Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) Mati Protek (Standby)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) ini sering mengalami Protek yang di akibatkan melemahnya/rusaknya komponen tersebut. Pada kali ini, kami menemukan "Kerusakan Mati Protek (Standby) pada TV LG 21-Inch Slim dengan Model: 21SB6RD-T4". Menurut si pemilik tersebut: Televisi Merek LG 21" Slim ini sudah cukup lama di pergunakan, mungkin sudah sekitar 5 tahun-an yang lalu ketika televisi tersebut di beli, baru sekarang dan pertama kalinya di bongkar untuk di perbaiki, begitu tutur si pemilik televisi tsb.

TV LG 21" Slim, Model: 21SB6RD-T4 - Kerusakan Mati Protek (Standby)


Berdasarkan keterangan dari pemilik TV tersebut, kemudian kami melakukan pengetesan dan mencobanya menghidupkan televisi tersebut, dan televisi sempat menyala sebentar.. kemudian mati lagi, namun terlihat sekilas (sebelum mati lagi), ada cahaya bergaris horizontal melintang pada tengah layar, yang menandakan adanya kerusakan pada blok Vertikal pada mesin televisi tsb.

Setelah melihat adanya tanda kerusakan pada blok vertikal tersebut, kemudian kami melakukan pembongkaran, yaitu: membuka tutup belakang (cover), pada selanjutnya perhatian kami langsung terarah pada blok Vertikalnya, dan kemudian mengganti IC Vertikal Out dengan yang baru.

Setelah melakukan penggantian pada IC Vertikalnya, maka televisi kemudian dapat menyala dengan Normal, namun setelah kami perhatikan, ternyata pada "Bagian atas Layar TV terdapat garis garis yang cukup menggangu". Luas Garis garis yang muncul di bagian paling atas pada Layar televisi tersebut, sekitar 3 hingga 4 jari menuju arah bawah, sehingga di perkirakan 1/4 pada bagian atas layar tersebut, memunculkan garis garis yang cukup menggangu, namun ketika cahaya di redupkan, maka garis garis tersebut akan semakin menghilang pula, maka kami melakukan perbaikan lebih lanjut..

Penyebab Kerusakan Mati Protek (Standby) dan Gambar bergaris garis pada TV LG 21SB6RD
 TV LG 21-Inch, Model: 21SB6RD-T4 (Slim)
Langkah penggantian C321 (2200mF/25V), belum membuahkan hasil, penggantian C312 (0.68mF/50V), juga masih tetap belum membuahkan hasil, dan pada akhirnya di temukan kerusakan pada C307 dengan nilai (100mF/35V), setelah melakukan penggantian komponen elco dengan kapasitas 220mF/35V (jika ada ganti dengan ukuran yang sama), maka sekarang "Televisi LG 21SB6RD-T4 (Slim) dengan Kerusakan Mati Protek (Standby)" ini, dapat menyala Normal kembali.

Perbaikan Kerusakan Mati dan Gambar Bergaris pada TV LG 21SB6RD-T4 (Slim)
TV LG "Slim" 21SB6RD-T4
Info Tambahan:
  • Kerusakan lain yang pernah kami temui pada jenis TV LG 21" Slim ini adalah: "Televisi dapat Menyala 1 hingga 3-5 Menit, kemudian Mati Standby lagi", lakukan penggantian pada komponen Resistor yang menghubungkan antara: +115V pada Regulator Power Supply ke B+ Flybacknya, nilai Resistor tersebut berkisar 1.4 Ohm/1W hingga 4.7 Ohm/1W, hal ini sangat sulit di deteksi, karena komponen tersebut masih berfungsi / tidak rusak melainkan hanya melemah, sehingga "Menyebabkan Televisi tersebut dapat Menyala sebentar, kemudian Mati" lagi.
Demikian sekilas, tentang Perbaikan pada  TV LG 21SB6RD-T4 (Slim), dengan Kerusakan Mati Protek (Standby) ini, semoga dapat bermanfaat bagi rekan teknisi, yang kebetulan menemui kasus kerusakan yang serupa.

Halaman terkait:
  1. Kerusakan Mati Total TV LG 21-Inch - Model: 21FS4RL-TS
  2. Kumpulan Kerusakan TV LG 14-Inch, 21 dan 29-Inch


Share this article :

29 Komentar untuk " Kerusakan TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) Mati Protek (Standby)"

Mas mau nanya.
Untuk penggantian resistor yg penghubung antara regulator Power suplay ke B+ Flaybac saya nilai resistornya 1.4 Ohm
Saya pengen ganti itu tapi nggak ada yg sama. Kira2 kalau diganti dengan resistor lain yg nilainya cocok apa yah mas?

