Kostum Pencarian by Google


Belajar Cara Membuat/Merakit Adaptor Sederhana


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Adaptor adalah Catu Daya dan/atau termasuk Power Supply (Universal) Sederhana/Dasar, teknik perakitannya pun tidak terlalu rumit, karena hanya membutuhkan komponen dasar yang sangat umum beredar di pasaran. Penggunaan Adaptor inipun hanya di gunakan sebagai bahan praktik umum, ketika melakukan percobaan dan perbaikan perangkat elektronika, seperti: radio, rangkaian lampu led, alat mainan elektronik untuk anak anak dan lain sebagainya.

Belajar Membuat/Merakit Sendiri Adaptor Sederhana



Perunjuk Cara Merakit / Membuat Adaptor Sederhana
Trafo Adaptor dengan Kuat Arus 1 Ampere
Sebuah Adaptor mempunyai tegangan, arus dan daya keluaran rendah, berkisar dari 3V, 4.5V, 6V, 7.5V, 9V dan 12V, dengan daya pada yang mempunyai kuat arus lebih besar (5 hingga 7 Ampere), ada juga yang menggunakan di atas dari 12V, yaitu: 13.8V sering digunakan pada perangkat pemancar radio.

Adapun kali ini, kita dapat "Belajar Merakit/Membuat sendiri sebuah Adaptor Sederhana", menggunakan komponen elektronik sederhana juga, seperti berikut di bawah ini:

Komponen Adaptor Sederhana


* Trafo 1 Ampere - Keterangan mengenai komponen, pada halaman: "Pengertian Umum Trafo (Transformator), Adaptor dan Power Supply".
* Dioda 1 Ampere (1N 4001 / 1N 4002 atau yang sejenis) - Keterangan dan Fungsi mengenai komponen Dioda ini ada pada halaman: "Elektronika Dasar - Komponen Dioda".
* Elco 1000mF atau 2200mF/16V - Keterangan dan Fungsi mengenai komponen Elco ini ada pada halaman: "Perbandingan antara Elco (Electrolyte Condensator) dan Kapasitor".
* Kabel + Steker atau bisa juga menggunakan kabel yang sudah jadi (kabel Chord).
* Kabel + Penjepit buaya atau bisa juga menggunakan kabel yang sudah jadi berupa kabel Jack untuk DC atau sesuai dengan keperluan.

Proses Pengerjaan/Perakitan "Adaptor Sederhana"


1. Sambungkan Kabel Chord (menggunakan Solder) ke kumparan Primer Trafo, yaitu pada pin: 0V dan 220V (sesuai tegangan listrik yang ada), seperti terlihat pada gambar di bawah:

Cara Merakit / Membuat Adaptor Sederhana
Input AC 0 ~ 220 Volt (Kumparan Primer Trafo)
2. Selanjutnya.. pasang juga kedua komponen Dioda dan Elco pada Kumparan Sekunder trafo, yaitu: Pin 0 Volt terhubung langsung dengan polaritas Negatif Elco, sekaligus sebagai Ground (kutub Negatif / -) adaptor.dan Polaritas Positif elco sebagai (kutub Positif / +) pada adaptor, lihat gambar dan keterangan di bawah:

Cara Belajar Merakit Adaptor untuk Pemula
Output DC 3V - 12V (Kumparan Sekunder Trafo)
* Ground adalah Kutub Negatif Adaptor (serupa dengan kutub (-) pada baterai)
* Positif adalah Kutub Positf Adaptor (serupa dengan kutub (+) pada baterai)
* Penentu Tegangan adalah yang menentukan tegangan yang di butuhkan, yang tertera pada body trafo tersebut, sebagai contoh: Jika membutuhkan Tegangan 3V, maka kaki Dioda tersebut harus di hubungkan ke pin 3V dan begitu seterusnya.

