Kostum Pencarian by Google


Panduan Dasar - Istilah dan Aplikasi Umum yang sering Digunakan pada Website/Blog


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Informasi berikut dibawah ini adalah merupakan kelanjutan dari halaman terdahu, yaitu: "Panduan dan Tujuan membuat sebuah Blog serta Keuntungan berada di Posisi Halaman Teratas pada Mesin Pencari Google", pada halaman ini hanyalah sebagai referensi saja, terkait beberapa Istilah Umum dan Aplikasi yang sering digunakan sewaktu blogging tersebut, diantaranya adalah:

electronic-Mail (e-Mail)

e-Mail - electronic-Mail yang sering disingkat e-mail ini adalah: Fasilitas yang terdapat Web Server, yang digunakan sebagai Media untuk dapat Mengirim dan Menerima Pesan (Text)/Data (Audio, Video dan File) secara Online.
Gambaran terkait Perangkat dan Aplikasi Umum Blog/Website
Komputer dan Internet
Keuntungan menggunakan e-mail (electronic-mail) ini adalah mempunyai fitur yang lebih, jika dibandingkan dengan SMS (Short Massage) yang umum dan populer digunakan pada perangkat Handphone/Mobile/Smartphones. Menggunakan email, memungkinkan Penggunanya dapat bertukar Informasi serta berkirim Pesan baik berupa: Teks, Gambar, Video dan beragam File lainnya secara Online di Internet. Keterangan lebih lengkap terkait email ini, dapat anda lihat pada halaman terdahulu: "Panduan Dasar - Cara Membuat e-mail Google (gmail)".



Domain dan sub-Domain

Domain - Domain merupakan Alamat internet sebuah Website/Blog. Contoh sebuah alamat/nama domain, misalnya: www.webbsitte.com, maka: webbsitte.com adalah nama sebuah domain. Domain mempunyai banyak sekali eksistensi Top Level Domain (TLD), seperti: .com/.co.id/.net/.info/.biz dll.
Sub-Domain -  Sub-Domain merupakan cabang (bagian) dari Domain Utama, sebagai contoh: www.bbllogg.webbsitte.com, maka.. nama dibelakang website utama tersebut merupakan nama sebuah "sub-domain".
Sebuah domain dapat ikuti banyak sub-domain dengan menggunakan self Hosting, dengan Tujuan untuk membuat kategori yang lebih spesifik untuk mendukung Domain Utama. Untuk dapat membuat satu/banyak sub-domain ini, maka diperlukan sebuah aplikasi Web yang disebut dengan Control Panel atau lazim disebut dengan "cPanel" ini. Untuk dapat menggunakan dan meng-akses cPanel ini, maka akan diperlukan sebuah Hosting pribadi (self hosting).


Hosting

Hosting adalah sebuah istilah pada Web, Penyedia Layanannya disebut dengan "WebHost" berupa ruang penyimpan data secara Online. Umumnya sebuah Hosting mempunyai kapasitas yang sangat besar dan dijalankan pada komputer Server. Hosting dengan kapasitas besar ini kemudian dipecah menjadi lebih kecil lagi dan dijual kembali kepada Klien untuk bermacam keperluan, menjalankan aplikasi web, serta yang paling umum adalah untuk keperluan sebuah Website (akses cPanel, instalasi script atau platform website/blog, e-mail, Cloud Storage/akses FTP dll), sedangkan detail dari layanan pada Webhost ini berupa: Besaran Kapasitas Hosting, Kapasitas Lalu Lintas web (Data Transfer dan Konektivitas) dihitung dalam Paket Hosting atau "Plan Hosting".
Hosting merupakan kebutuhan utama bagi Pengelola website/blog, pada hosting ini tersimpan seluruh file yang ada pada sebuah website/blog. Hosting mempunyai beberapa kategori sesuai dengan penggunaannya. Sebuah Hosting juga mempunyai versi Free (gratis) dan Premium (berbayar). Hosting gratis dan paling populer digunakan pada saat ini adalah dari Google, termasuk: Gmail,(email host) Blogger,(Platform blogging), Google Drive(Cloud Drive), Youtube (Hosting Video),  Picasa (Hosting Gambar) dll yang semuanya dapat digunakan dan diberikan secara gratis (free) oleh Penyedia Layanan ini, yaitu: Google, kapasitas yang diberikan untuk versi gratis (free) oleh Google ini adalah 15GB pada setiap akun GOOGLE yang telah kita buat, kapasitas 15GB (free) ini sudah cukup untuk penggunaan email, blogger, google drive, youtube dll sebagaimana telah disebutkan diatas.

Berikut 2 Web Hosting yang pernah kami gunakan untuk Costum Domain Blogger blog, termasuk blog DeepMechines ini, lihat pada halaman: "Cara Order Domain untuk Costum domain Blogspot".



Website

Website merupakan Kumpulan dari seluruh Halaman Informasi yang dibuat oleh Perusahaan, Organisasi ataupun Pribadi dan dipublikasikan secara Online (melalui Internet - red). Sebuah Website mempunyai banyak macam Konten Manajemen Sistem pada Penggunaannya, baik berupa: Portal Berita, Forum, Jejaring Sosial, E-Commerce (situs jual beli), Blog dan lain lain.
Sebuah Website mempunyai sebuah Domain Utama, dan dapat diikuti oleh satu atau beberapa sub-Domain lain, dan ter Hosting pada sebuah Penyedia Layanan Web Server.


Web Server

Server atau Web Server sesuai dengan sebutannya adalah Penyedia Layanan berbasis Data yang di operasikan pada Jaringan Online Internet. Setiap Server mempunyai Sistem Operasi dan untuk Penggunaan tertentu. 3 Macam model umum Server, yang banyak digunakan berdasarkan Keperluannya adalah:
  1. Application Server - Server ini mempunyai System Operasi tertentu dengan beragam Aplikasi didalamnya yang dapat di akses oleh para Klien-nya secara Online. Salah satu  contoh adalah: Penggunaan pada VPS (Virtual Private Server) , Game Online dll.
  2. Data Server - Server ini dibuat khusus menyediakan Akses Data, termasuk pada penggunaan Hosting untuk sebuah Website, Cloud Storage (ruang simpan data online) dll.
  3. Proxy Server - Server ini melayani  dan mengatur lalu lintas (traffic) Komputer Pengguna (client) agar dapat terhubung ke Jaringan luas Internet.
Sebuah Web Server adalah bersifat scalable/transaksional, sehingga apabila pengguna sudah melebihi batas dari kemampuan server tersebut, maka akan dipelukan penambahan Mesin/Perangkat yang sama dengan fungsi yang sama juga.

Sebuah Web Server umumnya mempunyai Kecepatan dan Kapasitas yang jauh lebih besar dari pada komputer klien, selain itu Web Server juga mempunyai System Operasi khusus yang di dedikasikan untuk server ini serta berbeda dengan system operasi yang terdapat pada komputer pengguna (klien).


Share this article :

0 Komentar untuk "Panduan Dasar - Istilah dan Aplikasi Umum yang sering Digunakan pada Website/Blog"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top