Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Siaran Kadang Ada/Hilang TV Goldtech 14-Inch


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Sepengetahuan kami: TV Goldtech 14-Inch ini serupa dengan Mesin TV brand China pasaran. TV Goldtech ini menggunakan IC Micom (Program) LC863328B dan Chroma LA 76810A, buatan: Golden EpochWorldWide PTE LTD - Singapore, yang satu ini kami menemukan dengan kualitas yang menurut kami cukup bagus, masa penggunaan lebih dari 10 tahun yang lalu (2002 -2015), dengan pernah mengalami 2 x kerusakan, yaitu: 1 x penggantian Flyback (sekitar 5 tahun-an yang lalu), dan sekarang pada tahun 2015 ini, mengalami kerusakan lagi, namun dengan kerusakan yang tidak terlalu berarti.

TV Goldtech 14-Inch dengan Kerusakan Siaran terkadang ada, kadang Hilang


TV Goldtech 14-Inch (tipe: GT-1405-CB - red) ini, sudah beberapa waktu lalu mengalami kerusakan, yaitu: "Gambar Siaran kadang kadang ada, kemudian hilang lagi", namun apabila pada bagian colokan antena (Tuner Antenna - red) di gerak gerakan, maka gambar siaran akan muncul kembali, sehingga pada bagian colokan antena di beri semacam pengganjal dan di lem, namun tidak lama, kerusakan tersebut muncul lagi", begitu tutur si pemilik televisi tersebut.

Berdasarkan keterangan itulah, maka kami memulai proses perbaikan pada TV Goldtech 14-Inch dengan tipe GT-1405-CB ini, dengan tahap tahap pengerjaan sebagaimana berikut di bawah ini:

Tahap tahap Pengerjaan
  • Seperti sebelumnya, kami melakuan Solder ulang (re-solder) pada setiap titik kontak yang di curigai lepas kontak (lost contact) antar komponen pada papan mesin (PCB) TV.
  • Setelah melakukan solder ulang (resolder) di setiap titik kontak bagian Tuner Antenna pada papan mesin (PCB), kami coba hidupkan ternyata belum berhasil, TV masih dalam kondisi "Tidak dapat menangkap Siaran", kami melanjutkan solder ulang pada bagian IC Chroma (RF), IC Program dan blok lainnya, masih tidak membuahkan hasil, pada selanjutnya.. kami melakukan pengukuran tegangan, sebagai berikut:
    • Tegangan Horizontal: Terukur Normal: 115V
    • Tegangan Katoda RGB: Terukur Normal: +185V
    • Tegangan IC Vertikal Out dan Driver Horizontal out: Terukur Normal: 24V
    • Tegangan IC Audio (Sound): Terukur Normal: 16V
    • Tegangan Power (IC Program dan IC RF (Chroma): Terukur Normal: 12V
  • Selanjutnya kami mengurutkan tegangan yang menuju Tuner Antena tsb, ya.. tegangan 33V untuk Variabel Tuner (kaki VT pada tuner antena - red), terukur drop dari yang seharusnya, yaitu: sekitar: 10V hingga 15V saja, seharusnya tepat pada tegangan 33V. Seperti kita ketahui bersama Tegangan ini berasal dari Tegangan Horizontal 115V kemudian di beri pembatas sebuah Resistor 1 hingga 2 Watt dengan ukuran sekitar 10K hingga 12K Ohm. Hal ini agak aneh bagi kami, kenapa sesudah melakukan solder ulang, malah komponen ini yang rusak? mungkin terjadi hal yang tidak kami ketahui, sehingga terjadi short (korslet) pada komponen lain (akibat kesalahan kami sendiri), yang mengakibatkan komponen ini rusak, dan selanjutnya kami melakukan penggantian komponen Dioda Zener 33V ini, dan Televisi dapat menangkap gambar siaran kembali, namun ketika papan mesin TV tesebut, di gerak gerakan "Gambar Siaran hilang lagi", maka kami melakukan pengerjaan lebih lanjut.
Perbaikan Kerusakan Tidak ada Gambar Siaran pada TV Goldtech 14-Inch
TV Goldtech GT-1405-CB 14-Inch - Posisi resistor Katoda Hijau (KG)
  • Memang cukup lama (sekitar 2 hari - dengan jeda ) kami melakukan perbaikan yang terlihat sangat remeh ini, meskipun hampir seluruh titik kontak yang di curigai bermasalah, sudah kami perbaiki (solder ulang kembali), namun tidak ada perubahan, dan akhirnya kami mendapatkan sebuah Jalur tercetak pada papan mesin yang menghubungkan antara kaki IF TUNER menuju TR penguat RF yang pada  proses selanjutnya di salurkan ke IC Chroma/RF ini , yang rupanya menjadi penyebab kerusakaan "Siaran Kadang Ada, Kadang Hilang pada TV Goldtech 14-Inch ini", Jalur tercetak yang putus ini hampir tidak dapat terlihat dengan mata telanjang (tidak terlihat), sehingga kami harus men-jumper menggunakan kabel sebagai pengganti Jalur tercetak yang putus ini.
TV Goldtech 14-Inch GT-1405-CB - Tidak ada Gambar Siaran
TV Goldtech GT-1405-CB 14-Inch  
Setelah melakukan beberapa pengerjaan di atas, sekarang televisi dapat menyala normal kembali, namun masih ada lagi yaitu: pada layar.. gambar siaran tidak ada warna Hijau, sehingga Gambar Siaran agak kemerah merahan, penggantian TR Katoda untuk warna Hijau pun tidak membuahkan hasil, akhirnya kami harus mengganti Resistor yang tersambung langsung pada kaki Kaki Katoda Hijau (KG) [Resistor 2K7 / 1W] pada Tabung TV tersebut, dan Warna Gambar menjadi Normal kembali.

Sengaja kami untuk berpanjang lebar agar Memudahkan bagi sahabat teknisi lainnya, sehingga tidak sampai melakukan beberapa Kesalahan serupa dengan kami, dan proses penangan kerusakan "Siaran Kadang Ada / Hilang TV Goldtech 14-Inch" ini, dapat lebih cepat di tangani.

Halaman terkait:


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan Siaran Kadang Ada/Hilang TV Goldtech 14-Inch"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top