Kostum Pencarian by Google


Panduan Pemasangan Mesin baru TV brand China


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Mesin Televisi brand (produk) China mempunyai Kwalitas Sedang dengan Harga cukup Terjangkau, serta merupakan alternatif sebagai Pengganti Mesin TV yang sudah tua ataupun Mesin TV yang mengalami Kerusakan parah (tidak bisa diperbaiki lagi).

Mesin TV baru produk China (Pasaran)


Mesin TV Brand China (Pasaran) saya katakan di sini mempunyai kualitas Sedang atau Standar, karena beberapa hal perbandingan (ini hanya pendapat saya sendiri), antara lain:
  • Jika TV Sharp mempunyai Ketahanan Mesin yang sangat baik, maka Mesin TV produk China pasaran masih di bawah kualitas TV Sharp ini.
  • Jika TV Polytron mempunyai Kualitas Audio yang sangat baik, maka hal ini tidak terdapat pada Mesin TV produk China pasaran.
  • Jika TV Panasonic mempunyai mempunyai Kualitas Gambar yang sangat baik, maka Mesin produk TV China pasaran masih kalah kelas di bandingkan TV Panasonic tersebut.
Meskipun demikian, Mesin TV produk China ini mempunyai harga yang cukup ekonomis, hal ini pula yang menjadikan pertimbangan bagi Teknisi TV, ketika mengalami jalan buntu sewaktu menangani kasus kerusakan parah pada mesin televisi ataupun tidak tersedianya part pengganti komponen yang rusak pada mesin televisi tersebut. Namun kami tidak memungkiri bahwa: pada beberapa Model tertentu pada Mesin TV produk China yang beredar di pasaran, mempunyai kualitas Gambar yang hampir setara dengan Televisi produk Asia lainnya, yaitu: Korea dan Jepang, semisal: LG ataupun Sharp serta Panasonic.

Gambar Paket Mesin TV Produk China
Paket Mesin TV produk China (Baru)
  1. Mesin TV lengkap dengan Papan Tombol dan Sensor remote
  2. Remot kontrol + Skema/Diagram
  3. Kabel Deflection Yoke (DY)
  4. Kabel Chord + Swich/Saklar On/Off

Petunjuk Singkat Pemasangan Mesin TV


Lepaskan Mesin TV terdahulu yang sudah Rusak (tidak bisa di perbaiki lagi), biarkan Deflection Yoke lama masih menempel pada leher Tabung TV tsb, namun ganti Kabel Defleksi Yoke dengan yang baru (terdapat pada paket/box), selanjutnya:


Memasang Kabel Defleksi (Deflection Yoke)


Gambar Kode Kabel Deflection Yoke mesin TV China baru
Kabel Deflection Yoke (DY)
Keterangan Gambar
  1. Kabel Hitam - Defleksi Vertikal -
  2. Kabel Putih - Defleksi Vertikal +
  3. Kabel Biru - Defleksi Horizontal -
  4. Kabel Merah - Defleksi Horizontal +
Kami memberikan kode tersebut di atas hanyalah sebagai referensi, sehingga ketika pemasangan bagian Vertikalnya terbalik, maka gambar akan terbalik juga dari Atas ke Bawah, sedangkan ketika permasangan bagian Horizontalnya terbalik, maka gambar akan terbalik juga dari arah Kanan ke Kiri.

Gambar Defleksi pada Tabung TV
Deflection Yoke
Defleksi bagian Vertikal umumnya berada pada 2 Pin dalam dan bagian Horizontal umumnya berada pada 2 Pin terluar. Defleksi bagian Vertikal mempunyai Nilai Resistansi lebih Tinggi, jika dibandingkan dengan Horizontal ketika di ukur menggunakan Avometer baik Manual maupun Digital, lihat posisi kumparan Vertikal dan Horizontal pada gambar di atas.