Resistor penghubung antara B+ ke FBT tersebut sebagai pengaman saja, jadi bisa saja di ganti dengan Resistor lain dengan kisaran 1Ω - 4.7Ω / 1W - 2W, kira kira begitu Mas.. ? btw tks sudah berkunjung.. ;)

Penyakit yg saya dapatin hampir sama dan mungkin sama dengan punya mas pas dihidupkan timbul garis vertikal tak lama tv mati kalau d pencet cenel hidup kembali tapi tk lama mati lagi apa sama itu kerusakan nya sama punya mas ..
Mohon info nya mas

Kerusakan pas dihidupkan timbul garis vertikal tak lama tv mati kalau d pencet cenel hidup kembali tapi tk lama mati lagi, seperti yang Bang Hendra sebutin di atas, memang Umum terjadi karena kerusakan bagian "Vertikal Amp" nya, biasanya setelah di ganti IC Vertikalnya (LA 78141), Televisi tersebut dapat Menyala kembali, selanjutnya..kadang muncul garis garis di bagian atas layar, di karenakan kapasitor (elco) 100mF/35V yang sudah berkurang kapasitasnya.. coba ganti kedua komponen tersebut, mungkin bisa menyelesaikan masalah kerusakan standby/protek pada TV LG tersebut, kira kira begitu Bang..semoga bisa membantu ;)

Halo mas. Mau nanya.saya punya tv lg slim model 21SB6RD Yg sama gejala kerusakannya dgn mas hendra pakpahan.setelah diganti ic vertikalnya LA78045, tetap saja garis horijontal. Kira2 diblok mana lagi yg rusak ya mas....., apakah sama ic vertikal La78141 dgn La78045.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Halo juga Mas Andri, LA 78040, LA 78141, LA 78045 dan yang sejenisnya masih berfungsi sama sebagai Penguat Vertikal (Vertikal Amp), tergantung beban Defleksi Vertikalnya, jika tidak berbeda terlalu jauh, maka gambar akan Normal normal saja. Namun.. jika setelah diganti ic vertikalnya LA78045, tetap saja muncul garis Horizontal, coba Mas Andri cek dan pastikan ada Tegangan (berkisar 24V - 27V) yang menuju ke IC Vertikal Amp tsb (kalau tidak salah pada Kaki IC no. 2 utama-nya), pastikan juga tidak ada Titik Kontak yang terlepas rangkaian / blok Vertikal Amp tsb.

Jika sudah Yakin tidak ada titik kontak timah yang terlepas (loss contact), cek juga kabel defleksi yang tersambung ke Pin Defleksi di mesin TV tsb, jika masih.. Cek Elco Outputnnya (berkisar 1000mF/35V) yang terhubung langsung ke salah satu Pin Defleksi (Yoke) Vertikal, jangan lupa juga untuk men-cek Elco elco yang terdapat pada blok "Vertikal Amp" terutama elco yang berukuran / berkapasitas kecil seperti: 1mF - 4.7mF/16V - 50V (beberapa kasus sering terjadi kerusakan pada komponen ini), terakhir pastikan seluruh titik kontak pada IC Chroma benar benar terhubung dengan baik, Oh ya.. beberapa kasus Kerusakan Vertikal dari beberapa Merek juga sudah saya arsipkan di blog ini, mungkin Mas bisa telusuri lagi pada kategori "Catatan Reparasi TV", semoga dapat memberikan gambaran dan bermanfaat bagi kita semua, Tks juga sudah berkunjung di blog ini Mas Andri.. ;)

Terima kasih mas Mulyadi, sudah memberikan masukannya dan saya akan lihat catatan repreasi tv punya mas mulyadi.

Klw gambar nya bergaris2 n terlipat di bagian atas sekitar 4/5 jari elco bagian block nya vertikal,ic 7812 sdh di ganti tp masih garis2 dan berlipat apa yg rusak broo

Maaf gan.. mungkin maksudnya IC Vertikal dengan No Seri: LA 78040/78141 ya, sangat sering di temukan kerusakan pada jenis Elco dengan kapasitas: 100mF/35V (di blok Vertikal) tesebut, coba agan cek lagi gan.. jangan lupa komponen pengganti-nya harus di pastikan masih bagus.. (kalau bisa ganti dengan yang baru).. Sangat sering elco tersebut rusak juga, apabila ternyata IC Vertkal mengalami kerusakan..coba di cek lagi gan..!

Jika kebetulan "Garis Garis dan Terlipat" pada bagian atas layar tv tersebut, terjadi setelah melakukan penggantian "Yoke Defleksi (DY)", coba juga lakukan "Service Mode" parameter, di bagian V-Line, V-Pos nya, semoga berhasil gan.. ;)

Maaf gan brtanya lagi saya kurang paham maksud nya apa buka v-line, v-pos itu apa? Buka data kah atau skema pcb pada mesin tv nya kah" mohon penjelasan nya,makasih sebelum nya gan atas informasi nya,,

Maaf" gan saya ini baru pemula baru belajar dan ingin bisa service elektronik,elektronik ada ketertarikan buat saya semoga di maklumii...

