Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV SANKEN 29" - Gambar Menyempit Horizontal


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Sekitar 2 Hari yang lalu, kami mendapatkan kasus "Kerusakan TV SANKEN 29-Inch (sayangnya.. kami tidak sempat mencatat Model dan Seri Televisi tersebut), dengan keluhan Gambar Menyempit secara Horizontal, atau menyempit pada kedua sisi (kanan dan kiri) layar , kasus kerusakan ini tampak agak berlawanan, jika di bandingkan pada halaman terdahulu: "Kerusakan TV LG 29-Inch (29FC1CL-T1) - Gambar Melebar Ke samping (Horizontal)", ya.. yang satu Melebar dan kasus kerusakan yang satunya lagi Menyempit pada kedua sisi layar.

Kerusakan Gambar Menyempit secara Horizontal  pada TV SANKEN 29"


Sedikit mundur ke belakang, berdasarkan penuturan si Pemilik, bahwa: "Televisi Sanken 29-Inch dapat menyala, namun terkadang ada suara gemeretak (loncatan bunga api - red), di sertai gambar agak menyempit pada sisi kanan kirinya, namun ketika Televisi tersebut, tiba di tempat dan kami coba hidupkan televisi tersebut memang ada yang tidak normal pada bagian horizontal nya, gambar terlihat seperti menggulung pada sisi layar, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah lagi, televisi kemudian kami off kan, berlanjut melakukan pembongkaran pada perangkat televisi tersebut.

Kerusakan Gambar Menyempit Kanan Kiri Layar pada TV Sanken 29-Inch
TV Sanken 29" - Gambar Menyempit pada kedua sisi Layar
Setelah membuka penutup (cover) belakang TV, perhatian kami langsung tertuju pada bagian Horizontal Outputnya, dan benar saja.. ketika di perhatikan secara seksama Dioda Dumper dengan kode VD 352 yang terhubung langsung ke Kolektor (C) Transistor Horizontal Output, ternyata sudah pecah.. kemudian perhatian kami berlanjut pada komponen lain, dan terlihat pula Resistor jenis Micron juga terlihat retak, resistor ini terhubung langsung pada Kolektor (C) Transistor b-witdh (pengatur lebar layar).

Kerusakan Gambar Menyempit Horizontal Layar pada TV Sanken 29"
TV Sanken 29" - Horizontal Output dan Horizontal B-Width
Kerusakan sangat jelas pada ketiga komponen di atas, menurut analisa sederhana dari kami, kemungkinan "Kerusakan TV SANKEN 29" yang menyebabkan Gambar Menyempit secara Horizontal ini, awal terjadi kerusakan pada Dioda Dumper tersebut, kemudian berlanjut Transistor b-width menjadi kelebihan beban, sehingga terjadinya short (korslet) pada Transitor b-width, dan efek selanjutnya berantai, menjadikan resistor jenis Micron dengan kode R340 (4.7 Ohm hingga 10 Ohm / 5W), menjadi retak / rusak juga, berikut seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Kerusakan Gambar Menyempit pada kedua sisi Layar pada TV Sanken 29"
TV Sanken 29" - Horizontal Output dan Horizontal B-Width

Tahap Pengerjaan
  • Meskipun berdasarkan pengalaman, bahwa: Kerusakan tersebut dapat di ketahui adalah kerusakan pada bagian Horizontal Output nya, namun ada baiknya juga kita  periksa kembali semua titik kontak (timah) pada bagian bawah mesin (PCB) tersebut, kemudian lakukan pembersihan mesin dengan cairan pembersih, seperti: Thinner dan yang sejenismya, sehingga akan lebih memudahkan ketika melakukan analisa kerusakan selanjutnya.
  • Ganti ketiga komponen yang rusak tersebut di atas (Dioda dumper, Resistor Micron (4.7 - 10 Ohm / 5W) dan Transisor B-Width (C2344 / C2068 dan/atau yang sejenis).
Kerusakan TV Sanken 29" Gambar Menyempit pada Layar (Horizontal)
TV SANKEN 29"
Setelah mengganti ketiga komponen tersebut, sekarang televisi dapat menyala Normal kembali.. kami mencoba untuk menyalakan untuk beberapa menit, sambil terus mengamati tingkat panas pada bagian Horizontal Output, setelah di rasa tingkat panas yang wajar (tidak panas berlebih) pada beberapa komponen utama pada televisi tersebut, maka kami yakinkan, bahwa televisi sudah dalam kondisi OK, maka langkah terakhir adalah memasangkan kembali penutup (cover) belakang TV, dan tahap pengerjaan telah selesai sampai di sini..


