Kostum Pencarian by Google


Cara Pasang Gacun Power Switching pada Perangkat Televisi (TV)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Bagi kalangan Teknisi TV, Power Switching merek "Gacun" ini, mungkin sudah tidak asing lagi mendengarnya, ya.. Power Swiching "Gacun" ini disebut juga dengan "Universal Power Supply Module" adalah sebagai alternatif lain, ketika Power Supply pada sebuah Perangkat Elektronik (TV, Digital Receiver, DVD, Speaker Aktif dll) tersebut, sudah terlalu/cukup sulit untuk di perbaiki, maka.. Power Switching "Gacun" ini, bisa di jadikan sebagai Alternatif pengganti Power Supply pada Perangkat elektronik tersebut. Power Switching/Regulator merek Gacun ini mempergunakan Power MosFET K1162, K1164 atau yang sejenis untuk Televisi 14" -21", dan MosFET TRF P450 atau yang sejenis untuk Televisi 25" hingga 29".

Cara Mudah Memasang Gacun Power Switching pada Perangkat Televisi (TV)


Cara Memasang Power Switching Gacun pada Perangkat Televisi
Power Switching merek"Gacun"

Beberapa Keuntungan menggunakan Power Switching "Gacun" ini adalah:

  • Proses pengerjaan relatif singkat (10 hingga 30 Menit), sehingga akan lebih menghemat waktu.
  • Desain Power Switching "Gacun" ini, lebih kecil dengan sedikit kabel, sehingga penempatan posisi lebih mudah dan simpel.
  • Tegangan berjalan simetris, sehingga apabila tegangan utama (B+) di set (dengan cara memutar Trimpot) sesuai dengan standar, maka tegangan pengikut (tegangan untuk rangkaian Program, Video, Audio), akan sesuai pula dengan standar (tidak over voltage/kelebihan tegangan pada salah satunya).

Petunjuk singkat Cara Memasang Power Switching "Gacun" pada sebuah Perangkat Televisi (TV)


Jika terjadi kerusakan Power Supply/Power Regulator pada perangkat televisi, kemudian di rasa mungkin sudah sangat/cukup sulit untuk di perbaiki lagi, terlebih lagi si Pengguna (User) TV tersebut, ingin secepatnya televisi tersebut selesai di perbaiki, maka.. Memasang Power Switching "Gacun", ini adalah salah satu jalan untuk itu. Pada kali ini, kami mendapatkan bahan percobaan sebuah Televisi merek Polytron 14-Inch dengan Model: PN 14123KA.