Lihat Pin terminal 3V, 4.5V, 6V, 9V dan 12V yang tertera pada body Tansformator (Trafo) 1 Ampere tersebut.
Cara Merakit dan Membuat Sendiri Tafo Adaptor Sederhana
Trafo Adaptor Sederhana (Dasar)
Hubungkan titik Merah (kaki Dioda) ke salah satu titik Biru, sesuai dengan tegangan yang di inginkan, dalam praktik nya., kita juga dapat menggunakan sebuah saklar putar (Rotary Swich) agar dapat memilih salah satu tegangan yang di perlukan, hanya dengan memutar saklar tersebut. lihat tentang "Dioda" ini pada halaman terdahulu: "Elektronika Dasar (Komponen) Dioda".
Gambar Cara Mudah Merakit Adaptor untuk Pemula
Skema/Diagram Adaptor Sederhana dengan 1 Tegangan Output
Gambar Skema Adaptor Sederhana untuk 2 Sumber Tegangan Berbeda
Skema/Diagram Adaptor Sederhana dengan 2 Tegangan Output (bisa digunakan untuk 2 kebutuhan tegangan yang berbeda)
Untuk rangkaian yang lebih baik lagi, dapat mempergunakan sistem "Bridge Rectifier" yang terdiri dari 4 buah Dioda (0.5Amp - 2Amp) 1N 4001 / 1N 4002 / 1N 4007, sebagaimana gambaran berikut dibawah ini:

Rangkaian Adaptor 2 buah Dioda (CT)
Adaptor Sederhana dengan 4 buah Dioda (Bridge Rect) dan 2 buah Dioda (CT)

Catatan:
  • Rangkaian di atas adalah Rangkaian Adaptor sangat sederhana dan merupakan Dasar dari sebuah Power Supply yang menggunakan Trafo Penyesuai (Adaptor) tegangan rendah.

Rangkaian "Power Stabilizer" pada Adaptor


"Power Stabilizer" ini untuk menghasilkan Arus dan Perataan Tegangan menjadi lebih Halus dan Stabil "Power Stabilizer" ini digunakan hanya untuk Adaptor yang hanya menggunakan tegangan "tertentu", seperti: 12V saja, 9V atau 5V saja, lihat pada gambar diagram berikut di bawah ini:


Gambar IC DC dan TR 2N3055
IC DC dan Transistor 2N3055
Belajar Merakit Adaptor sederhana dengan Stabilizer
Skematik Diagram "Power Stabilizer" untuk Adaptor / Power Supply
  • DC Input - Tegangan DC yang keluar pada Adaptor sederhana tersebut di atas, di masukan lagi kerangkaian Stabilizer ini, Hubungkan Tegangan + adaptor ke + rangkaian Stabilizer ini, begitu juga Jalur - Adaptor ke Jalur - (Ground) pada rangkaian Stabilizer ini. "DC Input umun digunakan Lebih Tinggi dari Tegangan Outputnya", sebagai Contoh: DC Input: 15V maka tegangan yang keluar (Ouput) tetap konstan 12V (stabil),sehingga jika terjadi turun naik tegangan listrik tidak akan terlalu berpengaruh.
  • IC DC 1 pada rangkaian di atas menggunakan "LM 7812" yang berarti tegangan yang di hasilkan pada DC Outputnya adalah: 12V, ganti LM 7812 tersebut dengan LM 7809 jika menginginkan tegangan yang dihasilkan adalah: 9V, atau LM 7805 jika menginginkan tegangan yang di hasilkan adalah: 5V, jadi "dua digit terakhir" pada pada IC DC 1 tersebut adalah "kode" tegangan yang dihasilkan.
  • TR 2N3055 ini adalah Transistor yang berfungsi sebagai Penguat dan Perata Arus dan Tegangan pada rangkaian "Adaptor Stabilizer" di atas, sehingga menghasilkan Arus dan Tegangan yang lebih halus, tambahkan pelat Pendingin yang khusus untuk transistor tersebut, agar transistor tidak terlalu panas serta tidak cepat rusak.
  • DC Output Stabilizer - DC Output yang keluar pada Stabilizer ini sudah benar benar rata dan stabil.

Contoh Rangkaian "Power Stabilizer untuk Adaptor Sederhana menggunakan IC DC: LM 7805 dan TR Power: D313 + Pembatas Arus R: 2.2Ω / 2W"


Merakit Sendiri Power Stabilizer Sederhana utnuk Adaptor
Rangkaian Adaptor Power Stabilizer sederhana

Keterangan Gambar:

  • Ganti IC DC LM 7805 (5V) sesuai dengan Tegangan yang di inginkan!
  • Ganti Tr Power D313 dengan 2N3055 + Heatsink (Plat Pendingin) sesuai dengan Posisi kaki: B (Basis), C (Kolektor) dan E (Emittor), sebagaimana kedudukannya pada gambar di atas.
  • Ganti R: 2.2Ω / 2W dengan 0.5Ω - 4.7Ω / 5W, jika menggunakan Tr Power 2N3055 untuk penggunaan beban yang lebih besar.

