Kostum Pencarian by Google


Komponen Elektronik Pasif - Resistor


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Resistor adalah Komponen Pasif  yang berfungsi sebagai Penahan Arus serta Pembatas Tegangan. Ada bermacam macam tipe dan jenis resistor yang sering kita temui di perangkat elektronik pada umumnya.

2 Jenis Resistor yang sangat umum terdapat pada rangkaian Elektronika


  1. Resistor Tetap (Fixed) - adalah Resistor yang mempunyai Nilai Tetap, seperti contoh: Resistor Karbon, Resistor Micron dll.
  2. Resistor tidak Tetap (Variable Resistor) - adalah Resistor yang mempunyai Nilai tidak Tetap (bisa berubah ubah), seperti contoh: Potentiometer / VR, LDR (komponen ini bisa berubah nilai tahanan / resistansinya, oleh terang dan redupnya cahaya yang mengenai komponen LDR tersebut), Thermistor (komponen ini bisa berubah nilai tahanan / resistansinya, ketika suhu pada komponen berubah) dll.

Tipe dan Macam Resistor


Berikut dibawah ini beberapa tipe resistor yang paling sering dijumpai pada perangkat elektronik rumah tangga umumnya, yaitu:
  • Axial-lead Resistor - Resistor tipe ini paling banyak dipergunakan pada perangkat Radio, Tape, Televisi dan perangkat elektronik rumah tangga lainnya, dengan spesifikasi arus sekitar 0,5 hingga 2 Watt
Mnegenal Komponen Resistor Axial lead
Resistor Axial lead dengan bermacam ukuran (umum ditemukan pada perangkat elektronik rumah tangga, seperti: Televisi, Radio dll)
  • Carbon Film Resistor - Resistor ini sering pula digunakan pada rangkaian penguat Audio dan Listrik, dengan spesifikasi arus sekitar 0,5 hingga 2 Watt.
  • Micron - Resistor ini banyak digunakan pada Penguat Audio (Power Amplifiier) yang menggunakan daya cukup besar, rangkaian untuk Tegangan Listrik dll, dengan spesifikasi arus sekitar 5 hingga 20 Watt atau bahkan lebih.
Mnegenal Resistor jenis Micron
Resistor Micron
  • SMD Resistor - SMD resistor merupakan sebuah resistor dengan bentuk yang sangat kecil, sering dijumpai pada perangkat elektronik digital, seperti Handphone, Perangkat Komputer dan perangkat digital lainnya. Lihat bentuk fisik resitor SMD seperti dibawah ini: (informasi tambahan - pada jenis resistor micro smd, seperti pada handphone, laptop kode nomor tidak tampak pada bodynya, sehingga untuk mengeetahui nilai resistor jenis micro smd ini, mutlak memerlukan skema / diagram, untuk mengetahui posisi komponen tersebut dan membaca nilainya yang tertera pada skema / diagram perangkat tersebut.
Bentuk Fisik sebuah Resistor SMD
Resistor  SMD
  • Printed Carbon Resistor - Untuk resistor jenis ini langsung tercetak pada PCB (Printed Circuit Board) perangkat elektronik tersebut, Printed Carbon Resistor ini, secara umum sering kita temukan pada jenis Remote Control, Kalkulator, Keyboard serta perangkat elektronik digital lainnya.
  • Potentiometer - Potentiometer (VR) merupakan sebuah resistor tidak tetap (variable), sehingga bisa berubah nilai tahanannya, dengan cara merubah posisi (dengan cara memutar atau menggeser) kop pada potensiometer tersebut.
Tipe Potentiometer Putar dan Geser
Potensiometer Putar dan Geser
  • Trimpot (Trimmer Potentiometer) - Trimpot mempunyai cara kerja yang sama dengan Potensiometer, namun lebih kecil bentuknya, untuk merubah nilai tahanan / resitansi pada trimpot tersebut, biasanya dengan cara memutar kekiri dan kekanan pada trimpot menggunakan obeng kecil yang sesuai.
Resistor model Trimpot (Trimer Potentiometer)
Trimmer Potentio (Trimpot)
  • LDR (Light Dependent Resistor) -  LDR ini banyak digunakan sebagai sensor untuk lampu taman, jalan dll, komponen ini akan berubah nilai resistansinya ketika terjadi perubahan cahaya yang mengenai komponen tersebut.
  • Thermistor - Resistor ini sering dijumpai pada rangkaian elektronik yang menggunakan arus kuat, seperti Power Supply, Power Regulator dan lain sebagainya. Thermistor ini mempunyai 2 Tipe pada umumnya sering disebut dengan NTC (Negative Temperture Coefficient) dan PTC (Positive Temperature Coefficient).
Resistor jenis NTC / PTC
NTC dan PTC
Demikian 2 Jenis Umum dan Tipe serta karakteristik dari komponen elektronik pasif yang disebut dengan resistor itu, semoga dapat bermanfaat.. terutama sobat yang masih pemula, dan tertarik mengenal beberapa komponen elektronik secara umum dan mudah, yang ke depannya diharapkan juga semakin banyak para pemula yang memahami komponen pada perangkat elektronik, dan dapat memperbaiki sendiri perangkat elektronik tersebut.


Share this article :

0 Komentar untuk "Komponen Elektronik Pasif - Resistor"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top