Harap di catat..! bahwa: Televisi merek Polytron, mempunyai daya pompa (Pump Efect) yang cukup kuat pada Audio, karena memiliki Daya Power Audio (Watt) yang cukup besar, terutama pada rangkaian Sub-woofer nya, sehingga.. kekuatan dan kestabilan Power Supply bawaan adalah lebih baik, namun jika terpaksa harus menggantinya, berikut langkah langkah pemasangan "Pemasangan Power Switching merek Gacun" tsb.
  • Lepaskan Transistor/Fet Utama yang ada pada pada Power Regulator TV tersebut.
Petunjuk Cara Memasang Power Switching Gacun pada Perangkat Televisi
Power Regulator TV Polytron 14" Model: PN 14123KA
  • Pada lobang (hole) Collector (Transistor) atau pada lobang (hole) Drain (jika power regulator tersebut menggunakan jenis Mosfet/Fet), umumnya pada bagian tengah bekas kaki komponen tsb, kemudian.. hubungkan kabel berwarna Merah (pada Gacun) ke lobang (hole) tersebut, jika power regulator menggunakan jenis  STR, silakan cari titik "Drain (D)", Pin Drain (D) ini sama dengan Pin (kaki) Collector (C) pada Transistor tunggal. Titik ini terhubung ke jalur kisaran DC +300+400V setelah melalui kumparan (L1) utama trafo switching menuju kaki Elco (+) 150mF - 220mF / 400V - 450V.
  • Selanjutnya.. hubungkan kabel berwarna Hitam (pada Gacun) ke bagian Ground Power Regulator, seperti terlihat pada gambar di bawah ini: 
Petunjuk Pemasangan Power Switching Gacun pada Perangkat TV
Letak / Posisi Kabel "Power Switching" Gacun
  • Kabel Warna Biru adalah Feedback yang berfungsi untuk Umpan Balik agar Tegangan Output dapat Stabil, dengan Syarat: rangkaian Feedback ini masih dapat bekerja Normal, cara pemasangannya dapat di lihat pada "Skema Diagram" yang terdapat pada paket "Gacun" tersebut, pada jenis dan model sekarang ini ada juga mempergunakan 5 Kabel dan 7 Kabel, namun Kabel Biru tersebut dapat di offline kan, jika beban yang di butuhkan tidak terlalu besar. Penggunaan yang paling berpengaruh ketika sebuah mesin televisi mempergunakan daya yang cukup kuat, semisal: Audio Sub-woofer pada jenis TV Polytron 21-Inch ke atas, maka untuk mendapatkan hasil terlebih baik, maka KABEL FEEDBACK tersebut harus di pasang sesuai petunjuk yang terdapat pada paket "Gacun" tersebut, dan satu hal lagi, pemasangan tanpa menggunakan kabel biru ini, sama halnya dengan "Pemasangan Power Regulator" pada umumnya. sehingga dalam keadaan televisi standby, tegangan output akan masih ada, sehingga kami menyarankan.. agar televisi di off kan saja (melalui saklar utama), JIKA tidak dipergunakan, kabel biru ini merupakan kabel remote.. dimana ketika kabel biru ini di Nol kan maka tegangan juga akan Cut-off.
  • Sebelum pemasangan ke 2 Kabel di atas, pastikan setelan Trimpot berada pada pada posisi paling rendah (arah berlawan jarum jam), setelah itu.. baru pasangkan ke 2 Kabel posisi terlihat pada gambar dan petunjuk point 2 dan 3 di atas, jika kondisi mesin televisi tersebut "Normal", seharusnya televisi sudah dapat menyala kembali, dengan cara: Menaikan Tegangan (memutar Trimpot searah jarum jam) secara perlahan lahan.
  • Gunakan juga "Multitester" (Digital/Analog) untuk memastikan Tegangan yang keluar adalah sudah sesuai dengan yang seharusnya.
Harap perhatikan juga: lakukan pengerjaan ini dengan hati hati.! untuk mencegah Over Voltage (Kelebihan Tegangan) yang bisa menyebabkan kerusakan selanjutnya pada mesin televisi tsb.
  • Jika ternyata Televisi sudah dapat menyala Normal kembali, anda dapat memposisikan Power Switching Gacun ini, sesuai ruang yang terdapat pada mesin Televisi, berikut letak dan posisi gacun yamg telah kami pasang pada plat pendingin (Heatsink), yang terdapat pada Power Regulator TV Polytron 14" Model: PN 14123KA ini, seperti terlihat pada gambar di bawah:
Petunjuk dan Cara Pemasangan Power Switching Gacun pada TV
Power Switching "Gacun" yang sudah terpasang pada plat Pendingin (Heatsink) Power Supply TV Polytron 14" Model: PN 14123KA
Catatan Tambahan
  1. Cara Pemasangan "Power Switching" Gacun ini pada sebuah Perangkat Elektronik (TV, Digital Receiver, DVD, Speaker Aktif dll) adalah sama, yaitu: Dengan Cara "Melepas kaki TR/STR/FET dari Titik Tegangan B+ nya dan dan kemudian menghubungkan Kabel Merah (pada Gacun) ke Titik Tegangan B+ tsb, yang membedakannya adalah Ukuran/Kekuatan dari ""Power Switching" Gacun nya saja, sedangkan Kabel Hitam (pada Gacun) dihubungkan Ground Utama Power Supply Regulator yang terdapat pada Mesin TV tsb, sebagai gambaran.. pemasangan "Power Switching" merek Gacun ini pernah kami lakukan pada Power/Speaker Aktif merek Polytron model: Power Blaster + Double Woofer dengan hasil yang cukup memuaskan.
  2. Power Switching Gacun mempunyai ukuran tertentu, antara lain untuk TV dengan Ukuran: 14" - 21" | 25" - 29" | 32" dst.
  3. Power Switching (model / merek) Gacun ini, selain sebagai pengganti "Power Regulator TV", namun pada praktiknya, bisa juga di pergunakan untuk pengganti Power Regulator Digital Receiver, DVD, Speaker Aktif dll, sebagaimana telah disebutkan di atas, apabila perangkat tersebut menggunakan Power Supply jenis Regulator tegangan AC Automatic/Switching.
  4. Power Switching "Gacun" ini dapat juga  dipergunakan untuk memastikan Normal atau Tidak Normalnya  Tegangan yang keluar pada "Power Regulator" TV Polytron tersebut, sebagaimana pada halaman: "Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip".

