Kerusakan Korslet Komponen TV Sharp 21" 51WF200MS (Bag. 1)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


TV Sharp 21-Inch dengan Model 51WF200MS, demikian merek, ukuran diagonal layar dan model perangkat televisi tersebut dengan keluhan kerusakan "TV Sharp ini terkadang Menyala Normal, namun setelah menyala, beberapa saat kemudian Layar agak Bergerak gerak (seperti ada gangguan siaran) tiba tiba gelap dengan sendirinya, terkadang TV di getok getok dulu, baru kemudian dapat menyala terang kembali, begitu tutur sang Pemilik TV tersebut.

Berdasarkan Penuturan pemilik, kami beranggapan bahwa: Kerusakan mungkin di sebabkan oleh beberapa komponen yang rusak, sebenarnya kami sudah meminta untuk membawa Televisi tersebut ketempat kami besok hari saja, karena waktu itu sudah menjelang waktu Isya (malam), dan kamipun ingin Beristirahat dulu, namun karena si Pemilik begitu bersikeras minta di kontrolkan saja TV nya, malam ini juga, begitu pintanya.. akhirnya kami mengalah.. oke lah kalau memang demikian kerusakannya, mungkin hanya membutuhkan beberapa menit, karena jarak antara tempat kami bekerja memang tidak terjalu jauh (karena memang masih satu RT), begitu pikir kami. Akhirnya kami pun berangkat dengan membawa perangkat perbaikan seperlunya [bukan karena tidak serius, namun karena menganggap kerusakan tersebut mungkin tidak terlalu parah ;)



TV Sharp 21" 51WF200MS - Kerusakan Short (Korslet) Komponen



Kerusakan Korslet Komponen TV Sharp 21"  Model: 51WF200MS
Mesin TV Sharp - Model: 51WF200MS
Ternyata.. kali ini dugaan kami meleset lagi, memang ketika pertama kami membongkar dan memperhatikan mesin "TV Sharp 21-Inch dengan Model 51WF200MS" ini, terlihat beberapa titik kontak yang sudah mulai retak (loss contact), maklum.. televisi tersebut sudah sekitar 5 Tahun yang setelah kami perbaiki, baru sekarang rusak lagi.. begitu penuturan si Pemilik TV tersebut, kami pun mungkin sudah lupa.. apa yang kami lakukan 5 tahun yang lalu (blank hehe alias sudah lupa), akhirnya kami.. melanjutkan penelusuran terkait kerusakan televisi tersebut.

Tahap Pengerjaan
  • Seperti biasanya kami melakukan Solder Ulang (re-solder) di mana terlihat dan di curigai ada titik kontak yang terlepas (loss contact) pada jalur yang ada pada Papan mesin (PCB) TV tsb, selanjutnya.. kami coba ON-kan (menyalakan) dengan menekan Tombol Power pada TV, ya.. TV sekarang dapat menyala dengan seperti pada awal sebelum terjadi kerusakan.. kemudian tidak berselang 1 Menit kemudian, pet..!! Layar TV mendadak jadi Hitam, yang menandakan Heater dan Flyback berhenti bekerja.. namun kondisi TV tersebut masih dalam posisi ON,atau Lampu Led masih berwarna HIJAU, hal inilah yang cukup membingungkan, maka
  • Pelacakan kerusakan kembali di lanjutkan, dari semua tegangan yang ada:
    • Tegangan untuk Horizontal terukur Normal - 115V
    • Tegangan untuk Power Audio (Suara) Normal - sekitar 18V
    • Tegangan 5V dan 8V - untuk IC Program dan IC Chroma (berbentuk IC SMD) terukur juga Normal.
Setelah melakukan seperti pada ketiga Poin di atas, akhirnya kami mendapatkan titik terang, ketika sebuah Resistor (yang berfungsi sebagai Resistor Fuse (resistor yang berfungsi sebagai sekering) pada IC DC untuk ke 2 Tegangan 5V dan 8V) tersebut sangat panas, perhatian kami tertuju pada sebua Dioda Zener di dekat IC DC (komponen ini mempunyai 4 kaki, yaitu: 1. DC Out +5V, 2. Ground, 3. DC Out +9V, 4. DC Input +12V dengan kode nomor: 090RDA1 - Sharp), ya.. Dioda Zener tersebut sudah Short tinggi, kemudian kami menggantinya dengan komponen yang sejenis, TV kembali di On-kan, hasilnya.. TV masih dalam kondisi On (Lampu Led Indikator menyala Normal dari warna Merah ke posisi ON (lampu led indikator berwarna HIJAU).. ), namun Resistor (yang berfungsi sebagai Resistor Fuse (resistor yang berfungsi sebagai sekering) pada IC DC untuk ke 2 Tegangan 5V dan 8V) tersebut ketika di kontrol secara manual/di raba masih terasa sangat panas..
Untuk memastikan kami melepas  IC DC untuk ke 2 Tegangan 5V dan 9V) tersebut, dan TV kembali di ON-kan, sekarang Resistor yang kami sebutkan di atas sudah tidak Panas lagi, karena sudah hampir 2-Jam atau bahkan lebih (karena sekalian sama ngobrolnya ;), juga waktu sudah menunjukan jam 10 Malam, maka.. kami menyarankan bahwa: Televisi tersebut agar di bawa saja ke tempat kerja kami, agar proses pengerjaannya lebih mudah di samping Prasana dan Komponen pengganti lebih Lengkap di tempat kerja kami tersebut, akhirnya si Pemilik TV menyetujuinya.

Karena begitu cukup serius kerusakan ini, maka informasi ini kami lanjutkan pada halaman berikutnya: Kerusakan Korslet Komponen TV Sharp 21" 51WF200MS (Bag. 2 - Penyelesaian Akhir).


Berikut beberapa Referensi Kasus Kerusakan yang paling sering terjadi pada TV SHARP 14/21/29-Inch ini:

  • Kerusakan Standby/Protek TV SHARP 14-Inch Model: 14V20D
  • Kerusakan Protek TV Sharp 14-Inch (Bag. 1)
  • Kerusakan Protek TV Sharp 14-Inch (Bag. 2)
  • TV Sharp 21 Inch, Model 20U20 - Kerusakan Menyala kemudian Mati Sendiri
  • Kerusakan Mati Total TV SHARP 14" - Model: 14S20MS
  • Kerusakan Standby (Mati Sendiri) - TV SHARP 14-Inch (14R20MSG)
  • Kerusakan Flyback TV Sharp 20-Inch (20R20MS2)
  • Kerusakan TV Sharp 21-Inch (21GF353EA) - Gambar Terang Redup Sendiri)
  • TV SHARP 21-Inch (21R2) - Kerusakan Mati Total pada Posisi Standby)
  • Kerusakan TV SHARP 21-Inch (51X200) - Sensor + Remote Tidak Berfungsi
  • TV Sharp 14-Inch (Model: 14A20MS) - Kerusakan Standby/Protek
  • Kerusakan Mati Total/Standby TV SHARP 21-Inch, Model: 21PF353E2
  • Kerusakan Mati Sendiri/Standby TV SHARP (Slim) 29-Inch



    0 Komentar untuk "Kerusakan Korslet Komponen TV Sharp 21" 51WF200MS (Bag. 1)"


    Back To Top