Kostum Pencarian by Google


Solid State Drive (SSD)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Solid State Drive (SSD) sering pula disebut dengan Flash Drive, sama seperti halnya "Hardisk" drive, adalah Perangkat Penyimpan Data (Storage), berupa IC Flash Memory (non-rotational) sebagai read/write (baca/tulis) nya, dan terlindung sempurna pada plat logam sebagai pembungkusnya. Hardisk merupakan perangkat keras (Hardware) penting, dimana sebuah System Operasi dan Applikasi program tersimpan pada perangkat ini.. Ukuran kapasitas hardisk disebut dengan satuan Gigabyte (Gb)/Terrabyte (TB) dan seterusnya.

Solid State Drive (SSD)/Flash Drive


Solid State Drive (SSD) ini adalah generasi terbaru perangkat Penyimpan Data (Storage) pada sebuah komputer. Keuntungan penggunaan Solid State/Flash drive ini, adalah: selain mempunyai Kecepatan transfer data lebih baik di bandingkan Hard Disk Drive (HDD), lebih tahan benturan dan penggunaan sumber daya lebih rendah, pada penggunaan jenis komputer portabel (laptop/notebook) dapat memperpanjang daya hidup baterai.

Bentuk Solid Satate Drive (SSD)  2.5" SATA Interface
Solid State Drive (SSD) SATA, diameter 2.5-Inch
Solid State Drive/Flash Drive ini bisa di pergunakan bermacam jenis komputer, baik Desktop, Laptop, Notebook dll.

Internal Hard Disk Drive Mounting Kit


Untuk penggunaan pada Desktop komputer, biasanya memerlukan sebuah "Mounting Kit 2.5" ke 3.5" Internal Hardisk", sehingga SSD/Flash drive dengan diameter 2.5" bisa dipasangkan ke 3.5" pada mounting yang tersedia pada chasis komputer desktop tsb, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

nternal Hard Disk Drive Mounting Kit dari 2.5 ke 3.5 Inches
Internal Hard Disk Drive Mounting Kit - Diameter  2.5 ke 3.5 Inches
Perangkat tersebut mempunyai ukuran sesuai dengan kedudukan (mounting) untuk hardisk berdiameter 3.5" yang terdapat pada setiap chasis komputer desktop pada umumnya.


eMMC Drive

eMMC Flash drive adalah jenis lain dari Flash drive, mempunyai fungsi sama dengan flash drive seperti hal nya keterangan di atas, namun umumnya mempunyai kapasitas lebih kecil, sehingga umum eMMC Drive ini hanya di peruntukan Instalasi System Operasi saja, sedangkan untuk Penyimpan Data (Storage) dapat menggunakan HDD, SSD atau Flash drive.

Jenis dan Bentuk eMMC Flash Drive
Jenis eMMC Flash Drive
Gambar di atas menunjukan sebuah contoh: Jenis dan Bentuk eMMC Drive, yang dipergunakan pada sebuah Portabel mini-Desktop komputer dari HP, lihat pada halaman: "Fitur dan Spesifikasi Desktop Portable HP T5740 Thin Client".


Share this article :

0 Komentar untuk "Solid State Drive (SSD)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top