Kostum Pencarian by Google


Sekilas tentang Pemancar Radio FM (FM Exciter)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

FM Exciter atau lebih umum disebut dengan Pemancar (Radio) FM ini adalah Pemacar yang bekerja pada Gelombang/Frekwensi Tinggi. Gelombang (Frekwensi) Pemancar Radio FM ini umum di pergunakan di Indonesia adalah pada Frekwensi: 88MHz hingga 108MHz dengan Panjang Gelombang: 3M Band. Pemancar Radio FM (Exciter) ini banyak di pergunakan untuk Siaran Hiburan, Komersial. Pendidikan dll, baik yang di kelola oleh Swasta maupun Instansi Pemerintahan.

Pemancar Radio FM/(FM Exciter)


Sebuah "Pemancar FM (Exciter)" adalah terdiri dari yang paling atas adalah:
  1. Antenna + Kabel
  2. Power Amp (Penguat Akhir/Final)
  3. PLL (Osc Phase Lock Loop)
  4. Audio Encoder (Stereo)
  5. Mixer Audio (Pengatur Nada). halaman terkait/contoh: "Perangkat Elektronik - Mixer Audio - Behringer Xenyx X1204USB"
  6. Pemutar Musik (PC/Tape Recorder/DVD/VCD/MP3) dan Microphone (Mic).

FM Exciter (Pemancar FM)

Pemancar FM atau FM Exciter mempunyai kekuatan "Daya Pancar" berbeda-beda tergantung pada "Power Amp" (Penguat tingkat Akhir/Final), Antenna yang dipergunakan termasuk juga Tinggi/Rendahnya Antena yang dipergunakan juga akan berpengaruh terhadap "Daya Pancar" dari "FM Exciter" tersebut.


Gambar Perangkat Pemancar FM Broadcast (FM Exciter)
Pemancar FM (FM Exciter)

Pemancar FM (Frequency Modulation) ini bekerja pada Gelombang/Frekwensi Tinggi (VHF), mempunyai keunggulan antara lain:

  1. Bekerja pada Skala Lebar (umum: 88Mhz hingga 108Mhz).
  2. Pemancar yang mempunyai Sinyal lebih kuat akan lebih dominan, dalam arti hanya "Sinyal yang paling Kuat" yang akan ditangkap oleh radio penerima, meski mempunyai "Frekwensi yang Sama".
  3. Kualitas Audio lebih Baik sesuai dengan namanya Frekwensi untuk Modulasi, hal ini tidak terdapat pada Pemancar Radio SW (Short Wafe) yang menggunakan "Gelombang Pendek", begitu pula pada Pemancar Radio AM (Amplitudo Modulation)/MW (Middle Wave) yang menggunakan "Gelombang Menengah", sehingga Audio yang di bawa pada gelombang FM ini sangat jernih (jelas).
  4. Mempunyai Ganguan (Intervensi) alam lebih sedikit, jika di bandingkan pada "Pemancar Radio AM" maupun "Pemancar Radio SW".

Karakteristik Gelombang Radio FM/AM/SW

Setiap "Gelombang Frekwensi Radio" mempunyai karakter yang berbeda beda pula, berikut secara garis besar Karakteristik dari Gelombang radio tersebut:
  1. Pemancar Radio FM - (Frekwensi Tinggi - 88MHz ~ 108MHz): Daya Pancar lebih kecil dari AM (Amplitudo Modulation) maupun SW (Short Wave), Kualitas Audio jauh lebih Baik dan Jernih, Kualitas Sinyal di tentukan oleh Antena (Jenis dan Tinggi Rendahnya) dan Power Amp (Penguat Akhir/Final). Pemancar Radio jenis FM inilah yang sekarang paling umum di pergunakan sebagai sarana: Hiburan, Informasi dan Komersial. 
  2. Pemancar Radio AM - (Frekwensi Menengah - 520KHz ~ 1600KHz): Daya Pancar lebih besar dari pada FM (Frequency Modulation) namun lebih kecil dari pada SW (Short Wave), Kualitas suara Sedang. Antena yang umum di pergunakan adalah Antena Vertikal. Pemancar Radio jenis AM sekarang sudah jarang dipergunakan, dan hanya di pergunakan untuk sarana Telekomunikasi Perhubungan (non komersial).
  3. Pemancar Radio SW - (Gelombang Pendek) - Pemancar Radio jenis SW (Short Wave) ini mempunyai "Daya Pancar" lebih besar di bandingkan pada FM (Frequency Modulation) maupun AM (Amplitudo Modulation). Daya Pancar pada Pemancar Radio SW ini sangat jauh, hingga bisa digunakan untuk komunikasi antar pulau. Kualitas Audio Sedang/Rendah. Antena yang di pergunakan biasanya adalah antena bentang (horizontal). Pemancar Radio jenis SW banyak di pergunakan untuk siaran jarak jauh (antar negara).
Seiring perkembangan teknologi, banyak fihak/pengelola "Radio Broadcasting" ini menggunakan jaringan Internet (sehingga) dapat menjangkau wilayah yang lebih luas pada masa sekarang ini.


Share this article :

0 Komentar untuk "Sekilas tentang Pemancar Radio FM (FM Exciter)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top