Belajar Cara Membuat/Merakit Adaptor Sederhana


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Adaptor adalah Catu Daya dan/atau termasuk Power Supply (Universal) Sederhana/Dasar, teknik perakitannya pun tidak terlalu rumit, karena hanya membutuhkan komponen dasar yang sangat umum beredar di pasaran. Penggunaan Adaptor inipun hanya di gunakan sebagai bahan praktik umum, ketika melakukan percobaan dan perbaikan perangkat elektronika, seperti: radio, rangkaian lampu led, alat mainan elektronik untuk anak anak dan lain sebagainya.


Belajar Membuat/Merakit Sendiri Adaptor Sederhana



Perunjuk Cara Merakit / Membuat Adaptor Sederhana
Trafo Adaptor dengan Kuat Arus 1 Ampere
Sebuah Adaptor mempunyai tegangan, arus dan daya keluaran rendah, berkisar dari 3V, 4.5V, 6V, 7.5V, 9V dan 12V, dengan daya pada yang mempunyai kuat arus lebih besar (5 hingga 7 Ampere), ada juga yang menggunakan di atas dari 12V, yaitu: 13.8V sering digunakan pada perangkat pemancar radio.

Adapun kali ini, kita dapat "Belajar Merakit/Membuat sendiri sebuah Adaptor Sederhana", menggunakan komponen elektronik sederhana juga, seperti berikut di bawah ini:



Komponen Adaptor Sederhana


* Trafo 1 Ampere - Keterangan mengenai komponen, pada halaman: "Pengertian Umum Trafo (Transformator), Adaptor dan Power Supply".
* Dioda 1 Ampere (1N 4001 / 1N 4002 atau yang sejenis) - Keterangan dan Fungsi mengenai komponen Dioda ini ada pada halaman: "Elektronika Dasar - Komponen Dioda".
* Elco 1000mF atau 2200mF/16V - Keterangan dan Fungsi mengenai komponen Elco ini ada pada halaman: "Perbandingan antara Elco (Electrolyte Condensator) dan Kapasitor".
* Kabel + Steker atau bisa juga menggunakan kabel yang sudah jadi (kabel Chord).
* Kabel + Penjepit buaya atau bisa juga menggunakan kabel yang sudah jadi berupa kabel Jack untuk DC atau sesuai dengan keperluan.


Proses Pengerjaan/Perakitan "Adaptor Sederhana"


1. Sambungkan Kabel Chord (menggunakan Solder) ke kumparan Primer Trafo, yaitu pada pin: 0V dan 220V (sesuai tegangan listrik yang ada), seperti terlihat pada gambar di bawah:

Cara Merakit / Membuat Adaptor Sederhana
Input AC 0 ~ 220 Volt (Kumparan Primer Trafo)
2. Selanjutnya.. pasang juga kedua komponen Dioda dan Elco pada Kumparan Sekunder trafo, yaitu: Pin 0 Volt terhubung langsung dengan polaritas Negatif Elco, sekaligus sebagai Ground (kutub Negatif / -) adaptor.dan Polaritas Positif elco sebagai (kutub Positif / +) pada adaptor, lihat gambar dan keterangan di bawah:

Cara Belajar Merakit Adaptor untuk Pemula
Output DC 3V - 12V (Kumparan Sekunder Trafo)
* Ground adalah Kutub Negatif Adaptor (serupa dengan kutub (-) pada baterai)
* Positif adalah Kutub Positf Adaptor (serupa dengan kutub (+) pada baterai)
* Penentu Tegangan adalah yang menentukan tegangan yang di butuhkan, yang tertera pada body trafo tersebut, sebagai contoh: Jika membutuhkan Tegangan 3V, maka kaki Dioda tersebut harus di hubungkan ke pin 3V dan begitu seterusnya.