Setelah Kabel Defleksi terpasang, maka pasang juga kabel tersebut pada Soket/Pin Defleksi yang terdapat pada Mesin TV, seperti terlihat pada gambar dibawah:

Gambar Petunjuk Pemasangan Kabel pada Soket Deflection Yoke
Posisi Kabel pada Soket Defleksi Vertikal dan Horizontal
No. 1 dan 2 adalah Vertikal Output yang selanjutnya di salurkan ke Yoke Defleksi bagian Vertikal, sedangkan No. 3 dan 4 adalah Horizontal Output selanjutnya di salurkan ke Yoke Defleksi bagian Horizontal, Pengaturan Lebar Layar gambar siaran pada tabung televisi, dapat di sesuaikan dengan mengatur letak/posisi kabel Merah ke soket defleksi yang di beri kode dengan No. 4 pada mesin televisi, sebagaimana di tunjukan pada gambar di atas.
Pemasangan Yoke Defleksi hanya boleh terbalik, antara No. 1 ke No. 2 atau No. 2 ke No. 1 untuk kabel Vertikal, ketika pemasangan ini kabel terbalik tidak membahayakan komponen, namun.. gambar akan terbalik (sungsang).
Pemasangan Yoke Defleksi hanya boleh terbalik, antara No. 3 ke No. 4 atau No. 4 ke No. 3 untuk kabel Horizontal, ketika pemasangan kabel ini terbalik, tidak membahayakan komponen, namun.. gambar akan terbalik dari arah dari Kiri ke Kanan. Lihat Ukuran dan Petunjuk Pemasangan Yoke Deflection ini pada halaman: "Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM".

Selanjutnya..
  1. Pasang Kabel Chord yang sudah beserta Saklar On/Off pada Pin yang tersedia pada Mesin TV
  2. Pasangkan pula Papan (PCB) Soket Video RGB pada Tabung TV, jangan lupa untuk memasangkan pula Ground pada body Tabung ke jalur Ground yang terdapat pada Soket Video RGB tsb.
  3. Pasangkan Kabel Degaussing Coil pada Pin Degaussing yang terdapat pada Mesin TV
  4. Pasang pula Panel kelengkapan, seperti: Panel Menu, Panel Sensor remote, juga kabel Speaker dll.
Pada beberapa Model dan Merek tertentu, terkadang kita menemukan Jenis Tabung Televisi yang menggunakan 2 (Double) Fokus, sehingga mengharuskan kita mengganti Soket 1 (Single) Fokus (jenis ini sangat umum digunakan pada televisi tabung), sehingga dapat sesuai dengan Tabung televisi tersebut.
Meski Tabung TV 2 (Double) Fokus ini adalah Khusus menggunakan Flyback (FBT) yang mempunyai 2 kabel Fokus juga, namun jika tidak ada.. maka pengerjaan penggantian Soket 1 (single) Fokus dengan 2 (double) Fokus dapat di lakukan, sebagaimana informasi singkat ini di halaman: "Pemasangan Baru Mesin TV China - Soket Tabung Single / Double Focus (Fokus) - (Artikel Sambungan)"
Pemasangan: Defleksi, Socket RGB, Tudung (Kop) Anoda dan Ground pada Tabung TV
Jika sudah terpasang semua, maka posisikan Mesin TV pada letak yang aman, selanjutnya anda dapat mencoba menghidupkan televisi tersebut, serta melakukan beberapa settingan hingga Gambar dan Suara siaran dapat sesuai sebagaimana mestinya.


Share this article :

30 Komentar untuk "Panduan Pemasangan Mesin baru TV brand China"

Apakah Ada Video Nya Tentang Panduan Pemasangan Mesin baru TV brand China.
Tarima Kasih.

Sayangnya.. Kami belum ada kesempatan membuat Videonya gan, Jika ada kesulitan terkait "Pemasangan Mesin TV China" ini, mungkin agan dapat menanyakannya di form komentar ini, atau bisa juga kirim ke email kami, pada "Contact Form" bagian kanan bawah halaman ini gan.. mungkin kami bisa bantu

kabel di papan RGB , kabel lebar saya letak di dekat ic program ( cuma itu soket lebar ) tapi yg satunya berisi isi 3 biji itu bingung kuletak di dekat flyback lalu saya nyalakan meletus ada percikan api di papan RGB di soket pin tabung ( mesin wcom menggunakan tabung LG 20"), apakah fatal rusak pada tabung pak ?

