Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Protek TV Sharp 14-Inch (Bag. 2)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Seperti keterangan halaman terdahulu, pada "Lagi.. Kerusakan Protek TV Sharp 14-Inch (Bag. 1)", 
Setelah melakukan penggantian komponen Elektrolit Kondensator (Elko), ternyata masih belum ada perubahan, maka kami melanjutkan, untuk mencari Titik Protek pada TV Sharp 14" tersebut.

Membuka Titik Proteksi pada TV Sharp


Mendapatkan sebuah Dioda pada bagian tengah mesin tv, kemudian melepaskan salah satu dari kaki Dioda tersebut.

Melumpuhkan Titik Proteksi dan Perbaikan Kerusakan Protek TV Sharp
Titik Protek TV Sharp 14"
pada selanjutnya terlihat kerusakan asli dari televisi tersebut adalah bagian Vertikalnya, berupa garis memanjang ke kiri dan kanan pada layar televisi tersebut, yang menandakan ada permasalahan pada blok vertikal, berikut langkah penanganan yang kami lakukan:
  • Setelah titik protek tersebut berhasil dilumpuhkan, sekarang televisi dapat dihidupkan dan terlihat garis memanjang horizontal (kiri kanan) pada layar, pada selanjutnya penggantian komponen IC Vertikal (baru) ternyata tidak membuahkan hasil juga, (karena tegangan masih ada sekitar 24V hingga 26V, maka kamipun beranggapan bahwa, kemungkinan IC Vertikal tersebut yang rusak, eh.. ternyata masih keliru juga, maklumlah.. teknisi juga Manusia.. bukan robot hehe..( ^_^ ), dan akhrnya kerusakan tersebut berhasil ditemukan...
  • Ya.. kerusakan tersebut ternyata pada Dioda yang ada pada blok vertikal tersebut, setelah dilakukan pengukuran, di dapati Dioda tersebut sudah Korslet (Short).
  • Setelah penggantian komponen tersebut.. sekarang TV sudah dapat menyala dan layar kembali normal, eit.. tapi tunggu dulu.. Gambar pada layar terlihat sangat tipis sekali (samar samar), hampir saja kami pusing 7 keliling lagi.. ;) hehe, ternyata kami lupa mengembalikan (titik kontak/solder ulang) salah satu kaki Dioda (untuk melumpuhkan proteksi) tersebut, setelah di solder kembali titik kontak pada salah satu kaki Dioda tersebut, dan Televisi Sharp 14" tersebut sudah dapat menyala normal kembali seperti adanya..
Melumpuhkan Titik Proteksi dan Perbaikan Protek (Standby) TV Sharp 14"
TV Sharp 14"
Demikian sedikit informasi tentang cara mengatasi "Kerusakan Protek TV Sharp 14-Inch" yang tidak sempat kami mencatatkan Model dan Serinya tersebut, namun kami berharap, semoga dapat bermanfaat bagi rekan sesama Teknisi elektronik pada umumnya.


Share this article :

5 Komentar untuk "Kerusakan Protek TV Sharp 14-Inch (Bag. 2)"

gan ane punya tv sharp 14v20ms rusak bagian strw6753 nya,
yng sya tanyakan nilai R705 dekat STR berapa ohm/ watt

Maaf gan baru baca komentarnya.. R705/R706 pada PS Regulator tv Sharp 14v20ms tsb aslinya adalah 2.2 Ohm/2W, biasanya terpasang double/paralel, berfungsi sebagai Fuse Ground pada STR W6753, R tersebut akan PUTUS jika STR-nya Short..

Jangan lupa juga untuk mengecek R712 (1K/0,5W) dan R704 (100 ohm/0,5W), terkadang ikut rusak jg.. oh resistor itu sebenarnya di bawah dari 0,5W (daya hantar) karena berukuran lebih kecil dari pada Resistor pada umumnya.. mungkin hanya 1/4W sj, semoga bisa membantu gan.. dan Tks atas komentarnya.. ;)

terimakasih gan, sangat membantu....
..

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top