Kostum Pencarian by Google


Membuat Blog Gratis menggunakan Platform Wordpress, serta Perbandingan antara Wordpress.com dengan Wordpress.org


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Wordpress adalah Platform Blogging yang paling populer, selain Blogger. Wordpress mempunyai 2 versi, yaitu: Wordpress.com dan Wordpress.org. Wordpress.com memiliki hosting yang terpusat pada penyedia layanan, sedangkan Wordpress.org adalah sebuah Aplikasi Web yang dapat di Instal sendiri pada cPanel sebuah hosting pribadi (self hosting).

Panduan Pemula - Cara Membuat Blog Gratis menggunakan Platform Wordpress, serta Perbandingan antara 2 versi Wordpress, yaitu: Wordpress.com dengan Wordpress.org


Perbandingan Cara Membuat blog menggunakan Wordpress.com/Wordpress.org
Halaman awal Wordpress.com
Wordpress.com memungkinkan bagi pengguna untuk mencoba membuat sebuah blog secara gratis (free) dengan sub-domain mengikuti domain asal, yaitu: Wordpress, sehingga nama domain yang dibuat akan mengikuti domain wordpress tersebut. Nama domain yang kita buat, umpamanya adalah: http:namadomainanda.wordpress.com, "namadomainanda" adalah sebuah subdomain dari domain wordpress.com, hal ini tidak berbeda jauh dibandingkan jika dibandingkan dengan "Membuat blog gratis menggunakan Blogspot (blogger platform)" sebagaimana telah dijelaskan pada halaman sebelumnya.

Untuk membuat sebuah blog versi gratis menggunakan platform Wordpress.com adalah sama seperti Membuat blog menggunakan platform Blogger, yaitu:

  • Mempunyai e-mail baik yahoo (yahoo mail) ataupun google mail (gmail).
  • Daftar (registrasi) ke: Start - Wordpress,
Ketika sudah berhasil login ke Wordpress.com, maka kita akan dibawa ke halaman/dashboard wordpress, sebagaimana video capture berikut di bawah ini:


Selanjutnya melakukan pengaturan pada Dashboard Wordpress tersebut, seperti: Memilih Template, Edit Post, Menambahkan Widget dll.

Memuat Konten (Posting)

Berikut Capture Video "Cara Memuat Konten di halaman posting Wordpress":


Memuat Konten Bergambar pada halaman posting Wordpress.com


Sebelum meneruskan ke halaman: "Memuat Konten Bergambar pada halaman posting Wordpress.com" tersebut, berikut Perbandingan antara 2 Versi Wordpress, yaitu: Wordpress.com dan Wordpress.org.

Wordpress.com


Penyedia Layanan blogging Wordpress.com dengan juga mempunyai 2 versi lagi, yaitu: versi Free dan Premium. Wordpress versi Free adalah ditujukan bagi pemula untuk membuat sebuah blog secara gratis, tanpa harus memikirkan biaya: Hosting, namun aturan yang mendasar dari Wordpress.com (versi Free) ini adalah tidak diperkenankan untuk kegiatan/hal yang bersifat Komersial, hal ini agak berbeda dengan versi Premium.

Wordpress.org


Wordpress.org merupakan sebuah script yang dapat di instal sendiri pada sebuah Self Hosting (hosting pribadi), melalui cPanel. Menggunakan versi Wordpress.org, memungkinkan seorang Pengelola Website (Webmaster) untuk mempunyai hak/kontrol penuh terhadap website-nya, karena platform Wordpress versi ini, terinstal pada Hosting Pribadi (self hosting).



Share this article :

0 Komentar untuk "Membuat Blog Gratis menggunakan Platform Wordpress, serta Perbandingan antara Wordpress.com dengan Wordpress.org"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top