Kostum Pencarian by Google


Saklar - Fungsi dan Kegunaannya


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Saklar sebenarnya adalah Perangkat Listrik yang berfungsi untuk Menyambungkan dan/atau Memutuskan aliran Listrik.


Jenis dan Macam Saklar Listrik/Elektronik


Saklar mempunyai bentuk yang sangat beragam, namun mempunyai hanya satu fungsi., yaitu; Menyambungkan dan Memutuskan satu atau banyak Aliran baik satu persatu maupun sekaligus.


Saklar Listrik


Saklar Listrik ada beberapa 2 Jenis, yaitu:
  1. Saklar Biasa - Saklar ini sangat umum di pergunakan pada Perangkat Listik rumah tangga. Jenis ini dipergunakan untuk On/Off Lampu dan Perangkat listrik lainnya pada beban berkisar 5W hingga Ratusan Watt.
  2. Saklar Khusus - Saklar ini banyak di pergunakan untuk penggunakan Listrik bertenaga besar, pada beban berkisar 500W hingga Ribuan Watt atau lebih.
Gambaran Mudah Jaringan Kabel Saklar Listrik Rumah Tangga
Bentuk Jaringan Sederhana "Saklar Listrik" Rumah Tangga

Saklar Televisi


Saklar Televisi ada 2 Jenis (Umum), yaitu:
  1. Saklar On/Off Listrik - Saklar On/Off TV terdapat pada bagian Mesin baik secara di pasang terpisah ataupun terpasang langsung pada PCB. Saklar ini mempunyai kekuatan beban berkisar Ratusan Watt.
  2. Switch - Switch merupakan jenis atau model saklar kecil dan didesain tidak untuk kebutuhan listrik bertenaga besar. Switch ini banyak dipergunakan pada jenis Perangkat Digital termasuk Televisi.
Bentuk Gambar dan Symbol Saklar TV
Saklar TV

Rotary Switch


Rotary Switch adalah sebuah Saklar Putar secara Manual. Rotary Switch ini mempunyai 1 atau 2 buah Titik kontak Sentral ke beberapa beberapa Titik kontak lainnya. Penggunaan Rotary Switch ini banyak di pergunakan pada jenis Adaptor Dinamis dan/atau Power Supply Dinamis yang mempunyai Tegangan yang bisa disesuaikan. Rotary Switch ini banyak juga terdapat pada Kipas Angin yang menggunakan saklar manual.


Perangkat Saklar dan Timer Manual untuk Kipas Angin
Bentuk Saklar dan Timer Manual

Saklar jenis Timer


Timer adalah sebuah Saklar dengan Fungsi: Mematikan/Memutuskan Arus listrik dengan Tenggang Waktu yang telah di tentukan sebelumnya. Timer mempunyai 2-jenis umum, yaitu;
  1. Timer Manual
  2. Timer Elektronik/Digital
Tenggang waktu yang terdapat pada Timer Manual tersebut umumnya 1 Menit hingga 2-Jam, sedangkan Timer jenis Elektronik atau Digital umumnya mempunyai tenggang waktu lebih lamam berkisar dari 1 Menit hingga 12 Jam-an atau bahkan lebih.


Share this article :

0 Komentar untuk "Saklar - Fungsi dan Kegunaannya"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top