Kerusakan Standby TV SANKEN 21-Inch Concerto - Ultra Slim


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini mengalami "Kerusakan Standby". Menurut penuturan pemilik Televisi tersebut, gejala kerusakan sebenarnya sudah cukup lama, terutama pada gambar siarannya terlipat pada bagian bawah, sehingga teks tidak terlihat, namun televisi tersebut terus di paksa untuk dinyalakan, hingga televisi TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini akhirnya mengalami Kerusakan Standby.

Mesin pada TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini tidak berbeda sebagaimana mesin TV China model slim di pasaran pada umumnya. Berdasarkan informasi di atas, bahwa: TV SANKEN 21 Ultra Slim ini mengalami "Kerusakan Standby"..


Kerusakan Standby TV SANKEN 21-Inch Concerto Ultra Slim



Gambar Perbaikan Kerusakan TV Sanken 21" Concerto Ultra Slim
TV Sanken 21" Concerto Ultra Slim
dan untuk meyakinkan lagi, maka: "Televisi tersebut kami Nyalakan/Hidupkan dan memang benar hanya lampu Indikator yang menyala, tanpa ada Cahaya sama sekali terlihat pada Layar", hal ini menandakan bahwa: blok Horizontal mungkin tidak bekerja, maka kami mulai melakukan pengerjaan dengan membuka tutup (cover) bagian belakang, dan langkah kami selanjutnya:


Tahap Pengerjaan Perbaikan TV SANKEN Ultra Slim 21-Inch Concerto Kerusakan Standby

  1. Ketika Tutup (Cover) belakang sudah terbuka, maka terlihat beberapa Elko (Kapasitor) untuk filter Tegangan Vertikal (C536) dengan ukuran 1000mF/35V dan Vertikal Out (C457) dengan ukuran 2200mF/35V begitu juga Elko Filter untuk tegangan Horizontal 47mF/160V terlihat bengkak dan seterusnya Kapasitor untuk Horizontal B-Width terlihat retak juga, maka kami melakukan penggantian komponen-komponen yang rusak tersebut, selanjutnya..
  2. Ketika kami melakukan pengukuran pada Transistor Horizontal Out nya, ternyata Transistor tersebut terukur short/korslet juga, maka kami melakukan penggantian juga pada komponen tersebut.
  3. Untuk lebih meyakinkan lagi, maka kami melakukan solder ulang pada titik kontak yang terlihat retak pada mesin televisi tersebut, terutama pada bagian Horizontal dan Horizontal B-Witdh nya, dan memang TR B-Width (HX630) tersebut terlihat Loss Contact/Lepas kontak yang di akibatkan panas yang berlebih pada komponen tersebut.
  4. Kemudian kami coba hidupkan Televisi tersebut dengan menekan Switch On/Off yang berada pada bagian bawah kanan televisi "Sanken 21" Ultra Slim ini, sekarang Televisi sudah dapat menyala dengan Gambar Siaran terlihat Normal kembali, namun ternyata masih ada lagi yaitu: "Permasalahan pada Audio"nya. Suara yang terdengar "Serak" dan kadang Normal dan kemudian "Hilang Kembali".
  5. Langkah kami selanjutnya dan terakhir adalah dengan cara "Men-Jumper" jalur Input Audio tersebut dengan "Resistor" 1K Ohm.
Gambar Perbaikan Audio pada TV Sanken 21" Ultra Slim
Papan Mesin bagian Bawah | TV Sanken 21" Ultra Slim
Keterangan:
  1. Gambar yang dilingkari di atas adalah Resistor 1K (jumper) pada jalur Input. Kode Resistor yang di jumper pada mesin TV tersebut adalah "R 606".
  2. Pengerjaan diatas adalah ketika TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini ada bermasalah pada Audio-nya, yaitu" Suara kadang Ada, kadang Hilang", namun ketika suara ada kadang tidak jelas dan serak.
Gambar TV Sanken 21-Inch "Concerto" Ultra Slim
TV Sanken 21-Inch "Concerto" Ultra Slim
Setelah melakukan beberapa tahap di atas TV SANKEN 21-Inch "Concerto" Ultra Slim ini sekarang sudah Normal, baik gambar siaran dan suaranya dan siap di pergunakan kembali.


