Kostum Pencarian by Google


TV Sharp 21 Inch, Model 20U20 - Kerusakan Menyala kemudian Mati


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV Sharp umum di kenal mempunnyai System Proteksi yang cukup kompleks (rumit), sehingga memerlukan penanganan yang serius, apabila terjadi kerusakan komponen pada mesin televisi tersebut. Penggunaan system proteksi ini, berfungsi untuk mencegah kerusakan selanjutnya pada komponen lain yang terkait.

Penanganan kasus Kerusakan pada TV Sharp 21" Universe - Model; 20U20


Kali ini kami mendapatkan kasus kerusakan pada TV Sharp Universe 21-Inch -dengan Model; 20U20, yaitu; Televisi dapat Menyala dalam beberapa Menit kadang (cukup lama) hampir 1-Jam, setelah itu Mati lagi pada posisi Standby (Protek).

Gambar Tampak Depan TV Sharp 20-Inch - 20U20
TV Sharp 20" - 20U20
TV SHARP Universe dengan Model; 20U20 ini merupakan produk lama, menurut perkiraan kami.. TV Sharp Universe ini ada di pasaran sekitar tahun 2000 - 2002 (kalau tidak salah). Untuk kali ini kami mendapati, bahwa; Televisi ini belum pernah di perbaiki sebelumnya, karena posisi atau keadaan segel pada baut bagian bawah TV tersebut masih belum rusak, sehingga dapat di perkiraan Televisi tersebut mempunyai daya tahan yang sangat baik dan tentu saja mungkin penggunanya dapat merawat dengan baik televisi tersebut.

Kembali ke kasus Televisi dapat Menyala dalam beberapa Menit kadang hampir 1-Jam, setelah itu Mati lagi pada posisi Standby, maka kami melakukan beberapa tahap perbaikan sebagaimana di bawah ini:
  • Solder Ulang (Re-solder) beberapa titik kontak yang terlihat retak pada PCB bagian bawah mesin Televisi tersebut, dan mengganti beberapa komponen elko yang terlihat agak kembung, yaitu; 100mF/160V dan 220mF/160V untuk Tegangan Horizontal, setelah penggantian tersebut, maka kami melakukan uji coba dengan menghidupkan Televisi tersebut, dan Televisi dapat menyala dengan Normal sebagaimana adanya selama beberapa Menit, sehingga kami menganggap bahwa televisi tersebut sudah Normal dan menutup kembali Cover belakang TV tersebut.
  • Setelah Penutup (Cover) belakang terpasang dengan rapi, maka kembali kami melakukan uji coba untuk menghidupkan TV tersebut, kurang lebih 1 jam kemudian televisi ternyata kembali Mati pada Posisi Standby (Protek), maka kembali kami melakukan pembongkaran dan mencoba mengganti beberapa elko FILTER +185V  untuk Tegangan Katoda (RGB) nya, yaitu; 10mF/250V pada Mesin dan 22mF/250V yang terdapat pada PCB soket Tabung, bagian RGB, selanjutnya.. kami mencoba menghidupkan TV tersebut, hasilnya.. selang sekitar 1/2 jam kemudian Televisi tersebut mati lagi pada posisi Standby (Protek).
Gambar Tampak Atas Mesin TV Sharp Universe - Seri; 20U20
Penggantian elko lainnya 470mF/25V, 100mF/63V, 100mF/6.3V (3 x) tetap tidak berhasil..TV dapat Menyala sebentar kemudian Mati Standby (protek) lagi.

Melumpuhkan Titik Proteksi pada TV Sharp Universe 21-Inch - Model; 20U20


  • Melumpuhkan beberapa Titik Proteksi, seperti Dioda Zener untuk proteksi Heater, Dioda Zener untuk proteksi Vertikal output, dan titik proteksi lainnya, hasilnya masih sama.. Televisi dapat Menyala beberapa Puluh Menit, setelah itu Televisi tersebut lagi-lagi Mati pada posisi Standby (Protek). Akhirnya.. kami memutuskan untuk istirahat dahulu, sehingga harus benar benar dalam kondisi dan konsentrasi yang lebih baik kedepannya.

Langkah Terakhir: Pengecekan secara Seksama, Solder Ulang akhirnya dapat Menyelesaikan Masalah pada Penanganan kasus Kerusakan "TV Sharp 20U20 - Menyala kemudian Mati lagi" tersebut


Setelah melakukan Pengecekan secara Teliti, ternyata ada sesuatu yang terlewat ketika kami melakukan Solder Ulang pada mesin Televisi Sharp Universe tersebut, yaitu; pada bagian yang agak tertutup dengan sejenis Lem, dan kemudian kami membersihkan area tersebut, dan memperhatikannya seksama, ya.. terlihat ada beberapa titik kontak yang terlewat, maka kami melakukan solder ulang pada area tersebut (area ini berada di dekat area Vertikal Output). Area tersebut juga terlihat agak kuning (pada PCB) akibat pengaruh panas yang merambat dari IC Vertikal Output ke PCB sehingga mengakibatkan beberapa komponen lepas kontak (loss contact).


Gambar PCB bagian Bawah Mesin TV Sharp - 20U20
PCB bagian Bawah Mesin TV Sharp Universe - 20U20
Setelah melakukan Solder ulang pada Area tersebut, sekarang Televisi sudah bisa Normal kembali, terbukti Televisi tersebut dapat Menyala hingga 4-jam lebih.

Gambar TV Sharp Universe 20-Inch - 20U20
TV Sharp Universe - 20U20
Demikian pengalaman kami sendiri, ketika menemui kasus Kerusakan pada "TV Sharp 20U20 - Menyala kemudian Mati lagi (Standby/Protek)", semoga dapat bermanfaat bagi Teknisi yang kebetulan menemukan kasus kerusakan yang sama seperti tersebut di atas.


Share this article :

0 Komentar untuk "TV Sharp 21 Inch, Model 20U20 - Kerusakan Menyala kemudian Mati"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top