Lihat Pin terminal 3V, 4.5V, 6V, 9V dan 12V yang tertera pada body Tansformator (Trafo) 1 Ampere tersebut.
Cara Merakit dan Membuat Sendiri Tafo Adaptor Sederhana
Trafo Adaptor Sederhana (Dasar)
Hubungkan titik Merah (kaki Dioda) ke salah satu titik Biru, sesuai dengan tegangan yang di inginkan, dalam praktik nya., kita juga dapat menggunakan sebuah saklar putar (Rotary Swich) agar dapat memilih salah satu tegangan yang di perlukan, hanya dengan memutar saklar tersebut. lihat tentang "Dioda" ini pada halaman terdahulu: "Elektronika Dasar (Komponen) Dioda".
Gambar Cara Mudah Merakit Adaptor untuk Pemula
Skema/Diagram Adaptor Sederhana dengan 1 Tegangan Output
Gambar Skema Adaptor Sederhana untuk 2 Sumber Tegangan Berbeda
Skema/Diagram Adaptor Sederhana dengan 2 Tegangan Output (bisa digunakan untuk 2 kebutuhan tegangan yang berbeda)
Untuk rangkaian yang lebih baik lagi, dapat mempergunakan sistem "Bridge Rectifier" yang terdiri dari 4 buah Dioda (0.5Amp - 2Amp) 1N 4001 / 1N 4002 / 1N 4007, sebagaimana gambaran berikut dibawah ini:


Rangkaian Adaptor 2 buah Dioda (CT)
Adaptor Sederhana dengan 4 buah Dioda (Bridge Rect) dan 2 buah Dioda (CT)

Catatan:
  • Rangkaian di atas adalah Rangkaian Adaptor sangat sederhana dan merupakan Dasar dari sebuah Power Supply yang menggunakan Trafo Penyesuai (Adaptor) tegangan rendah.

Rangkaian "Power Stabilizer" pada Adaptor


"Power Stabilizer" ini untuk menghasilkan Arus dan Perataan Tegangan menjadi lebih Halus dan Stabil "Power Stabilizer" ini digunakan hanya untuk Adaptor yang hanya menggunakan tegangan "tertentu", seperti: 12V saja, 9V atau 5V saja, lihat pada gambar diagram berikut di bawah ini:


Gambar IC DC dan TR 2N3055
IC DC dan Transistor 2N3055
Belajar Merakit Adaptor sederhana dengan Stabilizer
Skematik Diagram "Power Stabilizer" untuk Adaptor / Power Supply
  • DC Input - Tegangan DC yang keluar pada Adaptor sederhana tersebut di atas, di masukan lagi kerangkaian Stabilizer ini, Hubungkan Tegangan + adaptor ke + rangkaian Stabilizer ini, begitu juga Jalur - Adaptor ke Jalur - (Ground) pada rangkaian Stabilizer ini. "DC Input umun digunakan Lebih Tinggi dari Tegangan Outputnya", sebagai Contoh: DC Input: 15V maka tegangan yang keluar (Ouput) tetap konstan 12V (stabil),sehingga jika terjadi turun naik tegangan listrik tidak akan terlalu berpengaruh.
  • IC DC 1 pada rangkaian di atas menggunakan "LM 7812" yang berarti tegangan yang di hasilkan pada DC Outputnya adalah: 12V, ganti LM 7812 tersebut dengan LM 7809 jika menginginkan tegangan yang dihasilkan adalah: 9V, atau LM 7805 jika menginginkan tegangan yang di hasilkan adalah: 5V, jadi "dua digit terakhir" pada pada IC DC 1 tersebut adalah "kode" tegangan yang dihasilkan.
  • TR 2N3055 ini adalah Transistor yang berfungsi sebagai Penguat dan Perata Arus dan Tegangan pada rangkaian "Adaptor Stabilizer" di atas, sehingga menghasilkan Arus dan Tegangan yang lebih halus, tambahkan pelat Pendingin yang khusus untuk transistor tersebut, agar transistor tidak terlalu panas serta tidak cepat rusak.
  • DC Output Stabilizer - DC Output yang keluar pada Stabilizer ini sudah benar benar rata dan stabil.


Untuk Penggunaan Audio Mixer, Tone Control dll, umumnya menggunakan "Power Stabilzer" IC DC 7809/7909, 7812/7912 dan 7815/7915, lihat selengkapnya pada halaman: Merakit Sendiri Adaptor 3 Output menggunakan IC DC 7815 dan 7915.

