Kostum Pencarian by Google


Power Supply Unit (PSU)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Power Supply Unit (PSU) adalah Sumber Tegangan (Catu Daya) Utama pada sebuah PC, besaran ukuran untuk Power Supply ini, menggunakan satuan yang di sebut dengan Watt, sehingga pada umumnya Power Supply Unit (PSU) yang beredar di Pasaran cukup beragam, dari sekitar 430W, 450W, 500W, 530W, 600W, 700W hingga 1200W. Penggunaan Power Supply Unit ini, tergantung Spesifikasi pada CPU tersebut, semakin tinggi spek sebuah PC maka akan membutuhkan Sumber Daya (Power Supply) yang tinggi pula. Pada PC untuk penggunaan Standar (Home) umumnnya menggunakan Power Supply pada kisaran 430W - 450W (Celeron/Pentium), 500W (Intel Dual Core/AMD Sempron), 530W - 600W (Intel Quad-Core, Intel Core i3, Intel Core i5/AMD Athlon Series, AMD A-Series dll).

Power Supply Unit (PSU) untuk Desktop Computer (PC)


Power Supply Unit (PSU) yang masih terpasang pada Chasing (Case) Komputer Desktop
Perbedaan Power Supply Unit (PSU) pada PC Komputer
Power Supply Unit (PSU)
A - Power Supply 500W
Untuk penggunaan Power Supply yang lebih tinggi 700W hingga 1200W adalah pada sebuah PC dengan Spek Tinggi, yang umumnya digunakan untuk Desain Grafis, Gaming atau Video Editing yang menggunakan teknologi Prosesor (Intel Core i7 / AMD FX-Series) dan Kartu Grafis serta Motherboard versi terbaru. Yang membedakan Besaran Watt pada Power Supply Unit (PSU) ini adalah:
Semakin Tinggi nilai Watt yang di gunakan pada Power Supply tersebut, menunjukkan bahwa, akan semakin Besar pula Kuat Arus yang di gunakan, hal demikian dapat di perhatikan pada Nilai Voltase tetap (3.3V, -5V, 5V, +5V (USB),-12V, 12V) tersebut, namun mempunyai Kuat Arus (Ampere) yang berbeda beda, atau dengan kata lain: meskipun Voltase pada Power Supply rata rata sama, namun jika dibandingkan antara Power Supply 450W dengan 700W, maka akan berbeda Kuat Arus (Ampere)nya tersebut.
Pembahasan Suputar Masalah Power Supply Unit Desktop Komputer (PC)
Power Supply Unit 530W
Sebagai perbandingan, berukut Voltase dan Ampere (Kuat Arus) pada sebuah Power Supply dengan merek" Simbada" Model: AL-B530 (MAX 530W) PFC, seperti di bawah ini:

Voltase Kuat Arus (Ampere/Current)
AC Input 115V - 230V
3.3V 28A
-5V 0.8A
+5V 50A
5V(USB) 2.5A
-12V 1A
+12V 18A

Gejala Kerusakan Power Supply pada sebuah PC


PC Desktop (CPU) akan Mati Total di karenakan tidak adanya Tegangan yang masuk pada rangkaian Motherboard.
  • Jika PC di hidupkan (dengan menekan tombol "Power" di Panel Depan), Kadang "Menyala sebentar, kemudian Mati" lagi, dalam hal ini di akibatkan melemahnya komponen yang terdapat pada PSU tsb, Gejala kerusakan serupa bisa terjadi juga, apabila Prosesor dalam keadaan "Over Heating" atau Panas Berlebih, yang di akibatkan oleh "Kipas Prosesor" yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
  • PC dapat di hidupkan (dengan menekan tombol "Power" di Panel Depan), semua Kipas dapat berputar dan Motherboard masih berfungsi normal, namun pada layar monitor tidak dapat memunculkan gambar sama sekali (Blank Hitam). Pada kasus kerusakan seperti ini, Heatsink pada Prosesor dan Chipset VGA tidak menunjukan panas sama sekali, yang menandakan bahwa, Tegangan tidak ada (sangat lemah) untuk kedua komponen yang ada pada motherboard tersebut.

Keterangan Tambahan

  • Tidak di anjurkan untuk Memperbaiki sendiri sebuah Power Power Supply (PSU) yang sudah Rusak, terkecuali penggantian komponen adalah menggunakan komponen yang sejenis, serupa dan satu merek yang sama, karena penggantian komponen yang tidak sesuai, mungkin saja PSU dapat berfungsi kembali, namun sudah tidak memenuhi standar pabrik yang telah di tentukan sebelumnya, hal ini sangat riskan (beresiko tinggi), karena jika terjadi kerusakan lagi pada Power Supply tersebut, mungkin saja akan menimbulkan Efek kerusakan selanjutnya (berantai), yang mungkin berimbas kerusakan pada Motherboard nya juga.
Lihat juga halaman sebelumnya: Merawat Perangkat Laptop (PC Komputer) - Keterangan tentang Perawatan Laptop/Desktop Komputer dan Bahaya Penggunaan Charger Universal pada Laptop untuk jangka waktu yang cukup Lama.


Share this article :

0 Komentar untuk "Power Supply Unit (PSU)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top