Jangan sampai salah untuk susunan soket RGB tsb Pak Yan..! terutama pada kabel 3 (Tiga) (ada juga yang menggunakan 4 kabel) yaitu: 1. +185V 2. HEATER 3 / 4. Ground (GND) nya, jika
kabel +185V terpasang ke GND maka R: 33 Ohm/0.5W (pada PCB Socket Tabung) akan Hangus, namun tidak menyebabkan kerusakan pada tabung, yang paling penting adalah jangan sampai salah pemasangan kabel "HEATER" nya, karena HEATER/FILAMEN ini hanya untuk Tegangan Rendah, berkisar AC 6 ~ 9V saja..

Yang kabel Lebar umumnya berisi 5 Kabel untuk TV Chinaa: 1. GND 2 / 3 / 4. RGB 5. 9V, memang letaknya dekat IC Chroma dan Program..

Jika ada Percikan Api di PCB Socket Tabung, kemmungkinan Tabung tsb Rusak, untuk lebih jelas.. coba perhatikan, apakah ada loncatan bunga api di leher Tabung TV tsb, jika ternyata ada.. maka Tabung TV tersebut sudah benar benar rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi.. kira kira begitu Gan.. Tks atas Kunjungan dan Komentarnya.. Selamat Bekerja dan Tetap Semangat.. ;)

saya coba lagi , konektor 3 kabel saya letak dekat tuner tv , apa yg terjadi .... ada ledakan pada elco 1000uf 25v di depan trafo besar ,mengeluarkan asap ...baru kali ini utak atik tv ada ledakan ...:)

Tenang aja kang.. ;) saya awal awal belajar elektronik/tv juga sering kesetrum, komponen meledak.. ;) juga udah biasa.. bahkan dulunya sempat hampir menyerah.. karena kecelakan kerja, yaitu: pernah pecah tabung dari yang TV Hitam Putih, 14 Inch - 25 Inch tabung berwarna.. bukannya untung malah jadi buntung, karena harus gantiin tabung punya orang.. ;)

Oh iya.. kembali ke topik di atas.. 3 Kabel itu yang di maksud agan itu dari Papan Soket RGB ya? kalau iya.. itu seharusnya 1. terhubung ke -> Tegangan +185V (sebagian Model TV China ada di ambil langsung dari Regulator Out DC 185V, sebagian lagi ada juga, di ambil dari 185V tegangan di Flybacknya.

Tegangan ke 2 untuk: Heater / Filamen (Lampu Layar), di ambil langsung dari Flyback (FBT), Tegangan AC berkisar 4.5V ~ 6V atau 7.5V

Sedangkan Kabel terakhir adalah: Ground

Jika bisa tolong di sebutin juga Model dan Merek TV tsb gan, siapa tau, kami bisa membantu.. atau jika agan ada saran terkait "PEMASANGAN MESIN TV CHINA" ini, silakan di komentari lagi.. siapa tau dapat menjadi bahan POSTING lagi pada Artikel berikutnya, Salam Solder.. serta Sukses selalu ;)

mesin tv cina type di board sp-1919ta-1.2 , merk belum tau krn teman yg rakit,kemungkinan wcom, kl tv nya LG Turbo Champ type lg rf-20ca21e / LG Turbo Champ, sebenarnya mesin lg ada suara siaran tapi gambar blank hitam. asal mesin tv cina ini di tv yoriko tabung fortune yg buram , gak jelas gambarnya. niat saya saya kanibal . salah satu bisa dipake. thanks pak mulyadi atas penjelasnya.

benar pak 3 Kabel itu dari papan RGB , cara mengukur Tegangan +185V dari mana ? tv posisi hidup / mati? , Tegangan ke 2 untuk: Heater / Filamen (Lampu Layar) di bagian mananya ? papan RGB di balik kaki tabung warna cat hitam bundar, susah dilihat. thanks pak

tv yoriko pake mesin tv cina sebenarnya sudah lama tidak saya nyalakan kurang lebih 2 th krn gambar buram ( gambar kecil ,contrasnya minim, warnanya kurang ) sepet di mata :) perkiraan temen kena tabung. kl tv lg rusak sekitar 1 bulanan. gimana cara nya periksa tabung tv rusak / tidaknya? thanks pak

Ok.. Kerusakan TV LG "Ada Suara" siaran, namun BLANK Hitam atau Layar Gelap, kemungkinan ada permasalahan pada Rangkaian ABL (Automatic Brightness Limitter) nya, kerusakan spt ini memang cukup komplek / rumit.. pernah saya temukan.. pada jenis TV SONY kerusakan rangkaian ABL ini, malah menyebabkan Layar BLANK putih (cahaya layar terang sekali + garis garis retrace).. saat itu saya mennemukan Komponen Resistor dekat Flyback yang sudah putus, tapi tentu saja.. masih banyak kemungkinan lainnya..

