Kostum Pencarian by Google


Blok IC Chroma (Jungle) pada TV Berwarna


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

"IC Chroma" ada pula yang menyebutnya dengan nama IC Jungle adalah sebuah IC yang mempunyai peran vital selain "IC Program" pada Televisi. Hal ini di karenakan pada IC tersebut juga mempunyai peran kompleks, antara lain: sebagai Osilator Horizontal/Vertikal, Pembangkit dan Penguat IF/RF, Demodulator Warna, System Warna/Suara dan lain sebagainya.

Blok RF, Osc Vertikal/Horizontal + Sinkronisasi dan Demodulator Warna pada IC Chroma Televisi


Gambaran Rangkaian Tuner, RF, Demodulator Warna pada Blok IC Chroma / Jungle

Pada Gambar di atas menunjukan bahwa Blok yang tertutup menggunakan seng tersebut terdapat sebuah IC Chroma. Penggunaan penutup dari seng tersebut adalah untuk mencegah sinyal sinyal liar pada mesin tersebut, sehingga tidak menggangu/mempengaruhi pada penerimaan Gambar, Suara dan Warna yang di proses pada rangkaian/blok IC Chroma. Pada mesin jenis TV keluaran sekarang, umumnya sudah tidak menggunakan penutup sebagaimana jenis TV keluaran terdahulu.

IC Chroma tersebut mempunyai daya kerja yang kompleks karena hampir seluruh kinerja penghasil "Gambar, Suara dan Warna" pada mesin Televisi di proses pada rangkaian/blok IC Chroma ini.


Kerusakan Umum pada Blok IC Chroma (Jungle)


Kerusakan pada IC Chroma tersebut sangat banyak sekali, antara lain:
  • "Kerusakan pada bagian IF/RF" menyebabkan: Tidak ada Siaran, Daya Tangkap siaran Lemah, dan lain-lainya yang berhubungan dengan "Daya tangkap Siaran".
  • "Kerusakan pada bagian OSC H/V (Horizontal/Vertikal)" menyebabkan "Gangguan Gambar" pada layar, Kerusakan "Osc Horizontal" menyebabkan "TV mati total", sedangkan kerusakan pada "Osc Vertikal" akan menyebabkan "Gambar bergaris membentang di tengah Layar kiri/kanan".
  • "Kerusakan Demodulator Warna (RGB)" menyebabkan "Ganguan Warna" pada televisi.
Ketiga poin diatas adalah "Kerusakan Umum" pada IC Chroma tersebut. Sebenarnya masih sangat banyak sekali sistem yang terdapat pada rangkaian blok IC Chroma tersebut, yang bisa kita lihat pada "Skema/Diagram TV" sesuai dengan Merek, Model dan Seri pada Televisi tersebut.


Share this article :

0 Komentar untuk "Blok IC Chroma (Jungle) pada TV Berwarna"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top