Kostum Pencarian by Google


Persamaan dan Perbedaan antara Elco (Electrolyte Condensator) dan Kapasitor


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Elco (Electrolyte Condensator) sering oleh kalangan Teknisi Elektro di sebut Elko ini, sebenarnya adalah sebuah Kapasitor, namun yang membedakan antara Kapasitor dengan Kondensator adalah Kapasitasnya. Kondensator pada umumnya mempunyai kapasitas lebih besar, jika di bandingkan dengan Kapasitor. Kapasitas pada Elco (Kondensator) ini umumnya berkisar 1mF hingga 10.000mF (Micro Farad), sedangkan Kapasitor umumnya di bawah dari ukuran 1mF, meskipun pada jenis tertentu ada juga yang lebih kurang ataupun lebih tinggi kapasitasnya (dari yang telah disebutkan di atas) pada komponen tersebut.

Perbandingan antara Elco (Electrolyte Condensator) dan Kapasitor


Perbandingan antara Kondensator (Bi-Polar) dengan Kapasitor (Non-Polar)
Electrolyte Condensator (Bi-Polar)
DeepMechines - Panduan Elektronika Dasar. Elco (Electrolyte Condensator) dalam bahasa teknik elektronika di sebut juga dengan Kapasitor Bi-Polar (Kapasitor yang mempunyai Polaritas). Fungsi Komponen ini adalah sebagai Filter Arus dan Tegangan DC (Direct Current) pada sebuah Power Source dan/atau Power Supply. Perbedaan umum yang paling mudah di kenali pada komponen ini adalah Polaritas pada kedua kakinya. Mengacu pada Perbedaan tersebut, dapatlah di ambil kesimpulan, bahwa:

Kondensator mempunyai Polaritas Negatif dan Positif, hal ini dapat di lihat langsung pada Body komponen, sedangkan pada jenis Kapasitor, tidak memiliki polaritas. Di karenakan Kondensator memiliki Polaritas, maka pemasangan komponen ini harus sesuai dengan kutub Negatif dan Positifnya, sehingga tidak boleh terbalik letak/posisi pemasangannya, sedangkan jenis Kapasitor tidak mempunyai Polaritas, sehingga pemasangan secara bolak - balik antara kedua kaki komponen tidak akan berpengaruh.


Perbandingan antara Kondensator (Bi-Polar) dengan Kapasitor (Non-Polar)
Kapasitor (Non-Polar)
Seperti keterangan di atas, cara paling umum untuk membedakan antara Kondensator (Bi-Polar) dengan Kapasitor (Non-Polar) adalah dengan memperhatikan Polaritasnya, pada jenis Elektrolit Kondensator (elko) ini, terdapat tanda pada body komponen, pada jenis elco di tandai dengan garis yang menandakan Polaritas Negatif sedangkan yang sebelahnya berarti mempunyai Polaritas Positif (terkecuali pada kondensator smd - tanda garis menunjukan polaritas positif), lihat gambar di atas posisi 2 kaki komponen Kapasitor Bi-Polar (kondensator) ini..


Beberapa keterangan, mengenai komponen Kapasitor (non-polar) ini, dapat dilihat juga pada halaman: "Elektronika Dasar - Komponen Kondensator/Kapasitor".


Share this article :

0 Komentar untuk "Persamaan dan Perbedaan antara Elco (Electrolyte Condensator) dan Kapasitor"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top