Oh ya.. kembali ke Mesin TV China tsb, TV merek YORIKO gambar nya Buram sebagaimana yang agan sebutin di atas, apakah agan sudah coba "Ganti" Soket Tabung TV tsb? jika belum.. mungkin agan dapat coba ganti dulu "Soket Tabung"nya.. namun jika sudah di ganti, Gambar Siaran masih tetap Buram.. kemungkinan "Focus" di Flyback nya sudah aus/rusak.. jadi.. saran saya mungkin agan harus di perbaiki dulu Mesin TV Yoriko tsb, hingga kita dapat menyakini, bahwa Mesin TV tersebut benar benar Normal, sebelum melakukan Penggantian Tabung atau Memindahkan Mesin TV tsb, ke Tabung TV lainnya.

dan.. jangan lupa untuk menandai / mencatat dudukan kabel yang telah di copot tsb, agar kita tidak mudah lupa kedudukan dan posisi serta fungsi kabel tsb..

pada TV brand China (WCOM, HUI JIA dll), Tegangan +185V ini ada yang di hasikan dari "Power Supply Regulator" Out nya, jika tegangan +185V terdapat pada PSR (Power Supply Regulator) ini, maka akan terdapat Komponen Elco kisaran 10mF hingga 47mF / 250V, tegangan ini terdapat pada salah satu dari 3 Kabel (yang agan sebutin di atas), yang di gunakan untuk Tegangan RGB yang terdapat pada "PCB (papan sirkut) Soket Tabung" TV.. coba cek lagi gan.. untuk pengukuran tegangannya.. tentu saja Televisi tsb harus dalam keadaan di Nyalakan / di Hidupkan (ON)..

Namun pada Umumnya.. Tegangan +185V ini di hasilkan dari Flyback (FBT), jika Tegangan tersebut di hasilkan dari FBT (Flyback)nya maka akan terdapat Komponen Elco kisaran 10mF hingga 47mF / 250V, tegangan ini terdapat pada salah satu dari 3 Kabel (yang agan sebutin di atas), yang di gunakan untuk Tegangan RGB yang terdapat pada "PCB (papan sirkut) Soket Tabung" TV tsb.. untuk pengukuran tegangannya.. tentu Televisi tsb harus dalam keadaan di Nyalakan / di Hidupkan (ON), coba di cek lagi gan..

dan pastikan Tegangan +185V tsb dapat terpasang di "PCB Soket Tabung" dengan benar, tegangan ini di gunakan untuk kaki "Collector" pada ke 3 TR driver R/G/B di Tabung TV, setelah melalui Resitor pembagi/pembatas 10K hingga 12K Ohm / 2W, jika di perhatikan di PCB Soket Tabung tsb akan terdapat 3 Resistor dan 3 Transistor yang mempunyai Seri dan Type yang sama.. yang berfungsi untuk menguatkan 3 Warna (R/G/B) tersebut untuk Pin "KATODA" TV Tabung..

sedangkan Tegangan Heater/Filamen adalah di hasilkan dari FBT (Flyback), tegangan ini untuk menyalakan Filamen/Heater pada Tabung TV, jika TV dalam keadaan menyala Normal, maka akan terlihat seperti Filamen lampu Senter / Pijar pada leher Tabung. Tegangan Heater atau Filamen ini biasanya di beri Pengaman sebuah Resistor dengan kisaran 0.5 Ohm hingga 2.7 Ohm / 2W, tegangan Normalnya berkisar 6V atau 7.2V AC, saya pernah mencoba untuk menghidupkan Heater ini menggunakan adaptor dari DC 4.5V hingga 13.8V, sehingga lampu Filamen / Heater ini benar benar putus.. ya ampun ! ada ada aja ya gan.. namanya juga eksperimen.. ;).. rusak dh tu tabung tv gara gara eksperimen.. ;)

Ok.. lama tidak di pergunakan, sehingga Gambar Buram, biasanya di karenakan "SOKET TABUNG" yang lembab/kotor untuk Pin "FOCUS", coba ganti soket dulu gan, mungkin gambar siaran bisa Normal lagi.. jika masih buram, ada kemungkinan Trimmer "FOCUS" di FBT nya yang sudah Aus/Rusak, solusinya adalah: -> Ganti FBT (Flyback)nya..