Petunjuk Cara Mudah Pasang Gacun ke TV, Speaker Aktif dan Elektronik Lainnya
Power Switching "Gacun" pada Power Aktif "POLYTRON - POWER BLASTER"
Lihat juga halaman terkait Power Supply/Power Regulator/Power Switching dan Gacun ini pada halaman: " Beberapa Penyebab Mati Total pada Perangkat Televisi ", serta "Cara Pemasangan Power Swiching Gacun" ini pada sebuah LCD LED Monitor di halaman: "Kerusakan Korslet Monitor LCD Compaq CQ1569". Selain itu anda dapat mengunjungi catatan perbaikan "Kerusakan Mati Total TV SHARP 14" model: 14S20MS" yang mengalami kerusakan bagian Power Regulator yang sudah diganti dengan Switching Power "Gacun", serta Memperbaiki kembali Power Regulator Asli (bawaan) pada Mesin Televisi tersebut.


Share this article :

6 Komentar untuk "Cara Pasang Gacun Power Switching pada Perangkat Televisi (TV)"

Saya mau tukar pendapat bila memasang gacun,tidak perlu melepas trafo kh,untuk tv slim lg?
Sukadi

Masih tetap menggunakan Trafo bawaan dari Televisi tersebut gan.. cuma TR/FET nya saja yang di lepas dari rangkaian Power Regulator.. jika perlu lepaskan saja TR Drive & Osc nya, jika menggunakan IC bisa juga IC yang di lepas/di copot (meskipun tidak berpengaruh).. kira kira begitu gan..

gan, apakah cara ini bisa diterapkan pada tv SHARP 14 inch (14V20MS)?

Sepengetahuan saya T SHARP 14 inch Model: 14V20MS bisa di pasang "Gacun" ini, cuman harus hati hati aja gan..! sebaiknya Tegangan ke komponen IC DC "090RDA1" sebagai Pembagi Tegangan 5V (Program) dan 8V (IC Chroma) di lepas dulu, untuk mencegah Kerusakan FATAL, akibat tegangan berlebih..

Setelah Gacun terpasang, setel Trimpot perlahan lahan hingga Tegangan Horizontal mencapai 115V dan Tegangan Audio (berkisar 12V - 14V) dan Tegangan ke komponen IC DC "090RDA1" (dilepas dulu), IC DC ini sebagai kompnen Pembagi Tegangan 5V (Program) dan 8V (IC Chroma) berkisar 12V, jika tegangan sudah sesuai.. hubungkan kembali Tegangan ke komponen IC DC "090RDA1" ini.. Semoga Berhasil gan.. ;)

Model dan Seri TV SHARP yang agan sebutin di atas, dapat dilihat pada halaman: [http://www.deepmechines.com/2015/08/tv-sharp-14-inch-model-14a20ms.html] dengan kerusakan berbeda, yang mungkin dapat menjadi referensi juga.. semoga pekerjaannya cepat selesai gan... dan maaf jika ada kesalahan pada beberapa informasi tersebut di atas.. karena tidak terlalu ahli juga, melainkan hanya sebatas pengalaman saja.. Sukses selalu buat agan di sana ;)

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top