Kostum Pencarian by Google


SEO (Search Engine Optimization) - Pemahaman Sederhana Tentang SEO untuk Pemula (Bagian. 2)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Halaman ini merupakan sambungan dari halaman sebelumnya di: " SEO (Search Engine Optimization) - Pemahaman Sederhana Tentang SEO untuk Pemula (Bagian.1) ", Teknik SEO (Search Engine Optimization) Sederhana pada Intinya adalah Memfokoskan halaman tertentu (di Blog/ Website) pada sebuah Topik Bahasan secara Detil dan Lengkap.


Pengertian SEO (Search Engine Optimization) untuk Pemula
SEO Dasar

Para ahli SEO membagi 2 Kriteria tentang SEO ini, yaitu:
  1. SEO Onpage - Optimasi pada Website, lihat halaman: "Optimasi SEO Onpage - Pemahaman Sederhana tentang SEO (Bag. 3)".
  2. SEO Offpage - Membangun Backlink berkualitas
SEO merupakan Teknik Optimasi pada sebuah Blog/ Website agar cepat terindeks oleh Mesin Pencari, Teknik SEO merupakan hal yang cukup kompleks, namun.. hal Terpenting dan Mendasar dari mengenal SEO (Search Engine Optimization) ini adalah: "Untuk mengenali Struktur, Konten dan Halaman sebuah Website/ Blog",

SEO Onpage

SEO on-page merupakan Teknik Optimasi dari dalam Website/ Blog itu sendiri. Blog Niche/ Khusus (blog yang fokos terhadap satu topik bahasan saja), akan lebih cepat menempati Posisi Tinggi pada SERP (Search Engine Results Page), dari pada Blog General/ Umum (blog yang membahas banyak topik bahasan pada setiap halamannya). Kenapa hal ini bisa terjadi? secara sederhana dapat kita pahami, bahwa: Blog Niche hanya memfokuskan satu Topik pembahasan saja, pada setiap halamannya, sehingga Robot Search Engine (robot crawl pada mesin pencari), dapat dengan mudah mengenali konten yang terdapat pada blog niche tersebut.

SEO Onpage pada Blog Nice relatif lebih mudah, jika di bandingkan dengan Blog dengan Topik General (umum).

Mari kita buat perumpamaan, sebuah Blog Nice adalah Toko Khusus Jam Tangan, sedangkan Blog dengan Topik General (Umum) adalah sebuah Toko Serba Ada (toserba) yang menjual beragam produk, sedangkan Pengunjung Internet dari seluruh Dunia adalah Pengunjung Pasar yang kebingungan untuk mencari Informasi tentang "TOKO JAM TANGAN", maka kemudian dia mencari Informasi tentang "Toko yang menjual Jam tangan" tersebut di internet menggunakan Mesin Pencari Google, maka Google ini di ibaratkan sebagai Pemandu/ Penunjuk jalan, yang kemudian mereferensikan "10 Situs paling relevan" atau "10 Halaman Teratas" pada halaman Search Engine Google, diantara sekian banyak situs yang memuat Informasi yang sama. Umumnya Blog Nice banyak Mendominasi dan Menempati peringkat Teratas dalam hal ini, karena contoh sebagaimana di atas, ketika pengunjung pasar bertanya tentang "Toko Jam Tangan" kepada anda (bertindak selaku mesin pencari - penunjuk jalan) yang benar benar mengetahui, tempat/toko jam tangan tersebut, maka dengan mudah kita dapat menunjukan beberapa "Toko yang Khusus menjual Jam Tangan" tersebut, maka jawaban itu adalah Akurat.

Blog Niche dan Blog General mempunyai Kelebihan dan Kekurangannya masing masing, Masih terkait SEO onpage, Blog Niche memiliki Kelebihan terutama fokos pada satu topik pembahasan saja, sehingga Search Engine dapat dengan mudah mengenali konten pada website tersebut sebagaimana telah di jelaskan di atas, namun Kekurangannya adalah Konten menjadi Monoton, serta pengunjung yang datang hanyalah orang orang tertentu saja,

Teknik SEO yang umum di pergunakan sebuah blog niche, antara lain:

  • Domain yang dipergunakan mengandung Keyword tertentu.
  • Judul dan Keterangan Website/ Blog berisikan Keyword tertentu
  • Konten dan Navigasi mempunyai Keyword tertentu pula
Dengan beberapa poin sederhana di atas, dapat diambil kesimpulan, bahwa: Blog Niche merupakan sebuah blog yang dibuat khusus untuk pengunjung yang tertarget, sehingga sangat mempengaruhi "Search Engine" ketika melakukan crawling pada blog niche tersebut,

Rata rata sebuah Blog Niche dengan Keyword dan Konten yang spesifik, akan lebih unggul dari pada Blog bertipe General pada halaman hasil pencarian  (SERP) sebuah mesin pencari (Search Engine).

Halaman selanjutnya: "Optimasi SEO Onpage - Pemahaman Sederhana tentang SEO (Bag. 3)"


Share this article :

0 Komentar untuk "SEO (Search Engine Optimization) - Pemahaman Sederhana Tentang SEO untuk Pemula (Bagian. 2)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top