TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V - Kerusakan Gambar Bergelombang


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Seperti halaman terdahulu, pada Kerusakan Gambar Bergoyang pada TV Fujitec 21-Inch, sebenarnya sih.. bukan gambarnya yang bergelombang, namun ada seperti sinyal/gelombang liar yang menggangu pada layar televisi tersebut, sehingga sangat mengganggu dan televisi seperti tidak nyaman untuk ditonton, ya.. lagi pula.. siapa juga yang mau nonton tv dengan tampilan layar seperti angin puting beliung begitu.. ;)

TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V - Gangguan Sinyal Gelombang liar pada Layar Televisi, seperti judul artikel ini, kali ini pada televisi tersebut sangat jelas menggangu, karena gambar siaran hampir tidak dapat terlihat, tertutupi seperti guratan atau juga seperti gelombang, sebagaimana tampilan gambar berikut di bawah ini:

Kerusakan Gambar Bergelombang pada TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V


Gambar Berurat urat pada TV AKARI 14-Inch Model: IC-14M78V  dan cara memperbaiki kerusakannya
TV AKARI (Blue Beach) 14" Model: IC-14M78V

Komponen Elektrolit Kondensator (Elko) Filter Tegangan Video RGB, yang menjadi Penyebab "Kerusakan Gambar Bergelombang" pada TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V


Pada gambar diatas sangat jelas, guratan guratan yang sangat menggangu gambar pada layar televisi tersebut, untuk mengatasi permasalahan kerusakan yang demikian, hampir dapat dipastikan bahwa: Signal Video yang masuk ke tiga Katoda RGB, tidak terfilter dengan sempurna, karena ada jenis komponen kapasitor tegangan tinggi yang sudah habis kapasitasnya, ya.. tegangan +185V inilah yang mungkin bermasalah, langkah yang kami lakukan selanjutnya adalah mengganti komponen yang dianggap bermasalah tersebut, dalam hal ini elco dengan kisaran 10mF/250V (seperti telah kita ketahui bersama, bahwa: anda dapat saja mengganti komponen tersebut, dengan yang lebih rendah atau lebih tinggi semisal: 22mF asalkan dengan toleransi tegangan yang sama yaitu: 250V), berikut gambar, dimana letak komponen bermasalah pada TV AKARI (Blue Beach) 14" Model: IC-14M78V tersebut:

Kerusakan Guratan Guratan yang mengganggu pada TV Akari 14-Inch dengan Model IC-14M78V
Letak komponen Elco Filter 10mF/250V pada TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V
Kerusakan ini, seperti pada kasus terdahulu (Kerusakan Mesin TV China 29" - Gambar Bergelombang) adalah hampir sama penanganannya, namun hanya berbeda Jenis dan Model TV-nya saja.


Perbaikan TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V sudah selesai ditangani
TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V
Setelah penggantian komponen tersebut diatas, sekarang tv sudah dapat normal kembali sebagaimana mestinya, semoga informasi ini bisa bermanfaat, bagi teknisi yang kebetulan menemukan kasus kerusakan yang serupa dengan di atas

Lihat juga kasus yang hampir serupa, namun dengan kerusakan dan penanganan yang berbeda pula, pada halaman: Kerusakan Gambar Terlipat/Tidak Sinkron (terlihat seperti Kue Lapis) pada TV Votre 14-Inch.


2 Komentar untuk "TV Akari 14-Inch Model: IC-14M78V - Kerusakan Gambar Bergelombang"

Sudah saya coba elco 250v/33mf,gambar gelombang sudah normal lagi,makasih y pakk,,,


Back To Top