Kostum Pencarian by Google


Objek Wisata Alam - Pemandian Air Panas Hantakan di Kab. HST - Kalimantan Selatan (South Borneo)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Kalimantan sering disebut juga dengan nama "Borneo" ini, merupakan salah satu Pulau terbesar di Indonesia khususnya, juga merupakan salah satu dari Pulau yang mempunyai Hutan Tropis terbesar di dunia, sehingga tidak heran jika Pulau Kalimantan ini, termasuk pulau penting sebagai Paru Paru Dunia yang masih tersisa.

Pulau Kalimantan sebenarnya sangat Kaya akan Sumber Daya Alam, di Daerah Kalimantan Timur kita mengenal daerah Balikpapan sebagai Kota Minyak di Indonesia, Tenggarong (Ibukota dari Kutai Kertanegara) merupakan salah satu Kabupaten Terkaya di Indonesia, yang mempunyai Kekayaan Alam dan Hasil Tambangnya, Bergeser ke Kalimantan Tengah yang juga di kenal mempunyai Kekayaan Alam, termasuk Kayu, Hasil Tambang berupa Emas dll, sedangkan di Kalimantan Selatan sangat Terkenal dengan Hasil Tambang Batu Bara di beberapa Kabupaten, seperti: Tanjung - Kab. Tabalong, Paringin - Kab. Balangan, Rantau - Kab. Tapin, selain itu di Kalimantan Selatan terdapat juga sebuah Kota yang di Juluki sebagai Serambi Mekah ke 2, selain Daerah Istemewa Aceh, ya.. Kota Martapura! sebuah Kota yang berjarak sekitar 40 Kilometer (arah Timur) Banjarmasin ini adalah Pusat Penghasil Batu Perhiasan di Indonesia, Kota Martapura ini di juluki sebagai Kota Intan Martapura, karena Batu Mulia Intan, terdapat di Kota Martapura ini.

Objek Wisata "Air Panas Hantakan" di HST - Kalimantan Selatan (South Borneo)


Panorama Alam Pegunungan dan Objek Wisata Banyu Panas Hantakan-HST-Kalsel
Objek Wisata Alam "Banyu Panas Hantakan" Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan
Adapun di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan ini merupakan Sentra Perdagangan di Ujung Timur (Banua Anam - 6 Kabupaten: Tabalong, Balangan, HSU, HST, HSS dan Tapin - red) Kalimantan Selatan ini. Sebagaimana Daerah lainnya di Kalimantan Selatan, Barabai juga mempunyai cukup banyak Sumber Daya Alam yang masih Tersimpan. Di Kawasan ini terdapat Hutan yang dilindungi, yakni: Kawasan Pegunungan Meratus, yang masih sangat alami, dengan suku Dayak Meratus-nya.

Pemandangan Alam dan Objek Wisata Banyu Panas Hantakan - South Borneo
Beberapa sudut lokasi di Objek Wisata Banyu Panas Hantakan (HST- Kal Sel)

Medan/ Lokasi/ Area

Objek Wisata Alam "Pemandian" Air Panas, Kec. Hantakan (Kab. HST - Kalimantan Selatan) ini terletak di salah satu Kawasan Pegunungan Meratus, terlihat masih sangat kental suasana Alam Pegunungan. Untuk menjangkau daerah Wisata Alam Banyu Panas ini, masih dapat di tempuh menggunakan Kendaraan Roda 2 maupun Roda 4, karena medan yang di lalui tidaklah terlalu sulit, namun tetap saja harus berhati hati, pada medan yang kadang harus berada di pinggir jurang sebagaimana jalan di daerah Pegunungan.

Jarak antara Kota Barabai dengan Wisata Alam Air Panas Hantakan ini tidak terlalu jauh, di perkirakan dapat di tempuh dengan waktu sekitar 1/2 jam hingga kurang 1 Jam-an, tergantung kecepatan dari kendaraan yang membawa anda. Jalur yang di lalui adalah: dari Kota Barabai menuju "Wisata Alam Banyu Panas ini adalah sekitar 10 hingga 15 Kilometer merupakan Jalan Beraspal, selebihnya berbatu dengan Tanjakan dan Turunan di area Pegunungan (pinggir gunung/bukit).

Route (Jalur)

Route atau Jalur yang harus di laluI adalah:
  • Barabai - Objek Wisata "Batu Benawa" Pagat mempunyai jarak kurang lebih 7 Kilometer (Beraspal Rata)
  • Objek Wisata "Batu Benawa" Pagat - Pasar Hantakan kurang lebih 3 Kilometer (Beraspal, Tanjakan dan Turunan)
  • Pasar Hantakan - Objek Wisata Alam Banyu Panas kurang lebih 5 Kilometer (Beraspal, Berbatu, Tanjakan dan Turunan)
Wisata Alam dan Pemandian Banyu Panas Hantakan (HST) Kal Sel (South Borneo)
Lokasi Pemandian di Objek Wisata Air Panas Hantakan (HST) Kalimantan Selatan
Di Lokasi Objek Wisata Banyu Panas tersebut terdapat Warung warung tempat untuk sekedar Minum/Makan ataupun membeli Jajanan, selain itu ketika kami mengunjungi tempat tersebut terdapat "Pembudidayaan Ikan" dari Masyarakat sekitar, sehingga pengunjung dapat membeli ikan tersebut, untuk di masak ataupun untuk bakar bakaran ikan, di lokasi Pemandian Banyu Panas itu sendiri tersedia WC (Ruang Ganti Pakaian).

Mandi di Lokasi Pemandian Banyu (Air) Panas yang mengandung belerang ini di percaya dapat "Menghilangkan bermacam Penyakit Kulit", di Lokasi/ Kolam Pemandian Air Panas ini mempunyai beberapa Tingkat panas, yaitu: Panas dan Hangat, sangat menyenangkan ketika anda Mandi di sini pada Cuaca yang agak dingin, sehingga tubuh akan terasa segar, kami sendiri beberapa kali melakukannya, ketika mengunjungi tempat tersebut, bagaimanapun.. ini merupakan salah satu tempat cocok juga untuk melepaskan segala tekanan pekerjaan, apalagi bagi kita yang berada di daerah Perkotaan, yang memerlukan suasana rileks dan segar seperti Suasana di Pegunungan ini.

Demikian sekilas tentang "Objek Wisata Alam - Pemandian Banyu Panas, Kec. Hantakan Kab. HST - Kalimantan Selatan" ini, Semoga Pemerintah dan Masyarakat setempat dapat terus Menjaga dan Mengembangkan Objek Wisata Alam Pegunungan di Kawasan Pegunungan Meratus ini.


Share this article :

0 Komentar untuk "Objek Wisata Alam - Pemandian Air Panas Hantakan di Kab. HST - Kalimantan Selatan (South Borneo)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top