Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Standby/Protek TV SHARP 14-Inch Model: 14V20D


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV Sharp dikenal oleh para Teknisi TV mempunyai kerumitan tersendiri dalam perbaikan kerusakannya, sering kali para teknisi juga sering dibuat pusing karena banyaknya System Proteksi pada mesin TV Sharp tersebut. Sebagai contoh TV Sharp 14-Inch dengan Model/ Seri 14V20D dengan Kronologi kerusakan berikut dibawah ini.

 TV SHARP 14-Inch Model: 14V20D - Kerusakan Standby/Protek


Perbaikan Kerusakan Protek pada TV Sharp 14V20D
TV Sharp
  • Pada awalnya TV Sharp 14V20D ini, menyala normal seperti adanya, namun dari dalam (mesin) terdengar bunyi memantik (hal ini menandakan bahwa ada sedikit kebocoran pada HT Flyback), namun karena masih belum terlalu parah, maka hal itu kami abaikan dan TV tersebut terus dapat digunakan dalam beberapa Minggu.
  • Selang beberapa Minggu kemudian ternyata, TV Sharp 14V20D akhirnya benar-benar mati dalam keadaan Stand by,  pada tahap selanjutnya, dilakukan penggantian komponen Flyback tersebut.
  • Perlu diperhatikan ketika penggantian Flayback tersebut di sini ada dua seri Flyback (yang kami ketahui), yaitu: (Model: BSC26-2630S dan Model: BSC26-2631S), setelah penggantian Flyback tersebut, dan TV coba di ON-kan (di hidupkan) ternyata menyala sebentar, kemudian kembali ke posisi Stand by (Protek).
  • Langkah berikutnya, berdasarkan beberapa referensi, kami lepaskan 1 kaki pada komponen Dioda Zener dengan kode D1002 dari mesin (dengan maksud untuk membuka Proteksi pada MesinTV Sharp 14V20D tersebut), setelah dilepaskan, maka TV bisa menyala dan terlihat pada layar TV bergaris Horizontal di tengah layar, yang berarti menandakan Kerusakan pada bagian Vertikal).
  • Biasanya setelah penggantian IC Vertikal (LA78040), seharusnya TV sudah dapat kembali Normal, namun pada kasus ini, setelah penggantian IC Vertikal LA78040 tersebut, ternyata TV masih Bergaris Horizontal di tengah layar, maka perhatian kami tertuju kepada tegangan untuk IC Vertikal tersebut, dan benar saja..ternyata tegangan yang berasal dari Flyback BSC26-2631S tersebut ternyata 0 Volt (tidak ada tegangan sama sekali), seharusnya ada tegangan DC + 24V ~ 26V (kalau tidak salah antara kaki 4 ke 5 pada Flyback tersebut), setelah di cek, ternyata kaki 4 ke 5 pada Flyback tersebut putus, sehingga tidak ada tegangan sama sekali.
  • Setelah penggantian Flyback tersebut, TV di ON kan..dapat menyala dengan layar penuh, namun dalam kondisi gambar sangat tipis, gambar blanking, dan kondisi tombol panel tidak berfungsi, sehingga 1 kaki pada komponen Dioda Zener dengan kode D1002 harus dikembalikan/terpasang kembali pada mesin.
  • Setelah pengerjaan itu semua, sekarang TV dapat berfungsi Normal kembali.
Lihat kasus yang serupa: "Kerusakan Standby/Protek TV Sharp 14-Inch (Model: 14A20MS)"
Demikian sekedar referensi cara mengatasi "Kerusakan Protek TV SHARP 14V20D" ini, Semoga dapat bermanfaat bagi Tuser (Tukang Servis/Teknisi TV), yang mungkin menemui kasus serupa.


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan Standby/Protek TV SHARP 14-Inch Model: 14V20D"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top