siaran televisi tersebut, bawah ini 3 Langkah yang kami lakukan ketika menemukan kasus kerusakan tsb:
  1. Re-solder (solder ulang) - Untuk memastikan tidak ada lagi titik kontak yang terlepas dari rangkaian pada mesin televisi tersebut. (setelah pengerjaan ini, tv dihidupkan namun masih tetap tidak ada perubahan, maka kami melanjutkan mengecek Tegangan yang terdapat pada Televisi tsb
  2. +185V (Tegangan Video/Katoda/RGB) - Kali ini perhatian kami ter-arah pada Elco (22mF ~ 47mF/250V), karena ketika televisi di hidupkan dalam waktu yang tidak seberapa lama, ketika diraba body (badan) komponen ini, terasa panas yang berlebihan. Untuk memastikan, kami coba ganti Elco tersebut..
Setelah penggantian Elco untuk Filter tegangan +185 Volt tersebut, sekarang gambar pada televisi tersebut sudah bisa normal kembali, sehingga kami mengambil kesimpulan, bahwa: Kerusakan "Gambar Bergelombang" pada layar televisi tersebut, karena Elco Filter +185 tersebut sudah berkurang kapasitasnya, sehingga body komponen tersebut menjadi panas, hal ini membuat tegangan +185 tidak ter Filter dengan sempurna, sehingga gelombang arus pada tegangan +185 dapat masuk ke rangkaian Video (Katoda R/G/B), yang pada akhirnya menyebabkan "Gambar Siaran pada Layar televisi tersebut terlihat Bergelombang" pula.


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan Mesin TV China 29" - Gambar Bergelombang"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top