Share this article :

8 Komentar untuk "Kerusakan TV SANKEN 29" - Gambar Menyempit Horizontal "

Saya punya problem yang sama mas TV saya LG 21fu3rd-T3 gambar kiri kanan menyempit ke tengah saya chek gak ada komponen yang terbakar, mohon pencerahannya apa kira2 komponen yang rusak, trima kasih sebelumnya

Melebar ataupun Menyempitnya Layar pada Televisi, Umum disebabkan: berubahnya kapasitas/nilai pada "Kapasitor" H-Width (umum berkisar 304 (300n), 334 (330n), 364 (360n), 374 (370n), 394 (390n) / 250 - 400V), terkadang juga pada L (lilitan) pada blok H-Out tersebut, coba cek lagi komponen-komponen tersebut gan..!

Kapasitor kapasitor tersebut menuju jalur "Ground", coba cek lagi gan...

Pastikan jg seluruh Tegangan "Normal" terutama tegangan +B (115V), Komponen Blok "Horizontal" (yang sering mengalami kerusakan) untuk Jenis TV LG yang sejenis dengan agan sebutin di atas, dapat dilihat pada halaman ini: (http://www.deepmechines.com/2015/08/kerusakan-tv-lg-29-inch-29fc1cl-t1.html) yang mungkin dapat menjadi referensi juga..

Terima kasih balasan nya mas, tegangan B+ Normal Mas, cuma tegangan 180 V saya ukur cuma 140 V, TV Normal hidupnya ( maksudnya bisa hidup lama suara bagus ) cuma gambar nya itu berbentuk Trapesium trus huruf/tulisan nya jadi double, apa ada kemungkinan Yoke defleksinya yang rusak, terima kasih

Kalau Tegangan B+ nya Normal, namun +185V (tegangan Katoda RGB) turun dari yang seharusnya, kemungkinan masih ada yang bermasalah pada "blok H-Out"nya.. terlebih jika "Gambar Siaran/Layar" berbentuk Trapesium, untuk jenis TV LG ada komponen jenis FET dengan seri K2961, berfungsi untuk "mengkoreksi" lebar layar/gambar, komponen tsb sering rusak, sehingga TR Horizontal Out ikut rusak juga..

Coba cek lagi komponen tsb kang.. Kerusakan TV LG 21" SLIM, Model: 21FU3RD-T3 ini pernah di muat di halaman di bawah ini, sehubungan dengan "Tidak Normalnya" Lebar "Layar/Gambar Siaran" Televisi tsb..

(copy dan paste "link" dibawah ini pada kolom pencarian web browser)

http://www.deepmechines.com/2015/08/kerusakan-tv-lg-29-inch-29fc1cl-t1.html

Semoga dapat Membantu Kang.. jika masih kurang penjelasannya, silakan di komentari lagi, kami akan berusaha Membantu sebisa, sepengetahuan dan sekemampuan kami saja, karena saya sendiri tidak terlalu Ahli melainkan sekedar berbagi Pengalaman saja.. Semoga Berhasil Kang dan Tks atas Kunjungan serta Komentarnya.. ;)

Jika ternyata komponen di blok Horizontal-Out tersebut Normal, bisa jadi Yoke Defleksi (DY) tersebut lah yang bermasalah (seperti: Putus, Hangus atau terkelupas) pada kawat kumparan (lilitan) nya.. pada beberapa kasus kerusakan DY ini akan menyebabkan TR Horizontal menjadi lebih panas (dari seharusnya) bahkan dapat menyebabkan terbakar/rusaknya TR Horizontal Out ini, kira kira begitu Kang, sebagai gambarannya.. semoga bermanfaat.

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top