Kostum Pencarian by Google


Belajar Merakit Adaptor Sederhana dengan 4 Buah Dioda (Bridge Rectifier)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Adaptor ini pada dasarnya adalah sebuah Power Supply dengan Daya Kerja rendah. Pada umumnya perangkat Power Supply yang di sebut dengan Adaptor ini adalah menggunakan Transformator (Trafo) 500mA, 1 Ampere hingga 5 Ampere dengan Tegangan berkisar 3Volt hingga 12Volt atau bahkan mungkin lebih, sering digunakan untuk Uji coba perangkat elektronik, seperti: Radio, rangkaian Lampu Led dan lain sebagainya.

Adaptor Sederhana dan Dioda Bridge Rectifier


Pada halaman terdahulu: "Belajar Cara Membuat/Merakit Adaptor Sederhana", Adaptor tersebut di rangkai sangat mendasar menggunakan hanya 1 buah Dioda sebagai sebagai Perata Arus AC + sebuah Elco sebagai Filter tegangan yang keluar pada Gulungan Sekunder Trafo tersebut, meskipun dengan rangkaian sederhana tersebut, kita sudah dapat mempergunakannya sebagai Catu Daya untuk percobaan/perbaikan alat elektronik rumah tangga lainnya, dan mengatur Tegangan (pada Adaptor) yang di inginkan, agar dapat sesuai dengan spesifikasi/ukuran tegangan yang di tetapkan oleh Pabrik pembuat perangkat elektronik rumah tangga tersebut, semisal: Radio, Mainan anak anak dan lain sebagainya.

Cara Merakit Adaptor Sederhana
Adaptor dengan 1 buah Dioda + 1 buah Elektrolit Kondensator
Agar dapat mendapatkan Arus dan Tegangan yang lebih sempurna, maka dapat di buat sebuah rangkaian dioda dengan sistem yang di sebut dengan "Bridge Rectifier", yang terdiri dari 4 buah Dioda yang disusun sedemikian rupa, sehingga akan mendapatkan Arus dan Tegangan yang lebih bersih lagi, adapun bagaimana susunan dari Dioda Bridge Rect ini dapat di lihat pada halaman: "Elektronika Dasar - Komponen Dioda".

Rangkaian Adaptor yang menggunakan system Dioda Bridge Rect ini, banyak di temukan di pasaran dengan kuat Arus berkisar 500mA (0,5 Ampere), 1 Ampere, pada jenis yang lebih Modern lagi sekarang banyak di jual di pasaran menggunakan System (Power Regulator) AC matic, semisal untuk Charger Handphone, dan Adaptor untuk Perangkat Digital lainnya, sebagai contoh adalah: Adaptor untuk Kamera CCTV dan Digital Video Recorder serta masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut Adaptor sederhana dengan Menggunakan 4 buah Dioda Bridge Rectifier tersebut:


Cara Merakit Adaptor Sederhana Menggunakan 4 buah Dioda
Adaptor Rakitan sederhana menggunakan 4 buah Dioda (Bridge Rectifier)

Keterangan Gambar
  • Ground: Merupakan kutub Negatif, seperti halnya kutub Negatif pada Baterai
  • DC+ : Merupakan kutub Positif, sama seperti halnya kutub Positif pada Baterai
  • 1 : adalah Penentu tegangan, yang di arahkan atau disambungkan pada titik hijau atau dengan kode angka (2) pada gambar di atas, untuk memilih Tegangan sesuai dengan yang di butuhkan. Hubungkan angka (1) ke titik angka (2), sesuai Tegangan yang di inginkan (angka 2 seperti terlihat diatas adalah: Tegangan 3V, 4.5V, 6V, 7.5V, 9V dan 12V) atau bisa mengunakan saklar biasa atau bisa juga "Rotary Switch (Saklar Putar)" untuk memudahkan memilih tegangan nantinya.
Gambar Skema Diagram Cara Merakit Adaptor Sederhana
Skema/Diagram - Rangkaian Adaptor Sedehana menggunakan 4 Buah Dioda (Bridge Rectifier), gambar di bawah: Rangkaian Adaptor Sederhana dengan 2 Buah Dioda, menggunakan Trafo 1 Amp (CT)
Catatan Tambahan:
  • Untuk Dioda Bridge Rectifier bisa mempergunakan Dioda Silikon biasa 4 buah atau bisa juga menggunakan Dioda jenis Keprok.
  • Ukuran Dioda di sesuaikan dengan Trafo yang digunakan, Trafo 0,5A/1A/2A bisa mempergunakan Dioda 1N4001 - 1N4007, sedangkan untuk Trafo 3A/5A bisa mempergunakan Dioda 1N5401.
  • Elco bisa mempergunakan kapasitas/ukuran 1000mF/16V atau 2200mF/16V

Rangkaian Stabilizer

Adaptor yang telah diterangkan pada halaman diatas, dapat di sempurnakan lagi menggunakan "Rangkaian Stabilizer" untuk menghasilkan Arus dan Perataan Tegangan menjadi lebih halus dan Stabil, lihat diagram berikut di bawah ini:



Belajar Merakit Adaptor sederhana dengan Stabilizer
Rangkaian Sederhana Power Stabilizer Adaptor/Power Supply

  • DC Input - Tegangan DC yang keluar pada Adaptor sederhana tersebut di atas, di masukan lagi kerangkaian Stabilizer ini, Hubungkan Tegangan + adaptor ke + rangkaian Stabilizer ini, begitu juga Jalur - Adaptor ke Jalur - pada rangkaian Stabilizer ini.
  • DC Output Stabilizer - DC Output yang keluar pada Stabilizer ini sudah benar benar rata dan stabil.
Untuk Model Adaptor menggunakan Power Stabilizer dengan Tegangan DC 4.5V hingga 13.8V, lihat rangkaiannya pada halaman: "Diagram Rangkaian "Power Adaptor Stabilizer" - Tegangan DC 4.5V hingga 13.8V".


Share this article :

0 Komentar untuk "Belajar Merakit Adaptor Sederhana dengan 4 Buah Dioda (Bridge Rectifier)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top