Catatan Tambahan:

  1. Semakin Banyak Penggunaan / Beban, maka akan Membutuhkan Arus (Ampere) yang yang lebih Besar pula. Contoh pada penggunaan 1 / 2 / 3 / 4 atau 5 Perangkat sekaligus (semisal Efek Gitar dll), maka perlu diperhitungkan untuk memperbesar Arus/Ampere yang di gunakan, semisal: 2A atau 3A (A = Ampere), namun jika hanya mempergunakan 1 Perangkat saja, maka: menggunakan Trafo 1 Ampere adalah sudah cukup memadai.
  2. Untuk Penggunaan pada Peralatan/Perangkat Digital yang berhubungan dengan Audio, maka diperlukan Tingkat Perataan yang lebih Sempurna untuk menekan bunyi Dengung, akibat perataan tidak sempurna pada Adaptor tersebut, oleh karena itulah, maka diperlukan "Rangkaian Stabilizer".
  3. Rangkaian Stabilizer mungkin ada juga yang beredar di Pasaran, atau bisa juga merakitnya sebagaimana rangkaian "Power Stabilizer" sederhana (sudah cukup memadai) di atas, atau bisa juga menggunakan "Power Supply/AC Matic" (jika tersedia di pasaran) yang mempunyai tegangan Output (Tegangan dan Arus) sesuai dengan yang diperlukan (dalam hal ini jenis "Power Supply/AC matic adalah lebih baik, karena memiliki "rangkaian dan perata arus" yang lebih halus dan sempurna).
Halaman terkait: "Diagram Rangkaian Power Adaptor Stabilizer - Tegangan DC 4.5V hingga 13.8V" dan "Adaptor Sederhana dengan 4 x Dioda (Bridge Rect)".


Share this article :

26 Komentar untuk "Belajar Cara Membuat/Merakit Adaptor Sederhana"

Punya keahlian sendiri dalam dunia elektronic jadi ga usah bingung" beli peralatana ya mas??

haha.. benar sekali Mbak Alvi, elektronik memang Hoby saya dari semenjak saya sekolah, hingga sekarang saya msh menjalani Hoby tsb, btw.. tks atas kunjungan dan komentarnya :)

mohon bantuannya...
adaptor tv led (china )12V/4.2A sistem switcing saya mati, pdhl br 1 bulan, mohon infonya, saya mau buat rangkaian sendiri yang sesuai dgn adaptor trsbt dengan menggunakan trafo, apa saja kebutuhan komponennya dan mohon gambar rangkaiannya, mohon maaf kalo terlalu banyak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Kalau Adaptor yang menggunakan System Switching, untuk hasil lebih bagusnya ganti dengan Power Switching juga gan, pengalaman saya.. ketika TV LED tersebut mengalami kerusakan pada adaptornya, saya menggantinya dengan jenis Power Supply Universal (adaptor untuk laptop), namun mengunci (Switch) teganganya pada DC 12V, namun jika agan ingin merakit sendiri, mungkin bisa mempergunakan Trafo 3 Ampere + Dioda 1N5401 (4 x - buat rangkaian Dioda tsb dengan sistem "Bridge Rect), sebagai referensinya agan dapat lihat halaman "http://www.deepmechines.com/2015/09/merakit-adaptor-sederhana-dengan-4-buah.html" + Rangkaian Power Stabilizer untuk 12V (mungkin agan dapat, mencoba menanyakan rangkaian "Power Stabilizer" tsb, pada Toko toko yang menjual Sparepart Elektronik yang terdekat dengan tempat tinggal agan..), jika tidak ada.. agan dapat membuat rangkaian "Power Stabilizer" sebagaimana yang terdapat pada halaman di atas, kira kira begitu gan, semoga dapat membantu dan tks sudah berkunjung dan memberi komentar.. :)

terima kasih banyak info dan bantuannya mas, akan saya coba...

mas, kalau pakai trafo yang 5 Ampere bisa gak, saya sudah ada, ampere yang keluar kegedean apa gak..??

