Kerusakan TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) Mati Protek (Standby) - (Hal 12)


Halaman Sebelumnya

TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) ini sering mengalami Protek yang di akibatkan melemahnya/rusaknya komponen yang terdapat pada Televisi tersebut. Pada kali ini, kami menemukan "Kerusakan Mati Protek (Standby) pada TV LG 21-Inch Slim dengan Model: 21SB6RD-T4". Menurut si pemilik tersebut:
Televisi dengan merek LG 21" Slim ini sudah cukup lama di pergunakan, mungkin sudah sekitar 5 tahun-an yang lalu ketika televisi tersebut di beli, baru sekarang dan pertama kalinya di bongkar untuk di perbaiki, begitu tutur si Pemilik Televisi tsb.
Berdasarkan keterangan dari Pemilik TV, kemudian kami melakukan Pengetesan dan Mencoba untuk Menghidupkan Televisi tersebut, dan Televisi sempat Menyala sebentar.. kemudian Mati lagi, namun terlihat sekilas..!! (sebelum mati lagi), ada Cahaya bergaris Horizontal melintang pada tengah Layar, yang mengindikasikan akan adanya kerusakan pada blok Vertikal pada Mesin Televisi tsb.

TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) - Ketika Dihidupkan sempat Menyala Sebentar, Terlihat Sekilas Cahaya Bergaris Horizontal di Tengah Layar sebelum kemudian Mati lagi.. 

Setelah melihat adanya tanda kerusakan pada blok vertikal tersebut, kemudian kami melakukan pembongkaran, yaitu: membuka tutup belakang (cover), pada selanjutnya perhatian kami langsung terarah pada blok Vertikalnya, dan kemudian mengganti IC Vertikal Out dengan yang baru.

Setelah melakukan penggantian pada IC Vertikalnya, maka televisi kemudian dapat menyala dengan Normal, namun setelah kami perhatikan, ternyata pada "Bagian atas Layar TV terdapat garis garis yang cukup menggangu". Luas Garis garis yang muncul di bagian paling atas pada Layar televisi tersebut, sekitar 3 hingga 4 jari menuju arah bawah, sehingga di perkirakan 1/4 pada bagian atas layar tersebut, memunculkan garis garis yang cukup menggangu, namun ketika cahaya di redupkan, maka garis garis tersebut akan semakin menghilang pula, maka kami melakukan perbaikan lebih lanjut..

TV LG 21" Slim, Model: 21SB6RD-T4 - Kerusakan Mati Protek (Standby)


Penyebab Kerusakan Mati Protek (Standby) dan Gambar bergaris garis pada TV LG 21SB6RD
 TV LG 21-Inch, Model: 21SB6RD-T4 (Slim)
Langkah penggantian C321 (2200mF/25V), belum membuahkan hasil, penggantian C312 (0.68mF/50V), juga masih tetap belum membuahkan hasil, dan pada akhirnya di temukan kerusakan pada C307 dengan nilai (100mF/35V), setelah melakukan penggantian komponen elco dengan kapasitas 220mF/35V (jika ada ganti dengan ukuran yang sama), maka sekarang "Televisi LG 21SB6RD-T4 (Slim) dengan Kerusakan Mati Protek (Standby)" ini, dapat menyala Normal kembali.

Perbaikan Kerusakan Mati dan Gambar Bergaris pada TV LG 21SB6RD-T4 (Slim)
TV LG "Slim" 21SB6RD-T4
Info Tambahan:
  • Titik Protek IC LV 76211 / 76213 di mesin TV LG ini, berada pada Pin/Kaki 29 terhubung ke beberapa Tr Sensor tegangan, lepaskan pin/kaki tersebut dari rangkaian, untuk melakukan pegecekan kerusakan pada tahap selanjutnya...
  • Kerusakan lain yang pernah kami temui pada jenis TV LG 21" Slim ini adalah: "Televisi dapat Menyala 1 hingga 3-5 Menit, kemudian Mati Standby lagi", lakukan penggantian pada komponen Resistor yang menghubungkan antara: +115V pada Regulator Power Supply ke B+ Flybacknya, nilai Resistor tersebut berkisar 1.4 Ohm/1W hingga 4.7 Ohm/1W, hal ini sangat sulit di deteksi, karena komponen tersebut masih berfungsi / tidak rusak melainkan hanya melemah (pada beberapa kasus juga ditemukan, komponen ini agak menghitam dikarenakan panas yang terjadi), sehingga "Menyebabkan Televisi tersebut dapat Menyala sebentar, kemudian Mati" lagi.
Demikian sekilas, tentang Perbaikan pada  TV LG 21SB6RD-T4 (Slim), dengan Kerusakan Mati Protek (Standby) ini, semoga dapat bermanfaat bagi rekan teknisi, yang kebetulan menemui kasus kerusakan yang serupa.

Halaman terkait:

Halaman Selanjutya

Related Posts

Kerusakan TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) Mati Protek (Standby) - (Hal 12)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.