Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Short Regulator (Power Supply) pada Monitor LCD Compaq CQ1569


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Kali ini kami mendapatkan kasus kerusakan Short (Korslet) Regulator Power Supply pada sebuah Monitor LCD Wide Screen merek COMPAQ dengan Model: CQ 1569, Monitor LCD ini di antar oleh seorang partner usaha dan di antarkan ke tempat kerja (reparasi Elektronik/TV) kami. Menurut penuturan rekan kerja (partner) kami tsb, Monitor tersebut mengalami kerusakan short (korslet) pada bagian regulator Power Supply dan di serahkan/di percayakan kepada kami untuk memperbaikinya.

Kerusakan Korslet Power Supply Regutor pada Monitor LCD Compaq CQ1569


Kali ini memang kami ada sedikit kecerobohan, dalam perbaikan perangkat Monitor ini, sehingga menyebabkan kerusakan lanjutan pada Regulator Power Supply perangkat Monitor LCD merek Compaq tsb, meskipun akhirnya bisa di selesaikan dengan menambahkan perangkat tambahan yaitu: Power Switching "Gacun", semoga dapat menjadi perhatian rekan sesama teknisi agar tidak melakukan kecerobohan serupa, sebagaimana informasi berikut ini:

Tahap Pengerjaan

  •  Langkah pertama adalah membongkar cover (penutup) depan, dengan cara mencongkel bagian bawah Monitor (gunakan obeng atau yang sejenisnya), pada lubang kecil di kedua sisi bagian bawah monitor tsb.
  • Selanjutnya.. kami menemukan.. ternyata FET dengan kode nomor P9NK652FP untuk Power Output pada Regutor Power Supply tersebut sudah Short (lihat posisi FET pada gambar di bawah), maka kami melakukan penggantian komponen yang serupa, sayangnya.. kami lupa melakukan pengukuran komponen secara mendetil, karena kami berkeyakinan, bahwa: kerusakan ini mungkin hanya di akibatkan oleh daya FET tersebut memang sudah lemah, sehingga menyebabkan FET tersebut rusak/short.
Kerusakan Korslet Monitor LCD Compaq CQ1569
Regulator Power Supply Monitor Compaq Wide Screen CQ1569
Selain itu kami juga berkeyakinan, ketika ke 2 buah dioda (yang dilingkaran merah atas) tersebut tidak rusak, maka kemungkinan setelah penggantian komponen FET, monitor ini dapat normal kembali, namun.. dugaan kami ternyata meleset.. ternyata setelah kabel chord listik di pasang, prakkk.!! FET kembali Short (rusak) kemudian di ikuti IC SMPS (pemicu/pembangkit tegangan pada regulator power suppy) berbentuk SMD ikut terbakar juga, hal ini dapat terlihat jelas dengan pecahnya komponen (IC) tersebut..
  • Akhirnya kami tidak mempunyai cara lain, kecuali harus memeriksa kemungkinan komponen lain, yang luput dari perhatian kami, dan benar saja, sebuah komponen Dioda yang mengarah ke rangkaian Inverter untuk lampu layar ini ternyata sudah Short (Korslet), komponen inilah yang menjadi penyebab berlebihnya beban arus pada FET tersebut, sehingga selalu rusak meskipun, telah diganti dengan yang baru.
  • Setelah itu, kami melakukan penggantian pada Komponen Dioda tersebut dengan yang sejenis, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Penyebab Kerusakan Korslet Monitor LCD Compaq CQ1569
Dioda untuk Tegangan Inverter
Karena IC SMPS tersebut sudah rusak juga, maka kami mengambil jalan untuk mengalihkan pembangkit tegangan bawaan (regulator power supply yang ada pada monitor tsb), menggunakan pembangkit tegangan lain, yaitu sebuah: Power Switching Regulator merek "Gacun", yang umum terdapat di pasaran.
Penyebab Kerusakan Korslet / Short pada Monitor LCD Compaq CQ1569
Setelah menambahkan Power Switching "Gacun" tersebut, Monitor LCD Compaq dengan model: CQ1569 dapat menyala Normal kembali.

Penyebab Kerusakan Korslet / Short pada Monitor LCD Compaq CQ1569
Monitor LCD Compaq CQ1569

Keterangan Tambahan

  • Ketika melakukan pemasangan Power Switching "Gacun" ini, sangat penting untuk memposisikan Tegangan pada posisi terendah, dengan cara memutar Trimpot ke arah kiri (berlawan arah jarum jam), untuk mencegah masuknya Arus/Tegangan berlebih, yang dapat menyebabkan kerusakan kembali pada mesin/perangkat monitor tersebut.
  • Gunakan Peralatan seperti Avometer manual/digital, untuk mengukur tegangan yang keluar pada trafo switching regulator tersebut, naikan tegangan secara pelan pelan (dengan memutar Trimpot pada Gacun, ke kanan/searah jarum jam), sehingga tegangan benar benar tepat dan/atau sesuai dengan yang seharusnya.
Lihat informasi lengkap "Cara memasang Power Switching Gacun" ini pada halaman tsb. 


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan Short Regulator (Power Supply) pada Monitor LCD Compaq CQ1569"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top