Contoh Rangkaian "Power Stabilizer untuk Adaptor Sederhana menggunakan IC DC: LM 7805 dan TR Power: D313 + Pembatas Arus R: 2.2Ω / 2W"


Merakit Sendiri Power Stabilizer Sederhana utnuk Adaptor
Rangkaian Adaptor Power Stabilizer sederhana

Keterangan Gambar:


  • Ganti IC DC LM 7805 (5V) sesuai dengan Tegangan yang di inginkan!
  • Ganti Tr Power D313 dengan 2N3055 + Heatsink (Plat Pendingin) sesuai dengan Posisi kaki: B (Basis), C (Kolektor) dan E (Emittor), sebagaimana kedudukannya pada gambar di atas.
  • Ganti R: 2.2Ω / 2W dengan 0.5Ω - 4.7Ω / 5W, jika menggunakan Tr Power 2N3055 untuk penggunaan beban yang lebih besar.

Catatan Tambahan:
  1. Semakin Banyak Penggunaan / Beban, maka akan Membutuhkan Arus (Ampere) yang yang lebih Besar pula. Contoh pada penggunaan 1 / 2 / 3 / 4 atau 5 Perangkat sekaligus (semisal Efek Gitar dll), maka perlu diperhitungkan untuk memperbesar Arus/Ampere yang di gunakan, semisal: 2A atau 3A (A = Ampere), namun jika hanya mempergunakan 1 Perangkat saja, maka: menggunakan Trafo 1 Ampere adalah sudah cukup memadai.
  2. Untuk Penggunaan pada Peralatan/Perangkat Digital yang berhubungan dengan Audio, maka diperlukan Tingkat Perataan yang lebih Sempurna untuk menekan bunyi Dengung, akibat perataan tidak sempurna pada Adaptor tersebut, oleh karena itulah, maka diperlukan "Rangkaian Stabilizer".
  3. Rangkaian Stabilizer mungkin ada juga yang beredar di Pasaran, atau bisa juga merakitnya sebagaimana rangkaian "Power Stabilizer" sederhana (sudah cukup memadai) di atas, atau bisa juga menggunakan "Power Supply/AC Matic" (jika tersedia di pasaran) yang mempunyai tegangan Output (Tegangan dan Arus) sesuai dengan yang diperlukan (dalam hal ini jenis "Power Supply/AC matic adalah lebih baik, karena memiliki "rangkaian dan perata arus" yang lebih halus dan sempurna).
Halaman terkait: 
  1. Belajar Merakit Sendiri Adaptor Sederhana menggunakan Trafo 350mA
  2. Diagram Rangkaian Power Adaptor Stabilizer - Tegangan DC 4.5V hingga 13.8V
  3. Adaptor Sederhana dengan 4 x Dioda (Bridge Rect)



60 Komentar untuk "Belajar Cara Membuat/Merakit Adaptor Sederhana"

Punya keahlian sendiri dalam dunia elektronic jadi ga usah bingung" beli peralatana ya mas??

haha.. benar sekali Mbak Alvi, elektronik memang Hoby saya dari semenjak saya sekolah, hingga sekarang saya msh menjalani Hoby tsb, btw.. tks atas kunjungan dan komentarnya :)

mohon bantuannya...
adaptor tv led (china )12V/4.2A sistem switcing saya mati, pdhl br 1 bulan, mohon infonya, saya mau buat rangkaian sendiri yang sesuai dgn adaptor trsbt dengan menggunakan trafo, apa saja kebutuhan komponennya dan mohon gambar rangkaiannya, mohon maaf kalo terlalu banyak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Kalau Adaptor yang menggunakan System Switching, untuk hasil lebih bagusnya ganti dengan Power Switching juga gan, pengalaman saya.. ketika TV LED tersebut mengalami kerusakan pada adaptornya, saya menggantinya dengan jenis Power Supply Universal (adaptor untuk laptop), namun mengunci (Switch) teganganya pada DC 12V, namun jika agan ingin merakit sendiri, mungkin bisa mempergunakan Trafo 3 Ampere + Dioda 1N5401 (4 x - buat rangkaian Dioda tsb dengan sistem "Bridge Rect), sebagai referensinya agan dapat lihat halaman "http://www.deepmechines.com/2015/09/merakit-adaptor-sederhana-dengan-4-buah.html" + Rangkaian Power Stabilizer untuk 12V (mungkin agan dapat, mencoba menanyakan rangkaian "Power Stabilizer" tsb, pada Toko toko yang menjual Sparepart Elektronik yang terdekat dengan tempat tinggal agan..), jika tidak ada.. agan dapat membuat rangkaian "Power Stabilizer" sebagaimana yang terdapat pada halaman di atas, kira kira begitu gan, semoga dapat membantu dan tks sudah berkunjung dan memberi komentar.. :)

terima kasih banyak info dan bantuannya mas, akan saya coba...

mas, kalau pakai trafo yang 5 Ampere bisa gak, saya sudah ada, ampere yang keluar kegedean apa gak..??