Maaf gan brtanya lagi saya kurang paham maksud nya apa buka v-line, v-pos itu apa? Buka data kah atau skema pcb pada mesin tv nya kah" mohon penjelasan nya,makasih sebelum nya gan atas informasi nya,,

gan,mau tanya neh.
tv lg 29, mati standby tombol pr dan remot tidak fungsi.

Maaf baru bisa balas gan, Buka / Setting: V-Line & V-Post di "Menu SERVICE MODE" nya gan.. kalau tidak salah di saya pernah memuat di halaman lain pada blog ini gan, nanti saya carikan carikan linknya...

Gak papa gan.. kita sama sama sharing ilmu disini, saya juga sangat senang jika "Info" di blog dapat bermanfaat bagi rekan lain sesama Teknisi... jangan ragu untuk memberikan komentar lagi gan.. jika sekira masih ada yang kurang jelas dengan Infomasi di atas, agar blog ini dapat lebih bermanfaat lagi kedepannya.. Tks ;)

Bisa di sebutin Model / Seri-nya gan, agar bisa lebih detil lagi.. siapa tau saya pernah mengalami kasus kerusakan yang serupa dengan yang agan sebutin di atas..

Ya.. Buka Data (Service Mode)nya, jika garis garis tersebut muncul setelah melakukan penggantian pada "Yoke Defleksi"nya, namun hal itu tidak perlu di lakukan, apabila Yoke Defleksi tersebut, masih mempergunakan Yoke bawaan / aslinya (belum pernah diganti), kira kira begitu gan.. jika masih kurang jelas, silakan dikomentari lagi gan, senang bisa membantu.. ;)

Jika memungkinkan nanti saya bisa buat posting lagi, terkait "Kasus Kerusakan TV LG 29-Inch" sebagaimana yang agan sebutin di atas.. semoga bisa membantu gan.. ;)

TV LG 29-Inch "Mati Standby + Tombol Power & Remote Control tidak Berfungsi", apakah berarti lampu Indikator tersebut masih menyala, jika masih menyala: berarti "Regulator Power Supply" nya masih berfungsi gan.. Kerusakan seperti itu, bisa jadi karena Protek Sistem, jika bisa tolong agan infokan juga, Model dan Seri TV nya.. siapa tahu kami pernah menemukan kasus kerusakan yang serupa, dan dapat memberikan gambaran terkait kerusakan tersebut..

referensi: Kerusakan Mati Total TV LG 29-Inch ini adalah sharing dari sesama rekan teknisi tv, mungkin dapat memberikan gambaran juga di halaman: (http://www.deepmechines.com/2015/12/kerusakan-mati-total-tv-lg-29-inch.html).

Tnya mas tv lg ic LA76211 3c..hor TT2190..vert LA78141..out trafo switching terukur b+109v..in 78R09 8,6v..audio 20v dan out fbt ke vert yg sharusnya 26v ini terukur 0v..mohon pencerahanya maa..trimakasih.

Kalau ada Tegangan seperti yang Mas sebutin di atas, berarti TV LG tersebut bisa Menyala kan ya? jika benar TV dapat Menyala, berarti seluruh Tegangan yang terdapat pada FBT (Flyback) harus nya ada juga, termasuk Tegangan 24 ~ 26V untuk Tegangan IC Vertikal Amp-nya, jika tidak ada.. coba cek Pin FBT untuk Tegangan 26V, karena saya sendiri pernah mendapati: Kumparan/Lilitan untuk 24V di Pin FBT tersebut "PUTUS" (ini pengalaman saya ketika melakukan perbaikan TV SHARP 14-Inch).

Coba cek Pin FBT untuk Teg 26V tsb menggunakan Multitester, jika masih "Bagus" cek lagi "Resistor (Fuse)" yang terhubung langsung ke Pin 26V tersebut, selanjutnya menuju "DIODA".. dari Dioda ini langsung menuju "IC Vertical Amp" + DIODA (Pump), pada beberapa kasus.. saya juga pernah menemukan kerusakan "SHORT" pada: DIODA (pump) Vertikal ini, cek beberapa komponen tersebut di atas, kira kira begitu Mas.. maaf jika salah.. dan tks atas kunjungan dan komentarnya, selamat beraktifitas .. ;)

Tlong mas ni sulit bangettv lg ultraslim 21" tekan power hidup terus mati tekan tombol hidup mati lagi

TV LG U-slim 21" tekan power hidup terus mati tekan tombol hidup mati lagi, berarti TV sempat Menyala Normal ya.. gan? maksud saya Lebar Layar (Horizontal) dan Tinggi Layar (Vertikal) apakah terlihat Normal, jika terlihat Normal, saya sering menemukan sebuah "Resistor" yang menghubungkan B+ 115 menuju Flyback yang menjadi biang keladi kerusakan "TV LG 21-Inch yang sempat MENYALA sebentar kemudian MATI lagi.. jika benar begitu.. coba deh agan cek lagi dan ganti komponen tersebut.. jika bukan itu.. silakan di komentari lagi, siapa tau kami dapat membantu gan.. Tks ;)

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top