Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV Votre 14-Inch - Gambar Terlipat/Tidak Sinkron


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Beberapa waktu yang lalu, kami mendapatkan kasus kerusakan Televisi dengan keluhan "Gambar Terlipat/Tidak Sinkron(mungkin terlihat seperti Kue Lapis ;) ,TV ini merupakan jenis TV China dengan merek Votre 14-Inch. Kerusakan Gambar seperti ini, menyebabkan siaran tidak dapat terlihat melainkan hanya suaranya saja, seperti terlihat pada gambar berikut di bawah ini:

Kerusakan Gambar Terlipat/Tidak Sinkron pada  TV Votre 14-Inch


Perbaikan Kerusakan TV Votre 14" Kerusakan TV Votre 14-Inch - Gambar Terlipat / Tidak Sinkron
TV Votre 14-Inch - Kerusakan Gambar Mengkerut/Tidak Sinkron
Seperti terlihat, gambar siaran tidak dapat terlihat karena adanya terjadinya Kerutan/Garis Sinkronisasi seperti Kue Lapis ini, namun jika kita cermati pada kedua sisi pada layar tersebut, sedikit memberikan petunjuk bahwa: Kemungkinan terjadi Penurunan Tegangan pada perangkat/mesin Televisi tersebut,

Berikut beberapa langkah yang kami lakukan:

  • Seperti biasanya.. setelah penutup belakang dibuka, kemudia kami memeriksa semua titik kontak timah pada bagian bawah mesin (PCB) tersebut, kemudian lakukan solder ulang, dimana titik kontak dicurigai ada yang terlepas (lost contact), setelah yakin, sudah titik kontak yang terlepas, maka dilanjutkan untuk memeriksa komponen yang dicurigai yang menjadi sumber masalah pada kerusakan timbulnya  Kerutan/Garis Sinkronisasi seperti Kue Lapis pada Layar Televisi merek Votre 14-Inch tersebut.
  • Pada langkah berikutnya, kami memang sedikit mencurigai kerusakan tersebut, mungkin disebabkan pada bagian Power Supply (Power Regulator) nya (lihat juga halaman terdahulu: Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply pada Mesin TV), berdasarkan hal itu, maka kami mencoba untuk mengganti Elko Filter tegangan tinggi yaitu: 100mF/400V, yang ada pada Power Regulator tersebut.
Perbaikan Kerusakan TV Votre 14" Gambar Kerusakan TV Votre 14-Inch - Gambar Terlipat / Tidak Sinkron - Penggantian Elko
Penggantian Elko Filter Tegangan Tinggi (Power Regulator)
  • Lakukan penggantian Elko Filter Tegangan Tinggi 100mF/400V tersebut serta beberapa elko yang di lingkari warna merah tersebut
Perbaikan Kerusakan TV Votre 14" Gambar Terlipat / Tidak Sinkron selesai perbaikan
TV Votre 14-Inch
Setelah melakukan beberapa penggantian Komponen tersebut, sekarang TV dapat menyala Normal kembali.

Melemahnya Transistor (Tr) untuk Katoda Biru, Layar TV terlihat agak ke kuning kuningan


Pada gambar di atas, terlihat gambar agak kekuning kuningan, hal ini disebabkan melemahnya Transistor  penguat Warna Biru (dominasi warna Hijau dan Merah yang berlebihan) di kaki Katoda R/G/B pada tabung Televisi tersebut, sehingga perlu dilakukan penggantian komponen. Setelah penggantian Transistor penguat untuk Warna Biru seperti telah disebutkan di atas, maka sekarang Gambar dapat seimbang lagi untuk warna Merah/Hijau/Biru nya (sebelumnya kami agak sedikit ragu, karena Transistor tersebut terukur Normal, namun untuk lebih meyakinkan.. kami coba ganti TR Katoda biru (B) tersebut..), dan sekarang Gambar sudah Normal kembali, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Perbaikan Gambar tidak Sinkron / Terlipat TV Votre 14"
TV Votre 14" DIGITAL contol
Demikian informasi mengenai penanganan "Kerusakan TV Votre 14-Inch - Gambar Terlipat/Tidak Sinkron" ini, semoga dapat bermanfaat.



Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan TV Votre 14-Inch - Gambar Terlipat/Tidak Sinkron"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top