Kostum Pencarian by Google


Model dan Jenis Umum Transformator (Trafo)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Transformator atau di singkat Trafo ini, adalah perangkat yang berfungsi sebagai penyesuai tegangan listrik. Sebuah Trafo di buat menggunakan Kawat email (kawat yang dilapisi dengan lapisan tertentu) kemudian di lilit pada sebuah Inti Batang besi lunak (Current), dan mempunyai 2 sisi kumparan, yang disebut dengan Kumparan Primer (Input) dan Kumparan Sekunder (Output).

Jenis dan Model Umum Trafo (Transformator), Adaptor dan Power Supply


Pengertian Transformator, Adaptor dan Power Supply
Trafo untuk Adaptor 1 Ampere (Pin / Titik Kumparan Primer)

Pengertian Transformator, Adaptor dan Power Supply
Trafo untuk Adaptor 1 Ampere (Pin / Titik Kumparan)

Perangkat Elektronik/Listrik yaitu: Trafo atau lebih lengkapnya disebut dengan "Transformator" ini adalah berfungsi utama sebagai Penyesuai, baik Tegangan maupun Impedansi. Ada banyak sekali jenis Trafo yang dipergunakan pada rangkaian elektronik ataupun listrik sesuai dengan kebutuhannya. Trafo yang Umum terdapat/digunakan pada rangkaian Elektronik ataupun Listrik itu antara lain, yaitu:
  1. Trafo Adaptor - Trafo Adaptor adalah Trafo penyesuai untuk Tegangan Rendah berkisar dari: 3V | 4.5V | 6V | 7.5V | 9V | 12V hingga 13.8V dengan kuat Arus sekitar 0.5Ampere hingga 5Ampere. Untuk penggunaan Umum, seperti: Percobaan rangkaian Elektronika, Radio dll. Trafo Adaptor ada juga menggunakan Tegangan 12V hingga 24V dengan kuat Arus sekitar 0.5Ampere hingga 3Ampere, untuk penggunaan semisal: Perangkat Booster TV, Mixer Audio dll.
  2. Trafo Regulator Power Supply - Trafo yang digunakan sebagai Power Supply pada Perangkat Elektronik Digital. Trafo jenis ini banyak di gunakan pada rangkaian AC-Matic pada Perangkat TV/DVD/VCD-Player/Digital Receiver dll.
  3. Trafo Step-Up/Down - Trafo Step-Up ini adalah Trafo Penaik Tegangan dari Tegangan 100V | 110 | 120 menjadi 200V | 220V | 240V sesuai dengan Kebutuhan, sedangkan Trafo Step-Down adalah: Mempunyai fungsi sebaliknya, yaitu: sebagai Penurun Tegangan. sebagai contoh: Tegangan AC 220V sebagai Input pada Kumparan Primer, maka Tegangan yang keluar (Output) pada Kumparan Sekunder akan menurunkan Tegangan menjadi 100V | 110V | 120V dan seterusnya, tegangan maksimal yang keluar inipun, tergantung dari spesifikasi dari Trafo Step-Up/Down tersebut.
  4. Trafo penyesuai Impedansi - Sering di temukan pada rangkaian "Power Amplifier model lama", yaitu terdiri dari: Transformator Input (TI) dan Transformator Output (TO), umum ditemukan pada perangkat Pengeras Suara jenis Corong.
  5. Trafo IF (Intermediate Frequency) - Trafo IF ini berbeda dengan kebanyakan Trafo Daya / Power , jenis Trafo IF ini banyak terdapat pada Rangkaian Penala Audio maupun Video baik pada Pemancar (TX - Transmitter) maupun Penerima (RX - Receiver) Gelombang / Frekwensi Radio.
Sebenarnya masih banyak sekali Jenis dan Macam dari Trafo tsb yang terdapat pada rangkaian elektronika, baik sebagai Adaptor, Power Supply, Power Switching, Power Regulator pada Intinya adalah Tetap menggunakan jenis Trafo ini meskipun dengan Jenis, Bahan serta Bentuk ukuran yang berbeda beda pula.



Share this article :

0 Komentar untuk "Model dan Jenis Umum Transformator (Trafo)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top