Bisa aja agan pake yang 5Amp, cuman resikonya terlalu gede, dalam arti.. apabila terjadi kerusakan pada bagian TR Output (jebolnya TR Output tsb) "Power/Regulator Stabilizer"nya, maka arus yang besar akan langsung masuk pada rangkaian Mesin, yang mungkin bisa menyebabkan kerusakan lebih fatal/besar pada perangkat TV LCD LED agan, saran saya.. akan lebih baik jika menurut ukuran standar saja, karena untuk perangkat Digital akan membutuhkan rangkaian "Power Supply" yang lebih sempurna untuk Keamaanan penggunaannya, kira kira begitu menurut pendapat saya gan.. kami terbuka jika ada rekan lain, yang mungkin bisa menambahkan..

Jika mempergunakan Trafo 5Amp mungkin agan harus mempergunakan "Power Regulator Stabilizer" untuk trafo 5A - 7Amp yang benar benar sempurna, sebagai contoh: "Adaptor merek MATAHRI" yang mempunyai rangkaian Stabilizer yang sangat baik serta aman.

terima kasih banyak infonya mas, kalau dgn trafo 3A, untuk ELco ukuran yang pas brp mas, kalau pakai 4700mF/16V 2 buah bagus gak..??

Untuk Elco Filter bagian depan (bagian Bridge Rect-nya/bisa juga menggunakan 2 buah Dioda saja, jika Trafonya menggunakan CT) makin besar kapasitasnya makin bagus, bisa mempergunakan 4700mF/50V, 6800mF/50V dengan arus(INPUT) nya adalah AC 15V, sedangkan Elco bagian belakang "Stabilizer" DC 12V (OUTPUT) nya, dapat mempergunakan yang lebih kecil, 2200mF/16V, 3300mF/16V, bahkan mempergunakan kapasitas 1000mF/16V juga tidak terlalu berpengaruh, karena Arus yang keluar sudah benar benar halus (rata) dan Stabil, tks.. sama sama gan.. :)

terima kasih banyak atas info dan bantuannya mas, sangat membantu sekali, salam persahabatan...

tks.. sama sama gan, salam persahabatan juga..

Mas numpang tanya, saya mau tanya, klo saya mau buat adaptor output 4,8V dgn 5/lebih output butuh Travo berapa amper dan dioda, elco ukuran berapa?? Maaf saya awam Sekali dlm dunia elektro, tp gak ada yg bisa ajarin scr lgsg.

Adaptor dengan Tegangan Output 4.8V, untuk penggunaan 5 x (atau lebih) Output, untuk perangkat apa.. kalau boleh tau Mas Dikdik? siapa tau kami bisa bantu.. ;)

Saya juga masih belajar dalam tulis menulis di blog ini, tapi , kami akan coba lagi membuat Tutorial sederhana lagi, terkait rangkaian Adaptor ini pada Waktu dan Kesempatan berikutnya, sebatas kemampuan dan pengetahuan kami saja.. Tks Mas Dikdik atas kunjungan dan komentarnya.. ;)

Untuk Dinamo mobil remot mas, saya mau coba jalankan 5mobil remot di 1track, tp tdk pakai baterai, sy mw coba pake listrik atau aki yg saya hubungkn di track nya. Intinya untuk 5 Dinamo mobil2an dgn baterai 4.8/4.5 biar bs muter maksimal bth brp ampere?

Ok.. untuk Dinamo Mobil mobilan umumnya bisa mempergunakan 1 hingga 2 Amp tergantung Dynamo tersebut masih standar apa tidak, dalam arti kawat lilitan pada dinamo tersebut belum di rubah ataupun ditambah, Untuk rangkaian adaptornya bisa mempergunakan Trafo, Dioda dan Elco serta Rangkaian di atas, namun jika memungkinkan Mas Dikdik bisa mempergunakan Trafo Adaptor (sudah jadi) merek "Matahri" atau yang sejenis, karena jenis Adaptor tersebut mempunyai Arus dan Tegangan lebih Stabil serta Multifungsi (bisa digunakan beragam keperluan percobaan perangkat elektronik)/ Serbaguna..