Keterangan Tambahan:
  1.  Pada gambar di atas terlihat pada bagian samping kiri layar terlihat Menyempit, hal ini di karenakan tegangan lebih rendah dari yang seharusnya, maka perlu sedikit menaikan tegangan sehingga gambar benar benar terlihat penuh, dengan cara memutar Trimpot B+ adjust pada bagian Power Regulator pada mesin televisi tersebut.


8 Komentar untuk "Kerusakan Standby TV SANKEN 21-Inch Concerto - Ultra Slim"

Contac Center Sanken
http://sanken.co.id/layanan-pelanggan.html

Mas, numpang tanya ini nomor seri flybacknya brp ya? Ada kerjaan sanken vivostar 21" tapi FBT nya gak ada bekas bengkel sebelumnya entah dikemanain. Saya coba pake bsc25-T1010A karena lihat dari susunan kakinya sama persis seperti tertera pada jalur pcb. Bisa nyala normal tapi tidak tahan lama karena panas yang berlebih pada komponen bagian Horisontal. Kemudian saya biarkan. Dan tiba2 ada yg ngebul. Ternyata R kapur 5watt pecah (R436) yang bikin tambah pusing karena nomornya sudah tidak terbaca. Jadi yg ingin saya tanyakan adalah nomor seri FBT dan ukuran R kapur 5watt yg pecah itu brp Ohm? Terima kasih mas. Semoga berkenan menjawab.

Kalau TV nya dapat Menyala Normal, dalam arti: Gambar tidak Melebar, kemungkinan FBT (dengan seri: BSC25-T1010A) tersebut dapat dipergunakan, mengenai Panas Berlebih pada pada komponen di blok "HORIZONTAL OUT" nya, biasanya di sebabkan: TR/FET di bagian H-WIDTH (untuk jenis SLIM), kami sering menemukan kerusakan yang menyebabkan R Kapur (Micron) tsb Pecah, di karenakan TR/FET (di bagian H-WITDH) sudah setengah SHORT, pada sebagiannya, terkadang juga di sebabkan "DIODA dumper" & Kapasitor H-WIDTH dengan kapasitas 300n (304) ~ 680n (684) di blok Horizontal Out tersebut, mengenai Ukuran R Kapur (Micron) tersebut berkisar 5 Ohm / 5W ~ 47 Ohm / 5W, semoga dapat membantu gan.. oh ya.. jika nanti kami kebetulan menemukan kasus kerusakan serupa & Model TV sama, Insya Allah nanti kami akan Posting lagi gan.. agar dapat menjadi catatan yang mungkin dapat berguna bagi kita sesama teknisi.. Tks gan atas Kunjungan dan Komentarnya.. ;)

Tlng boss...tv sanken 21in ultra slim gambar melebar kiri kanan dan tiap 1menit mati..colokan cabut trus di colokin lagi... hidup..

Kalau menurut Keterangan agan: tv sanken 21in ultra slim gambar melebar kiri kanan dan tiap 1menit mati..colokan cabut trus di colokin lagi... hidup..

Berarti: Kemungkinan TV tersebut Protek untuk menghindari Kerusakan yang lebih Fatal, Gambar melebar berarti ada permasalahan dengan H-width, sayangnya saya tidak dapat melihat posisi komponen komponen tersebut, namun saya dapat memperkirakan ada permasalah pada "Rangkaian H-Width" di blok Horizontal tsb..

Biasanya pada jenis TV Slim terdapat komponen jenis FET yang berfungsi untuk mengatur "Lebar Layar", coba agan cek apakah komponen FET ada terdapat pada mesin TV Sanken slim 21" ini (di blok Horizontal Outnya), jika ada.. coba agan ganti dulu FET tersebut..

Saat ini saya belum ada contoh untuk Mesin TV yang agan sebutin di atas.. namun kerusakan seperti ini pernah saya temukan pada merek TV lainnya.. yang di karenakan kerusakan pada komponen FET tesebut.. sebagai gambaran.. mungkin agan dapat lihat di halaman ini: Kerusakan TV LG 29-Inch (29FC1CL-T1) - Gambar Melebar ke Samping (Horizontal)

Jika agak kesulitan, halaman fb-nya di sini gan: https://web.facebook.com/deepmechinesblog/ atau profil saya disini gan: https://web.facebook.com/adminmulyadi - Agan dapat meninggalkan Pesan melalui Chat di halaman tersebut, Semoga bisa membantu sesuai dengan Pengetahuan dan Pengalaman saya saja gan.. Tks.


Back To Top