Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV LG 29-Inch (29FC1CL-T1) - Gambar Melebar ke Samping (Horizontal)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Setiap Kerusakan Televisi, biasanya diakibatkan oleh melemahnya komponen pada perangkat televisi tersebut, yang selanjutnya (terkadang) di ikuti dengan efek yang mungkin berantai, terutama pada bagian blok Horizontal Out dan Power Switching (Power Regulator).

Perbaikan Kerusakan Gambar Melebar ke Samping pada TV LG 29-Inch (Model: 29FC1CL-T1)


Maaf sebelumnya, artikel ini terhapus oleh kami secara tidak sengaja, beruntung cache pada web browser untuk artikel ini masih ada, sehingga masih ada kesempatan untuk, mengambil (back-up) kembali artikel (postingan) yang sempat terhapus ini.

Pada kali ini, kami mendapati kasus kerusakan pada TV LG 29-Inch (29FC1CL-T1) dengan keluhan kerusakan "Gambar Melebar Kesamping (secara Horizontal)", berikut tahap tahap yang kami kerjakan:

Gambar TV LG 29 Kerusakan Gambar Melebar
TV LG 29 Flatron Model: 29FC1CL-T1

Kronologis

Beberapa hari yang lalu, kami kedatangan seorang teman yang membawa sebuah perangkat Televisi merek LG 29-Inch model 29FC1CL-T1, berdasarkan penuturan si pemilik, bahwa perangkat televisi tersebut "Mengeluarkan Asap dan tercium ada bau Gosong", setelah itu.. televisi langsung dimatikan..! begitu tutur si pemilik TV.

Berdasarkan keterangan tersebut..mungkin para rekan teknisi tv.. sudah dapat menerka, apa apa saja kemungkinan penyebab kerusakan tersebut, ya... mungkin saja Flyback bocor, atau Kapasitor / Kondensator dan mungkin saja ada resistor yang hangus dan lain sebagainya.

Proses Pengerjaan

  1. Pertama buka Penutup (Cover) Belakang TV, dan ketika mesin televisi tersebut dikeluarkan, terlihat pada bagian blok Horizontal Out, ada sebuah komponen kapasitor yang terlihat gosong serta hampir tidak dapat dikenali lagi ukurannya. Kapasitor tersebut terhubung langsung pada kaki Kolektor (C) Transistor Horizontal menuju Ground. Setelah dilakukan penggantian kapasitor, kami memeriksa komponen lainnya, Transistor ternyata dalam kondisi Bagus (Tidak Rusak), yang berarti tidak mengalami lonjakan frekwensi tinggi yang bisa menyebabkan Jebolnya transistor horizontal out tersebut, begitu pikir kami, sehingga kami memutuskan untuk mencoba menyalakan televisi tersebut, dan..
  2. TV sekarang sudah Menyala namun.. ternyata tampilan pada layar televisi melebar ke samping sekitar 2.5 jari ke kiri dan kanan, sehingga Logo siaran TV hanya kelihatan setengahnya, langkah selanjutnya: pengecekan komponen lain elco dan kapasitor ternyata dalam kondisi bagus. Sekarang perhatian kami tertuju pada sebuah FET dengan seri K2961 (ketika televisi dinyalakan.. dan diraba body komponen (FET K2961) ini terasa panas yang berlebihan), ketika dilepas dan terukur komponen ini setengah short, karena tidak ada mempunyai stok komponen, maka FET tersebut kami ganti dengan jenis lain yang terdapat pada mesin TV 29-Inch brand China, dengan seri D2029 atau D2012 dan beberapa seri lainnya, (jenis ini mempunyai body lebih besar jika dibandingkan dengan K2961, dengan bentuk seperti D313 atau TIP 41), selanjutnya:
Komponen D2029  sebagai pengganti FET K2691
TV LG 29-Inch (29FC1CL-T1) - Penggantian FET K2691 dengan D2029 (Horizontal Wide)
Setelah melakukan beberapa pengerjaan sebagaimana di atas, sekarang Gambar pada Layar TV LG 29-Inch ini, dapat Normal kembali.

