Kerusakan Standby TV Sharp 29-Inch (Slim)










Sekitar 3 hari yang lalu (ketika artikel ini dimuat), kami kedatangan seorang yang mengeluhkan tentang kerusakan Televisi kepunyaan keluarganya. Secara singkat menurut penuturan orang tersebut, bahwa: Televisi tersebut merek Sharp 29-Inch, mendadak Mati dengan sendirinya, namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada Televisi tersebut masih dalam keadaan berwarna Hijau", begitulah jawaban orang tersebut, ketika kami menanyakan perihal Kerusakan TV Sharp 29" yang disebutkannya itu, kami sedikit agak tertegun.. kalau TV Sharp umumnya, jika terjadi kerusakan Protek seharusnya berwarna Merah, berdasarkan hal itulah, akhirnya kami mempersilahkan untuk membawa Televisinya ke tempat kami.

Gudang Tempat Bekerja / Tempat Reparasi TV Admin DeepMechines
Gudang Tempat kami Bekerja
Ya.. namanya televisi jenis Tabung (Hampa Udara) adalah Perangkat Audio Visual yang memerlukan sumber daya (listrik) tinggi, sehingga perlahan orang orang sudah mulai beralih ke jenis Televisi yang menggunakan LED Display yang memelukan sumber daya listrik lebih irit. Adapun Televisi jenis Tabung ini, selain memerlukan sumber daya listrik cukup tinggi, juga mempunyai tingkat panas yang cukup tinggi pula.

Kerusakan Standby TV Sharp 29" Slim
TV Sharp 29" Slim
Kembali kepada "Kerusakan Stand by TV Sharp 29-Inch" tersebut, setelah sampai ke tempat kami.. ketika kami nyalakan, ternyata.. memang dalam keadaan Standby, namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada Televisi tersebut sudah berwarna Merah, yang menandakan bahwa: Televisi tersebut dalam keadaan Protek, begitu menurut pemikiran kami.. pengerjaan pun segera di lakukan, berikut langkah langkah yang kami lakukan, seperti prosedur pada halaman sebelumnya: "Kerusakan Protek TV Sharp 14-Inch (Bag. 1)".

Langkah Penanganan Kerusakan
  • Seperti biasanya.. Periksa semua titik kontak timah pada bagian bawah mesin (PCB) tersebut, kemudian lakukan solder ulang, dimana titik kontak dicurigai ada yang terlepas (lost contact), setelah yakin, sudah titik kontak yang terlepas, periksa lagi dengan cermat, apakah setelah melakukan solder ulang tersebut, ada titik yang short (ada hubungan pendek ke komponen lain), kemudian lakukan pembersihan mesin dengan cairan pembersih, seperti: Thinner dan yang sejenismya, sehingga akan lebih memudahkan ketika melakukan analisa kerusakan selanjutnya.
Setelah melakukan Poin di atas, kami coba ON kan TV, tetap belum ada perubahan.. Cek tegangan OK, IC Vertikal OK, langkah berikutnya.
  • Kemudian kami mengganti Elko (C) untuk Filter tegangan RGB yang berukuran 10mF/250V, lalu kami coba ON kan kembali.. byar.. TV dapat menyala kembali.. (wah.. ini kerusakan selalu berulang, sering sekali kerusakan seperti ini di temukan pada jenis TV Sharp, begitu menurut pemikiran kami), tapi..eits ;) tunggu dulu..!! setelah televisi dapat menyala normal, beberapa Menit kemudian Televisi kembali Mati namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada Televisi tersebut masih dalam keadaan berwarna Hijau, nah ini dia mungkin yang di maksud dengan "Televisi tersebut merek Sharp 29-Inch, mendadak Mati dengan sendirinya, namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada TV tersebut masih dalam keadaan berwarna Hijau", seperti penuturan si Pemilik TV tersebut pada awal artikel inI
  • Kami coba Goyang Mesin TV tersebut, byar.. menyala kembali.. nah sekarang sudah mendapat titik terang bahwa: di mana titik kontak (antara komponen ke Papan Mesin/PCB) dicurigai ada yang terlepas (lost contact), pada hal poin pertama (sebagaimana di atas),  sudah sudah kami lakukan dengan cukup teliti, sehingga kami meyakini bahwa: seluruh komponen sudah terhubung ke Papan Mesin/PCB TV tersebut, langkah selanjutmya lagi..
  • Langkah berikutnya ini, ternyata langkah terakhir, yaitu: Solder Ulang pada Kaki IC Micom yang mempunyai kaki SMD ini.
Perbaikan Kerusakan Standby pada TV Sharp 29" Slim
Solder Ulang (re-solder) IC Micom SMD (TV Sharp 29" Slim)
Setelah melakukan Solder ulang pada IC SMD ini, sekarang Televisi sudah dapat berfungsi Normal kembali.



Kategori Artikel : Catatan Reparasi TV

6 Komentar untuk "Kerusakan Standby TV Sharp 29-Inch (Slim) "

gan tv ane alexander sharp 29 inc tadinya nyala , ehh sekarang mati stand by warna merah lednya, remote ama manual nggak mau lagi, ic vertical sudah saya ganti,,tp masih tetap nggak nyala tegangan di hozontal yg seharusnya 115v menjadi 90 volt tegangan dilco 35 v menjadi 18 v thanks gan solusinya

Itu berarti terjadi "Drop Tegangan" ya gan? kemungkinan besar ada komponen yang Short (Dioda / Tr) atau bisa jg di akibatkan kapasitas Elco sudah berkurang / habis / Putus.

Langkah pertama:

Coba agan Cek seluruh Blok Horizontal Out, terutama beberapa Komponen Penting, yaitu: Tr Horizontal itu sendiri, Tr Width Correction (FET 2691), serta Dioda Dumper (dioda untuk H -)

Langkah Kedua:

Coba agan cek juga blok "Vertikal Amp/Out"nya, jika IC Vertikal tidak Rusak, coba cek Dioda untuk V-Pump yang berada di dekat IC Vertikal tersebut.

Pernah beberapa kali saya menemukan kasus "Drop Tegangan" seperti ini di karenakan Tr Horizontal yang sudah setengah short (short sangat kecil sekali, sehingga sangat sulit di Prediksi), jangan lupa juga untuk mengecek "DIODA" dari Tegangan B+ (115V), Dioda V-Pump di blok Vertikal, dan beberapa Dioda yang terdapat disekitar Flyback yang kemungkinan ada yang setengah Short juga.

Langkah ke berikutnya - Perhatikan bentuk Komponen (Resistor, Elco) apakah sudah ada yang berubah pada fisiknya, terutama pada komponen komponen yang menggunakan Tegangan Tinggi.

Perhatikan juga.. Pada jenis Komponen IC (Vertikal / Sound) dan TRANSISTOR serta ELCO, apakah ada terasa Panas yang tidak Normal (setengah short) pada komponen komponen tersebut, yang bisa jadi membuat Tegangan pada mesin TV tersebut menjadi "DROP".

Kesimpulannya:

"DROP TEGANGAN" besar kemungkinan, ada komponen yang sudah "Setengah Short", coba agan cek lagi komponen komponen tersebut di atas menggunan AVOmeter.

Kira kira begitu gan... Semoga cepat Selesai pekerjaannya.. Tks atas kunjungan dan Komentarnya.. ;)

ini saya jg punya kerusakan yg sama,sdh diganti elko2 sekunder tetep aja gak mau berubah/nihil

Itu berarti "Protek" Kang.. untuk Komponen Elco yang paling sering menyebabkan Protex TV SHARP ini adalah: 4.7mF - 10mF / 250V

Back To Top