Jika Mas Dikdik ingin merakit sendiri seperti keterangan pada halaman diatas, bisa mempergunakan rangkaian Komponen dan Rangkaian tersebut di atas, tanpa harus mempergunakan rangkaian "Power Stabilizer", jadi hanya Trafo (1 atau 2 Amp) + Bridge Rect (4 x dioda) dan Elco 1000mF hingga 4700mF / 16V. Pilih Tegangan 4.5V yang terdapat pada body trafo tersebut. Sayangnya kami tidak dapat melihat langsung, bagaimana posisi mobil mobilan tersebut dengan Track (sirkuit) nya, namun umumnya semakin besar Beban yang digunakan, akan semakin kuat juga Arus (Ampere) yang di butuhkan.. tapi kami menyarankan agar menggunakan trafo maksimum 3 Amp saja, karena kalau terlalu kuat arus, mungkin bisa mengakibatkan kawat lilitan pada Dinamo Mobil mobilan tersebut cepat rusak, kira begitu gambarannya Mas Dikdik.. Semoga bisa Membantu ;)

Thks mas, sangat jelas penjelasan nya untuk saya yang awam ini.

Sama 1 lagi mas, jika pas mati lampu saya coba pake aki 12v, rangkaian seperti apa yg di perlukan untuk menurunkan voltase dari 12v ke 4.5/4.8??

Jika mempergunakan Aki DC 12V, kita bisa gunakan Rangkaian "Power Stabilizer" pada Adaptor (sebagaimana bagian akhir pada Artikel di atas), Tegangan + dan - (dari Aki) tersebut masuk ke rangkaian "Power Stabilizer" tersebut, namun untuk IC DC1 LM 7812 nya diganti dengan LM 7805, sehingga Tegangan Outputnya menjadi DC 5V.. jika Tr 2N3055 terlalu panas.. pada jalur C bisa diputus, kemudian pasangkan R 0,5 Ohm/ 5 Watt untuk menghubungkan kembali jalur C tsb ke tegangan + utama (Jalur + pada Aki), jika Tr 2N3055 masih panas, mungkin bisa ditambah lagi Tr 2N3055 (2 hingga 4 x Tr), di pasang secara paralel (kedudukan/ posisi yang sama)... kira kira begitu Mas Dikdik.. Tks juga sama sama.. ;)

Mas aku punya tv samsung model:CS-29Z70MN gejalanx mati total mas,yang harus di ganti apanx yah mas... tolong dong mas saya mau ganti dioda pengahantar yang 4 biji tapi diodanx polos ngga ada simbol/angkanx...

Mas aku punya tv samsung model:CS-29Z70MN gejalanx mati total mas,yang harus di ganti apanx yah mas... tolong dong mas saya mau ganti dioda pengahantar yang 4 biji tapi diodanx polos ngga ada simbol/angkanx...

Mas aku punya tv samsung model:CS-29Z70MN gejalanx mati total mas,yang harus di ganti apanx yah mas... tolong dong mas saya mau ganti dioda pengahantar yang 4 biji tapi diodanx polos ngga ada simbol/angkanx...

Untuk TV Samsung.. Yang di maksud Dioda untuk rangkaian Bridge Rectifier pada Power Regulatornya ya Riank'anggara317, kalau memang benar Dioda Bridge Rect nya, di ganti menggunakan dengan Dioda Bridge dari bekas mesin TV lain juga tidak terlalu berpengaruh juga Mas Riank'anggara317, untuk Kerusakan Regulator Power Supply ini, sebagai gambarannya.. Mas Riank'anggara mungkin bisa lihat di halaman - http://www.deepmechines.com/2015/08/beberapa-penyebab-kerusakan-power.html - Jika kurang jelas.. silakan di komentari.. mungkin kami bisa membantu.. Tks.