Bisa aja agan pake yang 5Amp, cuman resikonya terlalu gede, dalam arti.. apabila terjadi kerusakan pada bagian TR Output (jebolnya TR Output tsb) "Power/Regulator Stabilizer"nya, maka arus yang besar akan langsung masuk pada rangkaian Mesin, yang mungkin bisa menyebabkan kerusakan lebih fatal/besar pada perangkat TV LCD LED agan, saran saya.. akan lebih baik jika menurut ukuran standar saja, karena untuk perangkat Digital akan membutuhkan rangkaian "Power Supply" yang lebih sempurna untuk Keamaanan penggunaannya, kira kira begitu menurut pendapat saya gan.. kami terbuka jika ada rekan lain, yang mungkin bisa menambahkan..

Jika mempergunakan Trafo 5Amp mungkin agan harus mempergunakan "Power Regulator Stabilizer" untuk trafo 5A - 7Amp yang benar benar sempurna, sebagai contoh: "Adaptor merek MATAHRI" yang mempunyai rangkaian Stabilizer yang sangat baik serta aman.

terima kasih banyak infonya mas, kalau dgn trafo 3A, untuk ELco ukuran yang pas brp mas, kalau pakai 4700mF/16V 2 buah bagus gak..??

Untuk Elco Filter bagian depan (bagian Bridge Rect-nya/bisa juga menggunakan 2 buah Dioda saja, jika Trafonya menggunakan CT) makin besar kapasitasnya makin bagus, bisa mempergunakan 4700mF/50V, 6800mF/50V dengan arus(INPUT) nya adalah AC 15V, sedangkan Elco bagian belakang "Stabilizer" DC 12V (OUTPUT) nya, dapat mempergunakan yang lebih kecil, 2200mF/16V, 3300mF/16V, bahkan mempergunakan kapasitas 1000mF/16V juga tidak terlalu berpengaruh, karena Arus yang keluar sudah benar benar halus (rata) dan Stabil, tks.. sama sama gan.. :)

terima kasih banyak atas info dan bantuannya mas, sangat membantu sekali, salam persahabatan...

tks.. sama sama gan, salam persahabatan juga..

Mas numpang tanya, saya mau tanya, klo saya mau buat adaptor output 4,8V dgn 5/lebih output butuh Travo berapa amper dan dioda, elco ukuran berapa?? Maaf saya awam Sekali dlm dunia elektro, tp gak ada yg bisa ajarin scr lgsg.

Adaptor dengan Tegangan Output 4.8V, untuk penggunaan 5 x (atau lebih) Output, untuk perangkat apa.. kalau boleh tau Mas Dikdik? siapa tau kami bisa bantu.. ;)

Saya juga masih belajar dalam tulis menulis di blog ini, tapi , kami akan coba lagi membuat Tutorial sederhana lagi, terkait rangkaian Adaptor ini pada Waktu dan Kesempatan berikutnya, sebatas kemampuan dan pengetahuan kami saja.. Tks Mas Dikdik atas kunjungan dan komentarnya.. ;)

Untuk Dinamo mobil remot mas, saya mau coba jalankan 5mobil remot di 1track, tp tdk pakai baterai, sy mw coba pake listrik atau aki yg saya hubungkn di track nya. Intinya untuk 5 Dinamo mobil2an dgn baterai 4.8/4.5 biar bs muter maksimal bth brp ampere?

Ok.. untuk Dinamo Mobil mobilan umumnya bisa mempergunakan 1 hingga 2 Amp tergantung Dynamo tersebut masih standar apa tidak, dalam arti kawat lilitan pada dinamo tersebut belum di rubah ataupun ditambah, Untuk rangkaian adaptornya bisa mempergunakan Trafo, Dioda dan Elco serta Rangkaian di atas, namun jika memungkinkan Mas Dikdik bisa mempergunakan Trafo Adaptor (sudah jadi) merek "Matahri" atau yang sejenis, karena jenis Adaptor tersebut mempunyai Arus dan Tegangan lebih Stabil serta Multifungsi (bisa digunakan beragam keperluan percobaan perangkat elektronik)/ Serbaguna..

