Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Suara Berdengung Speaker Aktif DAT


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Speaker Aktif merek DAT ini di datangkan ke tempat kerja kami, dengan keluhan "Suara terdengar Berdengung" pada Speaker. Berdasarkan keterangan si Pemilik, bahwa:
Speaker Aktif merek DAT tersebut memang sudah cukup lama tidak di pergunakan, dan rencananya mau di pergunakan lagi, Speaker aktif ini ternyata masih bagus, dan dapat berbunyi dengan Normal, namun selang beberapa hari pemakaian, mulai terdengar bunyi dengung namun suara Musik masih dapat terdengar, yang semakin hari semakin keras bunyinya, hingga akhirnya tidak ada suara musik lagi yang terdengar, melainkan hanya dengungnya saja semakin keras, Tapi pada bagian Speaker sebelah (Kiri/Kanan) masih bagus, begitu penuturan si Pemilik speaker aktif tsb.

Berdasarkan penuturan pemilik Speaker Aktif tersebut di atas, maka kamipun melakukan pengecekan, terlihat pada bagian PCB mesin Power Amplifier tersebut sangat kotor dan komponen sebagian ada yang berkarat, sebagian Resistor dan Transistor serta Kapasitor ketika di gerak gerakan sebagian ada yang putus antara kaki kakinya, maka segera kami melakukan penggantian komponen komponen tersebut, setelah selesai maka kami melakukan pengukuran pada bagian transistor Power Amp, yaitu: Transistor TIP 41 dan TIP 42, ternyata tidak mengalami kerusakan, namun ketika Speaker Aktif di On kan, ternyata masih terdengar Bunyi Berdengung pada salah satu dari Speaker L/R , seolah olah transistor Power Amp tersebut, yang rusak.. apalagi ketika di sentuh Tr TIP 41 terasa sangat panas, sedangkan TIP 42 tidak panas sama sekali.. sehingga kami meminta waktu, agar Speaker Aktif ini di tinggal saja dahulu, karena memerlukan pengecekan komponen yang lebih teliti lagi, si pemiliknya pun meng-iyakan.

Setelah melakukan pengecekan satu persatu, akhirnya kami mendapatkan sebuah resistor berukuran 33K Ohm terukur tidak terhingga (sangat membesar sekali) bahkan cenderung tidak ada gerakan sama sekali, ketika kami melakukan pengukuran dengan AVOmeter pada skala X1K, padahal komponen tersebut masih mulus atau tidak terlihat rusak kalau di lihat dari fisik ataupun bentuknya.


Gambar Mesin Dalam Speaker Aktif DAT
Posisi Komponen Resistor 33K Ohm
Setelah melakukan penggantian resistor 33K  tersebut, masalah sekarang terselesaikan, Speaker Aktif dengan Merek DAT dengan keluhan "Kerusakan Suara Berdengung" tersebut sudah dapat Normal kembali.


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan Suara Berdengung Speaker Aktif DAT "

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top