Kerusakan Mati Totalnya yang seperti apa Mas Riank'anggara317, apakah Mati Total karena Short ataukah Standby atau seperti apa? jika Mati Total karena Short (Korslet) tegangan, bisa jadi disebabkan oleh Dioda Bridge nya, jika Dioda Bridgenya (pada bagian Power Supply Regulator) masih Normal, boleh jadi STR nya yang bermasalah/ rusak (biasanya TV SAMSUNG menggunakan STR pada bagian Regulator Power Supplynya)..

Cek juga Komponen pada bagian Keluaran (Output) Tegangan pada Regulator Power Supply pada Mesin TV Samsung tersebut, terutama Dioda Perata tegangan untuk Horizontalnya (kisaran DC + 115V hingga 127V, kalau tidak salah), dan Cek juga TR Horizontalnya.. Kerusakan Short kedua Komponen tersebut dapat Mengakibatkan TV Mati Total juga..

saya mas punya travo5 amper,apa aja bahan utk bisa buat adaptor utk hidupin power sonsistem yg hanya perlu tegangan 12volt..?ditunggu jawabanya ya mas

Mas Yuni dapat lihat "skema" gambar 7 di atas, di situ ada 2 rangkaian dasar Adaptor untuk 2 jenis Trafo yang digunakan, yaitu: ada yang menggunakan 2 Buah Dioda + Elco 1000mF-4700mF/16V-25V untuk Trafo CT, dan ada juga yang menggunakan 4 buah Dioda + Elco Elco 1000mF-4700mF/16V-25V untuk Trafo biasa..

Untuk hasil yang lebih baik, maka di perlukan rangkaian tambahan, yaitu: Stabilizer yang terdiri IC DC LM 7812 dan TR 2N3055 + Pelat pendingin serta komponen pendukung lainnya, beberapa penyesuaian bisa saja di lakukan, tergantung spesifikasi Power Sound System tersebut, kira kira begitu Gan..

Gan mt mau tanya klu bikin power supplay buat spiker aktif itu yg bagus berapa apere y,trs bahan yg di bthkn ap saja ya gan,beserta ukuranya,,?

Tergantung Rangkaian dan Kekuatan dari Speaker Aktif itu sendiri gan, tapi Umumnya Speker Aktif Rumahan menggunakan Power dan Trafo yang tidak terlalu besar, berkisar 2 - 7 Ampere saja, terkait pertanyaan agan di atas.. ini akan menjadi masukan untuk menjadi Bahan Posting berikutnya, tentang rangkaian "Power / Speaker Aktif", jadi.. tunggu ya gan.. artikel berikutnya di blog ini.. kami coba kumpulkan bahan bahan untuk postingnya dulu.. yang siapa tau dapat bermanfaat juga buat rekan rekan lainnya.. Tks atas kunjungan dan komentarnya.. selamat beraktifitas dan salam ;)

Salam kenal gan aku hoby bongkar elektronik tpi sampai ini blum faham
Umpat belajar kwlah nyaman kudtangi brp byar sampai bisa

Ini agan kayaknya Urang Banjar kah? lamun kawa datang aj kesini.. atawa mun handak batukar pendapat kawa aj jua via chat.. di: FB: DeepMechines Blog, mudahan mudahan kawa bermanfaat gan.. ;)

Ini blog gasan berbagi pengalaman aj gan, ana belajar otodidak aj, mun agan bisa kesini datang aj.. siapa tahu kita dapat bekerja sama gan.. ;)

Amun ada usulan, mulai mana kami maulah postingan, terkait: Kategori: Elektronika Dasar ini, supaya nyaman jua, di pahami gasan bubuhan pemula, beri jua usulannya di form komentar ini, gasan bahan posting nang kainanya.. Tks ;)

Sekedar di ketahui aj gan.. ada beberapa alasan kami, kenapa blog ini memuat postingan tentang "Perbaikan / Belajar Elektonika", hal ini di karenakan: Saya sdh cukup lama bergelut di bidang Perbaikan elektronika ini, yakni dimulai sekitar th 1995-an hingga sekarang, sehingga sudah saatnya saya, mempersiapkan untuk meninggalkan "Profesi" ini dan sudah memulai "Profesi Baru" yang mungkin juga akan menjadi profesi terakhir saya, oleh karena itu.. saya tidak ingin pengalaman kerja di bidang elektronika ini menguap atau hilang begitu saja, tanpa bermanfaat lagi bagi orang lain.. oleh karena itulah.. Kategori: Elektronika Dasar dan Kategori: Catatan Reparasi TV ini saya muat di blog ini.. yap.. kira kira kaya itulah ceritanya gan..

untuk pembuatan power supplay dengan menggunaka trafo 3 amper 220vac dan 24 vdc yg harus saya gunakan dioda berapa amper dan elko berapa vol?

rankayan uni untuk menghasilkan tegangan 12 vol dc.. ! mohon bantuanya?

