Kostum Pencarian by Google


Sejarah Masa Awal Internet


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Internet adalah Perangkat Telekomunikasi berbasis Jaringan yang menghubungkan Komputer yang satu dengan yang lainnya, Internet itu sendiri adalah singkatan kata Interconnection-Networking atau Koneksi antar Jaringan.

Sejarah Masa Awal Internet


Pada awalnya Internet ini di pergunakan untuk kepentingan Militer untuk "Departemen Pertahanan Amerika Serikat" pada tahun 1969, di mana pada saat itu, melalui proyek sebuah lembaga ARPA, maka di kembangkanlah sebuah Jaringan terpadu yang disebut ARPANET yang dapat menghubungkan 4 situs antar Institut dan Universitas penting yang ada di Amerika, yaitu: Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah. Jaringan yang dipergunakan pada saat itu, berjalan pada sebuah Sistem Operasi UNIX.

Perkembangan Sejarah Awal Internet
illustration - Image Source: www.FreeDigitalPhotos.net
Seiring bertambah pesatnya perkembangan proyek ARPANET tersebut, setelah di perkenalkan secara umum pada bulan Oktober 1972, sehingga seluruh Universitas yang ada di Amerika Serikat menyatakan ingin bergabung sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Berdasarkan hal itulah, maka ARPANET di pecah menjadi 2 bagian, yaitu:
  • MILNET - Jaringan Terpadu untuk Militer
  • ARPANET - Jaringan Terpadu baru dan lebih kecil untuk Non-Militer, seperti untuk Universitas.
Gabungan antar kedua Jaringan Terpadu di sebut dengan DARPA-Internet yang merupakan cikal bakal Sejarah dan Perkembangan Internet hingga saat sekarang ini.

Teknologi sebelum adanya Internet


Sebelum Internet di temukan, beberapa perangkat komunikasi digital telah dikembangkan, termasuk Telegraf. Telegraf adalah sebuah perangkat telekomunikasi dengan konsep: Pengiriman Data menggunakan Media Eletromagnetik (Gelombang Frekwensi), baik melalui gelombang Radio maupun Kabel. Sayangnya.. penggunaan perangkat Telegraf ini sangat terbatas, karena hanya bisa dipergunakan untuk maksimal dua perangkat saja, hal ini tentu sangat menyulitkan. Telegraf ini muncul pada sekitar abad ke-19.

Pada masa itu, beberapa Ilmuan, seperti: Cloude Shannon, Harry Nyquist, Ralph Hartley melakukan bermacam pengembangan dari perangkat ini, dan menjadikan Jangkauan Telegraf ini lebih luas serta peningkatan pada Kecepatannya. Seperti informasi yang kami dapatkan pada situs Wikipedia tersebut:

 Kesulitan ternyata masih saja terjadi, karena perangkat harus selalu terhubung secara fisik, melalui kabel.. maka hal ini tentu saja, masih menyulitkan, apalagi jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, semisal: bencana perang dll, maka hal ini tentu juga tidak aman, karena dapat putus sewaktu waktu.

Tahun 1990 merupakan Era Internet Umum


Sebagai mana awalnya penggunaan Internet adalah sebagai media komunikasi dan data menggunakan elektronik mail (e-mail). Hingga pada tahun 1971, Roy Tomlison, berhasil menciptakan dan menyempurnakan e-Mail buatannya untuk ARPANET, pada tahun itu pula ikon @ atau (at) yang merupakan simbol yang kita kenal sekarang, yang menunjukan arti "pada". Pada tahun selanjutnya, yakni: 1973, jaringan ARPANET ini mulai dikembangkan di luar Amerika, terutama di Inggris.

Pada tahun 1990 adalah era dimana Teknologi Internet umum di gunakan. Sebagai gambaran, pada tahun 1982, Jarko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia, menemukan dan mendirikan IRC (Internet Relay Chat), sehingga pada perkembangan selanjutnya, dalam setahun terhitung sekitar 100.000 perangkat komputer terhubung dan membentuk sebuah jaringan.

Hingga pada tahun 1992 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika "Tim Berners Lee" menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui 1.000.000 perangkat komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya "virtual-shopping" atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.


Referensi:


Share this article :

0 Komentar untuk "Sejarah Masa Awal Internet"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top