Kostum Pencarian by Google


Lambang dan Kode Resistor


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Pada halaman terdahulu "Komponen Elektronik - Resistor" telah dijelaskan cara mengetahui nilai resistor dari warna gelang pada body komponen tersebut, kita juga telah mengetahui ada 4 gelang di body resistor tersebut, namun saat sekarang ini banyak sekali resistor yang beredar dipasaran, menggunakan lebih dari 4 Gelang (5 dan 6 Gelang kode warna), hal ini cukup membingungkan bagi yang terbiasa, menggunakan (hitungan) 4 Gelang kode warna dengan tipe Axial-lead resistor ini.

Nilai Kode Warna pada Resistor


Berikut pada tabel dibawah ini, beberapa informasi mengenai resistor, dan lihat lagi tabel dengan 4 Kode gelang warna dan perbedaan cara mengitung nilai resistor tersebut.

Warna Gelang 1 Gelang 2 Gelang 3 Gelang 4
Hitam 0 0 0
Coklat 1 1 0
Merah 2 2 00
Orange 3 3 000
Kuning 4 4 0.000
Hijau 5 5 00.000
Biru 6 6 000.000
Ungu 7 7 0.000.000
Abu - Abu 8 8 00.000.000
Putih 9 9 000.000.000
Emas - - - 5%
Perak - - - 10%

Kode Warna pada Resistor 100.000 Ohm (100K) dan Cara Menentukan Nilainya


lihat gambar resistor dengan nilai resistansi 100.000 Ohm atau 100K Ω, pada gambar di bawah ini 
Cara Menghitung Resistor 100.000 Ohm / 100K
Resistor 100K Ω dengan menggunakan 4 Gelang kode warna
Lihat dan bandingkan dengan Resistor 5 dan 6 gelang warna ini, beserta posisi hitungan dan nilai resistor tersebut.


Cara Menghitung Nilai Resistor pada 4, 5 dan 6 Kode Gelang
Referensi gambar pada: http://garda-pengetahuan.blogspot.com/2012/04/kode-warna-resistor-karbon.html
  • Resistor 4 gelang kode warna - Seperti pada gambar diatas sangat jelas, bahwa:  gelang Ketiga menentukan banyaknya digit nol dibelakang 2 gelang tersebut.
  • Resistor 5 gelang kode warna - Resistor dengan 5 gelang ini, menunjukkan bahwa gelang Ke empat, yang menentukan digit terakhir dibelakang 3 gelang pada resistor tersebut, sedangkan gelang ke 5 menunjukan nilai Toleransi kerja pada resistor tersebut.
  • Resistor 6 gelang kode warna - Resistor dengan 6 gelang ini, menunjukkan bahwa gelang Ke empat, yang menentukan digit terakhir dibelakang 3 gelang pada resistor tersebut, gelang ke 5 menunjukkan nilai Toleransi dan Gelang ke 6 menunjukkan nilai Temperature Coefficient atau beban kerja resistor terhadap panas.

Lambang/Symbol Fixed Resistor (Resistor Tetap/R) dan Variable Resistor (Resistor tidak Tetap/VR)


Lambang Resistor dan Variable Resistor pada rangkaian Elektronik
Symbol dan Jenis Resistor pada sebuah Skema / Rangkaian Elektronik

Kode Resistor Micron dan SMD

Gambar Resistor Micron
Bentuk Fisik Resistor jenis Micron
Resistor jenis Micron ini mempunyai nilai yang tertera langsung pada body komponen tersebut, sedangkan Resistor SMD menggunakan kode digit (3 dan 4 Digit) pada body, yang menunjukkan nilai resistansi dari komponen resistor tersebut. Sebagai contoh: pada body resistor smd tertera 102 maka digit ketiga adalah 2 atau sama dengan 00, berarti 1000Ω = 1K, jika tertera angka pada body resistor tersebut 103 maka digit ketiga adalah 3 atau sama dengan 000, berarti 10.000Ω = 10K, dan seterusnya dengan metoda perhitungan yang tidak jauh berbeda dengan tabel pada axial-lead resistor diatas.


Gambar Resistor SMD dan Cara Penghitungan Kode
Contoh Resistor SMD
Pada resistor jenis SMD micro (sangat kecil), nilai resistor ini tidak tertera pada body komponen, sehingga untuk mengetahui nilai nya, diperlukan sebuah skematik / diagram yang menunjukan posisi resistor tersebut pada rangkaian, tanpa Skema dan Diagram yang dibuat vendor (pembuat produk) tentu akan sangat sulit sekali melakukan penggantian komponen, apabila ternyata komponen itu benar benar rusak. Jenis resistor micro ini banyak ditemukan pada perangkat telekomunikasi, seperti Handphone, Tablet, Laptop, Notebook dll. Meskipun begitu, untuk mengetahu nilai pada resistor smd ataupun resistor micro ini, dapat juga menggunakan MuliTester Digital seperti pada umumnya.


Share this article :

0 Komentar untuk "Lambang dan Kode Resistor"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top