Demikianlah sekedar sharing atau berbagi pengalaman tentang cara mengatasi "Kerusakan Gambar Melebar ke Samping (Horizontal) pada perangkat TV LG 29-Inch dengan 29FC1CL-T1", dengan harapan dapat bermanfaat bagi rekan Teknisi TV, yang kebetulan menemui kasus kerusakan Televisi yang sama sebagaimana tersebut di atas.

Updated April 2016

Kerusakan Gambar Melebar ke Samping TV LG 21" SLIM, Model: 21FU3RD-T3

TV LG 21" model: 21FU3RD-T3 ini di datangkan ke tempat kerja kami dalam keadaan Mati Total, pengerjaan pun dilakukan sebagaimana di atas, namun sebelumnya kami juga melakukan penggantian pada "STR W6554A" nya, setelah meyakini blok Power Regulatornya Normal, sekarang kami beralih ke bagian Horizontalnya, setelah di cek.. nampak jelas bahwa: TR penguat Horizontalnya dengan seri: "C9060" terukur dalam keadaan rusak/ short, tanpa sempat melakukan pengukuran pada komponen lainnya, maka kami coba untuk menyalakan TV LG 21" model: 21FU3RD-T3 dengan cara menekan tombol "On/ Off"nya, hasilnya.. Flyback sempat menyemburkan tegangan tinggi, beberapa detik kemudian TR Horizontalnya mati lagi, maka.. kami mengambil kesimpulan bahwa: Blok Horizontalnya ini ada yang bermasalah, maka penggantian beberapa komponen pun dilakukan, yaitu:
  • Mengganti kembali TR penguat Horizontal "C9060"
  • Penggantian Kapasitor utama: 183/ 2000V, komponen ini sudah habis kapasitasnya/ putus.
  • Penggantian C406 = 103/630V, sama seperti di atas.. komponen ini sudah habis kapasitasnya/ putus.

Setelah penggantian beberapa komponen sebagaimana di atas, maka kami coba untuk menyalakan kembali Televisi LG 21" ini, Ya.. sekarang televisi sudah dapat "Menyala" kembali, namun sebagaimana judul di atas, TV LG 21" model: 21FU3RD-T3 ini menyala dengan kondisi "Gambar Melebar ke Samping atau secara Horizontal, yang menandakan blok Horizontal ini masih ada yang bermasalah, penggantian FET dengan seri K2961 inipun kami lakukan, namun masih belum ada perubahan.


Perbaikan Kerusakan pada TV LG 21" SLIM, Model: 21FU3RD-T3
TV LG 21" SLIM, Model: 21FU3RD-T3
Akhirnya kami menemukan kembali penyebab "Kerusakan Gambar Melebar ke Samping TV LG 21" SLIM, Model: 21FU3RD-T3" ini, yaitu: sebuah komponen Dioda (dumper) yang menuju Ground Horizontal, terukur "setengah short/korslet", setelah melakukan penggantian pada komponen ini, sekarang Televisi sudah dapat "Normal" kembali seperti semula.

Lihat juga kasus Kerusakan yang hampir serupa pada TV SANKEN 29-Inch, pada halaman: "Kerusakan TV SANKEN 29" - Gambar Menyempit Horizontal", dan "Kerusakan Mati Protek (Standby) TV LG 21" Slim Model:  21SB6RD-T4".


Share this article :

2 Komentar untuk "Kerusakan TV LG 29-Inch (29FC1CL-T1) - Gambar Melebar ke Samping (Horizontal)"

Saya dapat servisan tv LG sama seperti artikel yang pertama diatas yaitu LG 29FC1CL-T1 dan kerusakan sama persis. Yang saya tanyakan berapa nilai kapasitornya yang gosong.? Yang saya garap, C nya saya ganti dengan 681 2kv. balas ke harianto892@gmail.com

Komentarnya sudah saya balas melaui email Mas Hari Anto.. Tks sudah berkunjung ke blog ini.. ;)

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top