Perbaikan Kerusakan TV Konka 14-Inch Garis Blanking pada Layar


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Ini adalah koleksi lama catatan Kerusakan Televisi Konka 14-Inch dengan kasus, muncul Garis Blanking pada Layar TV", sehingga gambar siaran televisi tidak dapat terlihat sama sekali.

Kerusakan Garis Blanking pada Layar  TV Konka 14-Inch ini, sebenarnya sudah kami muat pada halaman blog terdahulu, sayangnya.. karena kecerobohan kami sendiri, secara tidak sengaja.. halaman tersebut terhapus secara tidak sengaja, beruntung.. karena masih ada gambar / capture dari mesin televisi Konka 14-Inch tersebut, sehingga kami dapat memuatnya kembali pada halaman ini.

Kerusakan muncul Garis garis Blanking pada Televisi 14-Inch merek KONKA

  • Seperti biasanya, periksa secara cermat segala kemungkinan adanya titik solder lepas (lost contact), lakukan solder ulang pada titik solder (yang menghubungkan antar komponen pada papan mesin / PCB), setelah yakin tidak ada titik solder yang lepas (lost contact/bad connect) lagi, sekarang anda dapat bersihkan dengan cairan pembersih, sehingga jalur yang tercetak pada PCB dapat terlihat dengan jelas, untuk meyakinkan bahwa semua sambungan/titik kontak sudah tersambung sebagaimana mestinya, periksa juga setiap titik solder ulang yang telah kita lakukan tadi, kalau kalau terjadi korslet (short) komponen yang tidak seharusnya ketika kita melakukan proses solder ulang tersebut..

Komponen Kerusakan TV Konka 14" yang Bergaris Blanking Putih
Garis Blanking - TV KONKA 14"
  • Pada gambar di atas menunjukan komponen yang rusak pada perbaikan "Kerusakan gambar bergaris Blanking pada TV Konka 14-Inch" tersebut.

Dioda Ge (Germanium) 1N4148, Penyebab Kerusakan TV Konka 14-Inch - Garis Blanking pada Layar

Komponen yang menyebabkan kerusakan seperti tersebut di atas adalah di karenakan Dioda Germanium yang berfungsi sebagai filter pada Video tersebut, kondisinya sudah setengah Short, hal ini memang sangat jarang terjadi, sehingga kami juga memerlukan waktu cukup lama untuk menemukan kasus kerusakan yang demikian. Langkah terakhir.. cek ketiga Dioda tersebut, jika ternyata memang benar benar rusak, lakukan penggantian komponen tersebut.



0 Komentar untuk "Perbaikan Kerusakan TV Konka 14-Inch Garis Blanking pada Layar"


Back To Top