Memang agak sulit memastikan kondisi Tabung, meski agak jarang.. saya terkadang hanya mengecek kondisi "Filamen/Heater"nya saja, jika tidak Putus, maka saya akan mencoba Tabung Layar tsb, menggunakan Mesin TV yang masih Normal.. untuk memastikan "Kondisi" Tabung TV sebagaimana tersebut di atas.

Ok Tks kembali.. saya sangat bangga, jika blog kecil mungil ini dapat berguna bagi siapa saja, dan Selamat Bekerja serta Sukses selalu buat agan disana.. ;)

saya ukur filamen/heater , +185V di papan RGB ada tegangannya , mungkin besok saya cek yg bapak sebutkan resistor pengaman , elco akan saya ganti . thanks pak atas penjelasannya

mesin LG gunakan kembali,sebelum saya ganti elco 4 biji , capasitor 2 biji n elco keramik sebiji dekat flyback ,saya nyalakan tv tetap aja gambar gelap tidak ada gemetar /raser di layarnya, ada suara siara berita . setelah itu saya ukur heater ,+185V ada tegangan , mungkin saya coba periksa papan RGB . terima kasih atas penjelasannya Pak .

Ok.. Jika "Gambar Gelap" ketika TV di hidupkan, namun ada "Suara Siaran" terdengar.. coba agan cek LAMPU "Filamen/Heater" tersebut, apakah lampu "filamen/heater" itu menyala? (dapat dilihat pada leher tabung), jika menyala.. coba perbesar (putar) VR/TRIMER "SCREEN" pada FBT nya, untuk mengatur "Terang/Gelap"atau Kuat Cahaya pada Tabung TV tsb..

jika Layar TV dapat Menyala Terang.. namun pada Layar terlihat "Garis garis Retrace/Blanking" dapat di sebabkan beberapa kemungkinan, yaitu:

1. Tidak ada (hilang)nya Tegangan +185V, UNTUK supply Tegangan "KATODA" 3 Transistor R/G/B pada Soket Tabung TV.

2. Kerusakan pada bagian "ABL (Automatic Brightness Limitter)"nya, ABL ini terdapat pada pin/kaki FBT. Rangkaian ABL ini, biasanya terdiri dari Resistor dan Kapasitor yang di salurkan kembali ke Pin ABL di IC Chroma... sepengalaman saya pernah menemukan kasus kerusakan "Blanking Putih" pada Layar Tabung TV ini, disebakan oleh putus/rusak atau bergesernya Nilai Resistor di bagian ABL ini, selain itu pernah juga di akibatkan kerusakan pada Kapasitornya, yang terlihat sudah membengkak

Namun jika VR/TRIMPOT "SCREEN" FBT sudah di putar Maksimal, namun pada Tabung Layar TV tersebut masih "GELAP", sedangkan Lampu "Filamen/Heater" pada Tabung tsb "Menyala" maka ada kemungkinan FBT (Flyback)nya lah yang bermasalah.. Coba aja nanti di cek lagi gan..

Ok dh Tks juga atas Kunjungan dan Komentarnya ;)

VR/TRIMPOT "SCREEN" FBT sudah saya putar Maksimal, ada gambar warna "pelangi" hijau , merah, biru ,hitam

Ok.. kalau TV Normal kan seharusnya ada Raster atau Tampilan Menu OSD,apakah Menu OSD tersebut muncul pada Layar TV ataukah hanya "Polos/Blanking" saja, jika tampilan pada Layar tsb "Polos/Blanking Putih" saja.. maka kemungkinan ada permasalahan pada bagian "VIDEO" di IC Chroma-nya, atau bisa juga ada permasahan pada komponen terkait rangkaian "VIDEO (RGB)" ini, terutma pada rangkaian di PCB Soket Tabung TV tsb..

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top