Jika Mas Dikdik ingin merakit sendiri seperti keterangan pada halaman diatas, bisa mempergunakan rangkaian Komponen dan Rangkaian tersebut di atas, tanpa harus mempergunakan rangkaian "Power Stabilizer", jadi hanya Trafo (1 atau 2 Amp) + Bridge Rect (4 x dioda) dan Elco 1000mF hingga 4700mF / 16V. Pilih Tegangan 4.5V yang terdapat pada body trafo tersebut. Sayangnya kami tidak dapat melihat langsung, bagaimana posisi mobil mobilan tersebut dengan Track (sirkuit) nya, namun umumnya semakin besar Beban yang digunakan, akan semakin kuat juga Arus (Ampere) yang di butuhkan.. tapi kami menyarankan agar menggunakan trafo maksimum 3 Amp saja, karena kalau terlalu kuat arus, mungkin bisa mengakibatkan kawat lilitan pada Dinamo Mobil mobilan tersebut cepat rusak, kira begitu gambarannya Mas Dikdik.. Semoga bisa Membantu ;)

Thks mas, sangat jelas penjelasan nya untuk saya yang awam ini.

Sama 1 lagi mas, jika pas mati lampu saya coba pake aki 12v, rangkaian seperti apa yg di perlukan untuk menurunkan voltase dari 12v ke 4.5/4.8??

Jika mempergunakan Aki DC 12V, kita bisa gunakan Rangkaian "Power Stabilizer" pada Adaptor (sebagaimana bagian akhir pada Artikel di atas), Tegangan + dan - (dari Aki) tersebut masuk ke rangkaian "Power Stabilizer" tersebut, namun untuk IC DC1 LM 7812 nya diganti dengan LM 7805, sehingga Tegangan Outputnya menjadi DC 5V.. jika Tr 2N3055 terlalu panas.. pada jalur C bisa diputus, kemudian pasangkan R 0,5 Ohm/ 5 Watt untuk menghubungkan kembali jalur C tsb ke tegangan + utama (Jalur + pada Aki), jika Tr 2N3055 masih panas, mungkin bisa ditambah lagi Tr 2N3055 (2 hingga 4 x Tr), di pasang secara paralel (kedudukan/ posisi yang sama)... kira kira begitu Mas Dikdik.. Tks juga sama sama.. ;)

Mas aku punya tv samsung model:CS-29Z70MN gejalanx mati total mas,yang harus di ganti apanx yah mas... tolong dong mas saya mau ganti dioda pengahantar yang 4 biji tapi diodanx polos ngga ada simbol/angkanx...

Mas aku punya tv samsung model:CS-29Z70MN gejalanx mati total mas,yang harus di ganti apanx yah mas... tolong dong mas saya mau ganti dioda pengahantar yang 4 biji tapi diodanx polos ngga ada simbol/angkanx...

Mas aku punya tv samsung model:CS-29Z70MN gejalanx mati total mas,yang harus di ganti apanx yah mas... tolong dong mas saya mau ganti dioda pengahantar yang 4 biji tapi diodanx polos ngga ada simbol/angkanx...

Untuk TV Samsung.. Yang di maksud Dioda untuk rangkaian Bridge Rectifier pada Power Regulatornya ya Riank'anggara317, kalau memang benar Dioda Bridge Rect nya, di ganti menggunakan dengan Dioda Bridge dari bekas mesin TV lain juga tidak terlalu berpengaruh juga Mas Riank'anggara317, untuk Kerusakan Regulator Power Supply ini, sebagai gambarannya.. Mas Riank'anggara mungkin bisa lihat di halaman - http://www.deepmechines.com/2015/08/beberapa-penyebab-kerusakan-power.html - Jika kurang jelas.. silakan di komentari.. mungkin kami bisa membantu.. Tks.

Kerusakan Mati Totalnya yang seperti apa Mas Riank'anggara317, apakah Mati Total karena Short ataukah Standby atau seperti apa? jika Mati Total karena Short (Korslet) tegangan, bisa jadi disebabkan oleh Dioda Bridge nya, jika Dioda Bridgenya (pada bagian Power Supply Regulator) masih Normal, boleh jadi STR nya yang bermasalah/ rusak (biasanya TV SAMSUNG menggunakan STR pada bagian Regulator Power Supplynya)..

Cek juga Komponen pada bagian Keluaran (Output) Tegangan pada Regulator Power Supply pada Mesin TV Samsung tersebut, terutama Dioda Perata tegangan untuk Horizontalnya (kisaran DC + 115V hingga 127V, kalau tidak salah), dan Cek juga TR Horizontalnya.. Kerusakan Short kedua Komponen tersebut dapat Mengakibatkan TV Mati Total juga..

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top