Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV Votre 18 Inch, Suara ada namun Layar Gelap


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV VOTRE 18" ini beberapa waktu yang lalu, sempat agak memusingkan kami, datang dengan keluhan: "Kerusakan ada Suara dari siaran Televisi, namun Tidak ada Gambar pada Layar", ya.. dalam ini sebenarnya, termasuk dalam kasus kerusakan ringan, namun.. ternyata kali ini kami harus, mengakui bahwa: Ketidak telitian kami, menyebabkan Proses pengerjaan menjadi berbelit belit, dan hampir saja mem-vonis bahwa: IC Chroma/RF yang menjadi penyebab kerusakan ini, namun kali ini kami keliru.. berikut penjelasan dan proses pengerjaan yang kami lakukan, semoga dapat memberi gambaran kepada rekan sesama teknisi, jika menemukan kasus yang serupa dan baru pertama kalinya menemukan kasus kerusakan "Ada Suara terdengar dari siaran Televisi, namun Tidak ada Gambar pada Layar (Layar Gelap)"tersebut.

Kerusakan TV VOTRE 18" - "Ada Suara Siaran namun tidak ada Gambar pada Layar (Layar Gelap)"


Kerusakan ada Suara siaran, namun Layar Gelap pada TV Votre 18"
TV Votre 18-Inch
Berdasarkan keterangan kasus kerusakan yang demikian tersebut di atas, kemudian kami melakukan pengerjaan, dengan proses perbaikan sebagaimana di bawah ini:
  • Melakukan Pengukuran Tegangan Horizontal: Terukur Normal sekitar 115V, kemudian
  • Tegangan Katoda RGB: Terukur Normal sekitar: +185V 
  • Tegangan Vertikal Output Terukur Normal sekitar: 24V, pada selanjutnya tegangan ini, diteruskan untuk sumber tegangan ke kaki Kolektor Transistor Driver Horizontal dengan pembatas sebuah Resistor sekitar 120 Ohm, ketika kami mencurigai adanya kerusakan pada bagian ini, di karenakan tegangan terukur sangat rendah di bawah 10V
--->  Ketika TR Driver Horizontal di lepas, kemudian Tegangan Normal sekitar +20V, namun ketika di ukur Transistor tersebut tidak mengalami kerusakan (masih bagus)
  • Kami melanjutkan mengukur tegangan untuk Power (IC Program + IC Chroma/RF), menunjukan tegangan Terukur Normal, sekitar: 12V
  • Tegangan Audio Power juga Terukur Normal, sekitar 16V 
Ya.. semua tegangan utama Normal, termasuk tegangan +5V untuk IC Program + Memory (Eprom) dan 8V untuk tegangan IC Chroma/RF,  kemudian kami melakukan pengukuran pada TR Horizontal Outputnya, terlihat normal (tidak menunjukan short seperti pada Umumnya), sehingga kami berpendapat kerusakan mungkin terjadi pada 2 komponen, yaitu: antara Flyback atau IC Chroma/RF, namun berdasarkan tutut si pemilik tersebut, bahwa: "Televisi tersebut baru di perbaiki oleh Teknisi lain, dan memang sudah OK, namun ketika di bawa pulang, TV tersebut rusak lagi", sehingga si Pemilik menyerahkannya kepada kami, dan memang benar, "FLYBACK" terlihat baru di ganti, sehingga jelas bagi kami, tidak mungkin Flyback baru diganti rusak lagi, hingga di sini kami berkesimpulan, bahwa: "IC CHROMA/RF" lah yang mungkin bermasalah pada TV Votre 18 Inch tersebut.

Kerusakan ada Suara, Layar Gelap pada TV Votre 18-Inch
TV Votre 18-Inch - Mesin Dalam
Eiitt..! tunggu dulu, hampir saja si Pemilik televisi tersebut mau membelikan "IC Chroma/RF", tersebut.. untungnya tidak jadi, seandainya saja jadi beli IC tersebut, maka hal ini tentu sia sia saja, karena kerusakan tersebut bukan terletak pada komponen tersebut, ya.. ternyata komponen Transistor Horizontal lah yang menjadi penyebabnya. Hal ini di sebabkan ketika kami melakukan pengukuran lebih teliti lagi, ternyata terjadi Short / Korsleting sangat kecil sekali pada komponen TR Horizontal Output tersebut, sehingga sangat sulit di prediksi (di perkirakan), hal inilah yang kami sebut di atas sempat agak memusingkan kami.. ;), hal ini pula yang ternyata membuat tegangan Transisor Driver Horizontal menjadi Drop hingga di bawah 10V bahkan hampir tidak ada, sehingga kami sempat memperkirakan, tidak adanya pulse osc horizontal yang berasal dari IC tersebut, yang menjadi penyebab kerusakan, ternyata perkiraan kami meleset.

Perbaikan ada Suara, Layar Gelap pada TV Votre 18-Inch
TV Votre 18-Inch
Setelah melakukan penggantian komponen Transistor Horizontal tersebut dengan yang sejenis, sekarang TV VOTRE dengan "Kerusakan Ada Suara Siaran namun tidak ada Gambar pada Layar (Layar Gelap)" tersebut sudah dapat Normal kembali.

Halaman lainnya: "Kerusakan Gambar Terlipat di bagian bawah Layar pada TV Votre 14-Inch".


Share this article :

4 Komentar untuk "Kerusakan TV Votre 18 Inch, Suara ada namun Layar Gelap"

Bang untuk biaya service seperti diatas kira2 berapa yah. Bisa kirim jawabannya ke email saya. Fredylesmana26@gmail.com. terimakasih

Kalau kerusakan seperti diatas, sebenarnya tidak terlalu mahal Kang, karena hanya kerusakan TR Horizontalnya saja (tidak ada kerusakan pada komponen lainnya).

Slm kenal mas...dr tikno lampung... trimakasih masukanya..sngt membantu khususnya sy yg msh belajar.. sukses slalu

Tks, sama2 mas.. Tks juga sudah berkunjung dan Komentarnya.. Salam Sukses selalu buat kita Semua..

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top