Trafo 3 Amp / Tegangan 24V untuk Keperluan apa Kang, kalau boleh tau..? Untuk Trafo 3 Amp bisa menggunakan Dioda 1N5401 (4 X - Bridge Rect atau 2 x - jika menggunakan Trafo CT), untuk Elco bisa menggunakan 4700mF / 50V

Untuk Rangkaian Dasar-nya, coba cek lagi Kang.. "Gambar No. 7" di atas, untuk Tegangan AC (Sekunder) letakan pada pin " 0 ~ 12" untuk mendapatkan Tegangan Output 12V jg..

Jika menggunakan Trafo yang tersedia hanya 24V AC saja, sedangkan tegangan yang di butuhkan adalah DC 12V, maka dapat menggunakan IC DC LM 7812.. rangkaian sederhana-nya dapat dilihat sebagaimana gambar No. 9 pada halaman tersebut di atas.. karena Tegangan yang masuk cukup tinggi, kemungkinan IC DC LM 7812 akan lebih cepat panas, beri pelat pendingin komponen IC DC LM 7812 tersebut, begitu juga pada Transistor Penguat Arus (Tr: 2N 3055)-nya..

sy punya mixer 11 chanel rakitan, waktu pakai 2 mic suara bagus tapi klo pakai 4mic atau lebih suara gembret (bunyi pret.. pret). apa power suplainya kurang arus...? kira2 aman gak dikasih 5 amper.. mohon bantuannya. trims.

Untuk rangkaian Mixer Audio umumnya tidak memerlukan arus terlalu kuat, jadi berkisar 1 - 3 Amper saja, namun yang terpenting adalah Arus dan Tegangan yang di hasilkan oleh Power Supply nya..harus benar benar rata & stabil, untuk Audio Mixer rakitan biasanya menggunakan Power Supply "Simetris" yang terdiri dari 2 buah IC DC: LM 7812/7912 atau 7815/7915 ..

Untuk Audio Mixer rakitan (KIT Pasaran), jujur saja saya belum pernah merakit sendiri hingga 11 Channel seperti punya agan tsb, namun beberapa kali saya pernah memperbaiki "Audio Mixer" rakitan punya teman saya sendiri, dengan hasil yang terbilang Bagus meski tidak sesempurna Audio Mixer pabrikan, seperti: "Behringer" umpamanya..

Berdasarkan keterangan agan di atas.. jika hanya menggunakan 2 Mic (Input) suara yang keluar Bagus, namun jika menggunakan lebih dari 2 Mic maka Suara yang terdengar gembret, hal ini bisa jadi karena Over Modulasi.. jika disebabkan hal tersebut.. maka coba agan beri pembatas pada bagian Modul Mic Outnya menggunakan Resistor, begitu juga pada Modul Mic yang lain.. dengan maksud agar tidak terjadi "Over Modulasi" jika memang penyebabnya karena Over Modulasi sebagaimana perkiraan saya.. mohon koreksi kalau saya salah gan.. ;)

Atau bisa juga diberi semacam pembagi/pembatas pada bagian Output Mixer Audio tersebut, sehingga tidak terjadi Over Modulasi pada Audio yang menuju ke Power Amplifier (jika rangkaian Audio Mixer ini, terhubung langsung ke Power Amplifier)..

Namun bisa jadi juga "Suara yang Terdengar" Gembret, sebagaimana agan sebutin di atas, di karenakan Arus dan Tegangan yang Kurang stabil, coba agan benahi lagi "Power Supply"nya, namun sebelum itu.. coba agan perhatikan lagi, apakah ketika hanya menggunakan 2 Input Mic tersebut, suara yang di hasilkan sudah benar benar bersih (tidak ada dengung/brooming)..? jika masih ada dengung coba agan benahi lagi "Power Supply"nya, namun jika Suara yang terdengar sudah benar benar bersih, agan bisa menggunakan trafo maksimal 5 Amp, tapi kami menyarankan untuk menggunakan Trafo 3 Amp saja dengan sistem "Stabilizer" yang lebih sempurna.. sebagai gambaran: Audio Mixer "Behringer" menggunakan Switching Power Supply, dengan Arus sekitar 3 Amp saja, sedangkan "Audio Prosesor" menggunakan "Toroid" sekitar 7 Amp.

"Audio Prosesor" yang saya sebutin di atas, sering digunakan pada perangkat "Pemancar FM" perangkat tersebut bisa juga digunakan pada Sound System. Audio Prosesor ini dipasang setelah "Audio Mixer' menuju ke Power Amplifer, sehingga Audio yang di hasilkan jauh lebih Stabil dan Sempurna... kira kira begitu gambarannya gan, Tks atas Kunjungan dan Komentarnya.. ;)

Mas klo buat menghidupkan dinamo motor sebaiknya memakai rangkaian yg mana yah

Dinamo Motor jenis apa dulu Mas Unknown ;), kalau Dinamo umumnya tidak menggunakan rangkaian (sirkuit) elektronika, jadi bisa menggunakan:

1. TRAFO (Ampere dan Voltase disesuaikan)
2. DIODA KEPROK (BRIDGE RECT) - (Ukuran disesuaikan dengan TRAFO yang dipergunakan).
3. ELCO (Kapasitas dan Voltase di sesuaikan).

Pada Body Dinamo sering terdapat "Kerangan" tentang: 1. Tegangan 2. Kuat Arus (Ampere), jadi gunakan ADAPTOR/POWER SUPLY dengan Tegangan dan Arus (Ampere) yang sesuai dengan keterangan pada body Dinamo tersebut.

wuih detail sekali...
terimakasih banyak mas. sangat puas dan membantu. ternyata benar kurang arus...
semoga rezqi mas lancar.. amiiin

Wah..Saya senang sekali jika Artikel di atas bisa bermanfaat, Terima Kasih juga atas Do'a-nya, Semoga Sehat sekeluarga, Tambah Berkah juga Usaha-nya Mas Irfan, Salam Sahabat ;)

Gan mau nanya kalo travo 5 v langsung di hubungkan ke power apakah bisa mohon balasannya trma kasih tolong sms jawabannya ke 085782757448 di tunggu mksh

DeepMechines Blog FB Page - Ok.. Bang Dicky, Sudah saya balas di FB Page kami: ➤ Gan mau nanya kalo travo 5 v langsung di hubungkan ke power apakah..

Travo 5 a saya kasih dioda 1 elco 1 tpi ga ada setrum sama sekli apa tu yg salah masalah penyolderan saya rasa sudah benar

Oh ya.. Trafo untuk Keperluan perangkat "POWER MOBIL +SUBWOOFER" buatan Pabrik (built-up), Umumnya menggunakan Trafo 5A - 10A / DC 12V, Saran saya lebih baik menggunakan Power Supply / Adaptor 5A - 7A yang sudah menggunakan sistem Regulator, seperti Adaptor jadul merek "MATAHRI" atau yang sejenisnya

Jika tidak ada, Kang Asep bisa merakit sendiri, Menggunakan Trafo 5A yang sudah ada, namun untuk keperluan "POWER MOBIL + SUBWOOFER", saran saya.. Rangkai untuk Diodanya, lebih baik menggunakan 4 Buah Dioda (Bridge Rectifier), atau Dioda Keprok untuk Trafo 5 - 7 Amp, untuk Elco bisa menggunakan 4700mF/16V, Jika sudah selesai, Lakukan Pengetesan.. menggunakan AVOmeter untuk Memastikan Tegangan 12V yang keluar..

Pada Perangkat "TAPE / POWER MOBIL" Input Tegangan menggunakan "Kode" + (Positif) | REM (remote) | - (Ground).

Sambungkan REM (remote) ke Tegangan (+), agar System dapat Menghidupkan Perangkat "TAPE / POWER MOBIL" tersebut.

izin save dan share ya bang.. lagi belajar rakit adaptor.

service ac bsd


Back To Top